PROFIL DAN RIWAYAT DESA PAKUBEUREUM KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

PROFIL DAN SEJARAH BERDIRINYA 
DESA PAKUBEUREUM
KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA
Semakin dalam kita mengetahui Sejarah suatu desa maka akan semakin baik Visi dan misinya
Siapa Mau Menjadi Kepala Desa Pakubeureum Baca dulu sejarah desa dibawah ini!
semoga bermanfaat

Jika merasa mendapatkan manfaat dari Informasi ini, maka kami siap Menerima bentuk Bantuan apapun, demi Kebaikan Lembaga Pendidkan di Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati Majalengka
Silahkan Donasi ke Rekening BSM an. Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka 
No: 7087651888
 

Kantor Kepala Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Kantor Kepala Desa Pakubereum dapat dilaksanakan dengan lancar. Begitu pula dalam penyusunan laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Pelaksanaan Kegiatan Perakerin yang dimulai pada tanggal 01 Agustus  sampai dengan 29 Agustus 2015 dikantor Kepala Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.
Laporan ini disusun dengan maksud untuk dijadikan pedoman, semoga kita dapat melaksanakan dan meningkatkan pengetahuan tentang administrasi pemerintahan tingakat Desa dan kita dapat tahu cara kinerja pemerintahan tersebut dan bisa menerapkan ilmu itu dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kegiatan prakerin dan penyusunan laporannya ini dapat terlaksana dengann baik berkat bantuan dari pihak-pihak terkait. Untuk itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak KH. Muhyidin sebagai Pembina Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka.
2.      Bapak Odong Abdurrahman, S.Pd.I, S.Pd., Selaku Ketua Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan prakerin.
3.      Bapak H.M. Muljada, S.Ag, Selaku Kepala Madrasah Aliyah Swasta Nurussyahid Kertajati Majalengka yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan prakerin.
4.      Bapak Ade Mulyawan selaku Kepala Desa Pakuberueum yang telah mengijinkan instansi / lembaganya sebagai tempat prakterin
5.      Bapak Dadang Iskandarr  selaku pembimbing Di Desa yang telah banyak membimbing dan memberikan banyak informasi ditempat kerja prakterin.
6.      Bapak Asep Muhamad Yusuf, A.Md selaku pembimbing sekolah yang telah memonitoring dan membimbing pelaksanaan prakerin.
7.      Seluruh Bapak dan ibu guru dan Staf TU Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati yang telah banyak membantu dan memotivasi
8.      Seluruh Pengurus Yayasan Nurussyahid
9.      Yang tercinta Kedua Orang Tua Tercinta yang telah banyak memberikan semuanya
10.  Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan prakerin.

Pada akhirnya Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mohon agar para pembaca dan para guru sekalian dapat memberikan saran dan kritik supaya menjadi masukan dalam menyusun laporan ini,  atas saran dan kritik yang telah kami terima sehingga dapat membangun/memperbaiki laporan ini dikemudian hari,
Dengan mengucapkan Alhamdulillah kami susun laporan ini dan terima kasih.


Kertajati,   September 2015


Penyusun
IIN ROSINI, ADE HASANAH DAN MUHAMAD IKBAL MAULANA

Daftar Isi
Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati
1.      Nama Desa ............................................................................................ 1
2.      Visi & Misi................................................................................................ 1
3.      Luas Wilayah Desa ................................................................................ 1
4.      Alamat Lengkap Kantor Desa................................................................. 1
5.      Batas Wilayah Desa............................................................................... 1
6.      Jumlah Total Penduduk ........................................................................... 2
7.      Riwayat (Sejarah Berdirinya Desa) ........................................................ 2
8.      Riwayat
(Sejarah Orang Yang Pernah Menjabat Kepala Desa/Kuwu) ............... 4
9.      Riwayat Lembaga Desa BPD/LPM & Karang Taruna ............................ 4
10. Keadaan Sarana dan Prasarana Agama/Pendidikan/Majelis  Taklim/Musholla/Sosial     6
11. Keadaan Mata Pencaharian Masyarakat setempat
 pada umumnya ..................................................................................... 7
12. Lampiran Foto-foto 

PROFIL DAN RIWAYAT DESA PAKUBEUREUM 
KECAMATAN KERTAJATI


1.        Nama Desa                                 : PAKUBEUREUM
2.        Tahun Berdiri                               : 1921 M
3.        Visi & Misi                                    : Visi Misi Kab. Majalengka
VISI
“ Majalengka Kabupaten Agribisnis termaju di Jawa Barat 2010 berbasis masyarakat agamis dan partisipasif ”.
MISI
1). Meletakkan landasan untuk menyiapkn Majalengka menjadi kabupaten termaju dalam bidang agribisnis di Jawa Barat tahun 2010.
2). Mendorong dan mengembangkan kehidupan masyarakat kabupaten Majalengka yang agamis maju dan berbudaya.
3). Meningkatkan partisipasi aktif dan kemitraan yang sinergi seluruh komponen penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan menuju pemerintahan yang demokratis, bersih, dan terbuka.
4). Memantapkan otonomi daerah melalui peningkatan kualitas, profesionalitas dan didikasi aparaturpemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
5). Memberdayakan ekonomi rakyat dan perekonomian daerah dengan basis agribisnis, industry, pariwisata dan sector unggulan lainnya dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

4.        Luas Wilayah Desa Pakubeureum                     : 540 Ha
5.        Alamat Lengkap Kantor Desa Pakubeureum   : Jln.Desa Pakubeureum No.1
6.        Batas Wilayah Desa                    :
Sebelah Timur Desa Karangsambung
Sebelah Barat Desa Palasah
Sebelah Utara Desa Kertawinangun/ Sukawana
Sebelah Selatan Desa Karangsambung

7.        Jumlah Total Penduduk saat ini            :  4.853 Jiwa, Terdiri
a.   Laki-laki              : 2.424  Orang
b.   Perempuan          : 2.429 Orang

8.        Riwayat (Sejarah Berdirinya Desa Pakubeureum)
            Desa Pakubeureum adalah sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan kertajati kabupaten Majalengka, provinsi  Jawa Barat . Desa Pakubeureum terdiri dari 4 blok/ dusun antara lain :
Blok Pangumbahan
blok Cibeureum
blok Cambay dan
blok Wesel .
            Luas wilayah desa Pakubeureum 540 ha berbatasan dengan : sebelah utara desa kertawinangun, dan desa Sukawana Kec.Kertajati, Sebelah timur desa Karangsambung Kec.Kadipaten dan Desa Balida Kec.Dawuan, Sebelah Desa Karangsambung Kec.Kadipaten
 Sejarah singkat desa Pakubeureum menurut sumber yang ada, asal mulanya kata desa Paku Beureum gabungan dari dua kata desa yaitu
1). Desa pangumbahan yang terdiri dari kampong pangumbahan sebagai ibu kota dan wesel sebagai kampung cantilan, dan yang pernah menjabat sebagai kepala desa        ( Kuwu ) antra lain : Bapak Karsa, Bapak Masni, dan Bapak Mansur Usen dan berhenti pada tahun 1921 .
            Desa Bereumbeungeut yang terdiri dari kampung Beureumbeungeut sebagai ibu kota, kampung Nyalindung dan kampung Cambay sebagai wilayah cantilan, dan yang pernah sebagai kepala desa nya antara lain: Bapak Toyib, Bapak Salami, Bapak Jaliem, Bapak Santawi dan Bapak Sudarja yang berhenti pada tahun 1921.
            Pada tahun 1921 kedua desa tersebut di gabung di satukan dengan nama desa Pakubeureum asal kata dari Pangumbahan dan Beureumbeungeut dan di kepalai seorang kepala desa bernama Bapak RD. ADIAKUSUMAH sampai dengan tahun 1948 karena menghindar dari gangguan agresi Belanda, pada tahun 1950 kepala desa/kuwu diganti oleh Bapak Santawi atas dasar pengangkatan Belanda, dan pada tahun yang sama tahun 1950 Bapak Santawi wafat dan Bapak RD. ADIAKUSUMAH menjabat lagi.
            Pada tahun 1951 kepala desa/kuwu diganti oleh Bapak M. Suwita atasa dasar hasil pemilihan rakyat sampai dengan tahun 1960, mulai tahun 1961 diganti oleh Bapak E. Rahman ( H. Zaenal Abidin ), sampai dengan tahun 1966, dan pada tahun 1967 sampai dengan tahun 1984 diganti oleh Moch Alie atas dasar pemilihan rakyat, pada tahun 1984 sampai dengan tahun 1993 diganti oleh Bapak sudirman , tahun 1984 sampai tahun 2002 diganti oleh Drs. Mamat Alie Rachmat, dan pada tahun 2002 dijabat oleh bapak H. Samsudi atas dasar pemilihan rakyat sampai dengan tahun 2012. Pada tahun 2012 sampai sekarang Desa Pakubeureum dipimpin oleh Bapak Ade Mulyawan sebagai kepala desa yang dipilih berdasarkan pemilihan langsung rakyat Pakubeureum.
SELAYANG PANDANG LEGENDA DESA PAKUBEUREUM
Pada jaman kemerdekaan pasukan Ki Bagus Rangin dengan pasukan dari Cirebon menggempur daerah Cadas Pangeran Sumedang, sehabis perang senjata yang digunakan seperti keris, pedang, bamboo runcing dan sejenisnya dicuci atau dalam bahasa sunda dikumbah di Sungai Cimanuk dan daerah itu dinamakan Pangumbahan sekarang menjadi dusun/kampung Pangumbahan yang berada dipusat desa.
Air cucian senjata mengalir warna merah bercampur darah ke daerah sungai yang biasa di pakai penduduk untuk mandi, mencuci dan lain nya. Wilayah itu di sebut Beureumbeungeut, dan sekarang menjadi dusun/kampung Cibeureum yang berada sebelah timur ibu kota desa.
Air cucian darah yang mengalir sampai terus ke ilir atau dalam bahasa sunda nya Ngambay maka daerah itu di sebut Cambay, yang sekarang menjadi dusun/kampung Cambay. Dan para pejuang singgah di daerah persinggahan daerah itu di sebut Wesel sekarang menjadi wilayah dusun/kampung Wesel.




9.      Riwayat (Sejarah Orang yang Pernah Menjabat Kepala Desa/Kuwu) meliputi:
No
Nama Kepala Desa/ Kuwu
Periode dari Tahun s/d Thn
Keterangan
1
KARSA

 Pangumbahan
2
MASNI

Pangumbahan
3
MANSUR USEN
1921
Pangumbahan
4
TOYIB

Beureumbeungeut
5
SALAMI

Beureumbeungeut
6
JALIEM

Beureumbeungeut
7
SANTAWI

Beureumbeungeut
8
SUDARJA
1921
Beureumbeungeut
9
RD. ADIAKUSUMAH
1921-1948
Pakubeureum
10
SANTAWI
1948-1950
Pakubeureum
11
RD. ADIAKUSUMAH
1950-1951
Pakubeureum
12
M. SUWITA
1951-1960
Pakubeureum
13
E. RAHMAN ( H. ZAENAL ABIDIN )
1960-1966
Pakubeureum
14
MOCH. ALIE
1967-1984
Pakubeureum
15
SUDIRMAN
1984-1993
Pakubeureum
16
Drs. MAMAT ALI RAHMAT
1993-2002
Pakubeureum
17
H. SAMHUDI
2002-2012
Pakubeureum
18
ADE MULYAWAN
      2012 -
Pakubeureum





10. Riwayat Lembaga Desa BPD /LPM & Karang Taruna
No
Nama Ketua BPD
Periode dari Tahun s/d Thn
Keterangan
1
EDI JUNAEDI
2012-2018


No
Nama Ketua LPM
Periode dari Tahun s/d Thn
Keterangan
1
ASEP IJAR
2012-2018








No
Nama sarana
Nama Lembaga
Alamat
Nama Pengurus /Imam/
Tahun Berdiri
Ket
Jumlah
1.
Masjid
Jami Al-Ijtima
Ds. Pakubereum
Ust.Yeye Sunarya S.PD.I
2014
4


Jami Al-Istiqomah
Blok Cibeureum
Ust.Aji Ahmad Zuhri
1986



Nurul Huda
Blok Cambay
Ust. M.Ajid
1979



Baetul Rohmah
Blok Wesel
Ust. Wawan


2
DTA





3.
TPQ
Al-Istiqomah
Blok Cibeureum
Oon Sukroni
1975

4.
RA/TK/PAUD
Budi Karya
Ds. Pakubeureum
Ibu Neni
2001



Kober Mawar Merah
Ds. Pakubeureum
Ibu Neni
2005

5.
SDN/MI
SDN. PAKUBEUREUM I
Ds. Pakubeureum
Bp. Dadang Mulyana S.PD.I
1965



SDN. PAKUBEUREUM II
Blok. Cambay
Ibu. Yanti Taryanti S.PD.I
1984



MI Madrasah Ibtidaiyah Pakubeureum I
Ds. Pakubeureum
Bp. E. Sunarya S.PD.I
1945



MI PUI Pakubeureum II
Blok Cibereum
Bp. E. Suhadi S.PD.I
1945

7.
SMK/MA
SMK Pelita Nusantara
Ds. Pakubeureum
Bp. Sirojudin M.PD.I
2009

8.
PONTREN





9.
Musholla 
Al-Iklas
Blok Cambay
Ust. Tisna
2011



Al-Baroqah
Blok Cambay
Ust. Abdullah
1990



Nurul Iman
Blok Cambay
Ust. Abdull Sukur
1999



Al-Baroqah
Blok Wesel
Nur iyas
2000



Safaat
Ds. Pakubeureum
Sace




An-Nur
Ds. Pakubeureum
Aceng Nawawi




Miftaul Huda
Ds. Pakubeureum
Royadi




Ar-Rohmah
Ds. Pakubeureum
H. Hasan




Nurul Huda
Ds. Pakubeureum
Jaji
1996



Al-Ihsan

H. Nasir
2000

10.
Majelis Taklim





11.
Yayasan





12.
Panti Sosial





13.
MUI Desa






1.      Keadaan Desa Pakubeureum
Secara geografis, Desa Pakubeureum adalah merupakan wilayah dataran rendah yang terdiri dari persawahan dan perkebunan serta Palawija dengan di suplay oleh air sungai cimanuk yang cukup mudah untuk didapat.

Peruntukkan Tanah
a.       Jalan                                  : 2,5 KM
b.      Sawah & Ladang              : 467,53 Ha
c.       Bangunan Umum              : 28,09 Ha
d.      Empang                             : 5 Ha
e.       Pemukiman /  Rumah        : 28,9 Ha
f.       Jalur Hijau                         : -
g.      Pemakaman                       : 1,75 Ha
h.      Lain-lain                            : -

Pertanahan
1.      Status
a)      Sertifikat hak milik                              : 50 buah         25 Ha
b)      Sertifikat hak guna usaha                    : 15 buah         1 Ha
c)      Sertifikat hak guna bangunan             : 15 buah         1,25 Ha
d)     Sertifikat hak pakai                             : -
e)      Tanah Kas Desa
1.      Tanah Bengkok                             : 19,500 Ha
2.      Tanah Titisara                                : -
3.      Tanah Desa lainnya                       : -
f)       Tanah bersertifikat                              : 30 buah         25 Ha
g)      Tanah bersertifikat PRONA               : -
h)      Tanah yang belum bersertifikat           : -

Penggunaan
a.       Industry                                                    : -
b.      Pertokoan / Perdagangan                          : -
c.       Perkantoran                                               : -
d.      Pasar Desa                                                 : -
e.       Tanah Wakaf                                             : -
f.       Tanah Sawah                                             : 467,53 Ha
1)      Irigasi Teknis                                       : 204,03 Ha
2)      Irigasi Setengah Teknis                       : 69,35 Ha
3)      Irigasi Sederhana                                : 166, 75 Ha
g.      Tanah Kering
1)      Pekarangan                                          : 28,10 Ha
2)      Perladangan                                        : 29,15 Ha
3)      Lainnya                                               : -

Kependudukan
a.       Jumlah Penduduk                                : 4.853 Orang
a)      Laki-laki                                        : 2.424 Orang
b)      Perempuan                                     : 2.429 Orang

b.      Jumlah Kepala Keluarga                     : 1.536 Orang
a)      Laki – laki                                     : 1.289 Orang
b)      Perempuan                                     :    247 Orang

Jumlah Penduduk Menurut Agama
a.       Islam                                  : 4.831 Orang
b.      Kristen                               : 1 Orang
c.       Lainnya                             :-

Jumlah Penduduk Menurut Usia
a.       Kelompok Pendidikan
1)      00 – 03 Tahun             : 205 Orang
2)      04 – 06 Tahun             : 147 Orang
3)      07 – 12 Tahun             : 522 Orang
4)      13 – 15 Tahun             : 353 Orang
5)      16 – 18 Tahun             : 138 Orang
6)      > 19 Tahun                  : 2.260 Orang

b.      Kelompok Tenaga Kerja
1)      10 – 14 Tahun             : 422 Orang
2)      15 – 19 Tahun             : 381 Orang
3)      20 – 26 Tahun             : 515 Orang
4)      27 – 40 Tahun             : 835 Orang
5)      41 – 56 Tahun             : 429 Orang
6)      > 57 Tahun                  : 425 Orang


0 Response to "PROFIL DAN RIWAYAT DESA PAKUBEUREUM KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA "