PROFIL DAN RIWAYAT DESA SUKAKERTA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

PROFIL DAN SEJARAH BERDIRINYA DESA SUKAKERTA
KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA
Semakin dalam kita mengetahui Sejarah suatu desa maka akan semakin baik Visi dan misinya
semoga bermanfaat
Jika merasa mendapatkan manfaat dari Informasi ini, maka kami siap Menerima bentuk Bantuan apapun, demi Kebaikan Lembaga Pendidkan di Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati 
Silahkan Donasi ke Rekening BSM an. Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka 
No: 7087651888


 Kantor Kepala Desa Sukakerta Kecamatan Kertajati 

Foto Masjid Jami Desa Sukakerta Kecamatan Kertajati




PROFIL DAN RIWAYAT DESA SUKAKERTA KECAMATAN KERTAJATI
KABUPATEN MAJALENGKA

1.      Nama Desa                       : SUKAKERTA
2.      Tahun Berdiri                   : 1983 M
3.      Visi & Misi                         :          
Visi
·      Meningkaatkan kualitas hidup beragama dalam mewujudkan masyarakat Majalengka yang beriman dan bertaqwa
·      Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan terjangkau
·      Meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berbasis agribisnis
·      Repormasi birokrasi bagi pemenuhan pelayanan umum
·      Optimalisasi otonomi desa
·      Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang proporsional, berkualitas dan berkelanjutan
·      Meningkatkan pemberdayaan masyarakat

Misi
·      Peningkatan pelayanan di tingkat desa dengan mengadakan posyandu serta POLINDes
·      Menciptakan masyarakat Desa Sukakerta untuk bisa hidup bersosial dengan sesama  dan lingkungannya
·      Menciptakan masyaakat Desa Sukakerta yang agmis
·      Peningkatan sarana tranfortasi sebagai jalur utama perekonomian hingga terwujudnya desa yang Maju Mandiri dan Sejahtera.

4.      Luas Wilayah Desa                       :  233  hektar
5.      Alamat Lengkap Kantor Desa       :  Blok Desa    
6.      Batas Wilayah Desa     :
Sebelah Timur         : Desa Pasiripis kec. Kertajati
 Sebelah Barat        : Desa Sukamulya kec. Kertajati
 Sebelah Utara       : Kebun Tebu kec. Jatitujuh
 Sebelah Selatan    : Desa Bantarjati kec. Kertajati
7.      Jumlah Total Penduduk saat ini     : 2.826 Jiwa, Terdiri

8.      Riwayat ( Sejarah Berdirinya Desa Sukakerta )
Desa Sukakerta, merupakan salah satu desa di Kecamatan Kertajati  Kabupaten Majalengka. Desa Sukakerta berdiri pada tahun 1982 Sukakerta Terdiri dari 8 RT 4 RW 2 Dusun. Asal mula sejarah terbentuknya Desa Sukakerta adalah berawal dari sekelompok orang yang transmigrasi dari tiap wilayah yang di anjurkan bertransmigrasi kesebuah daerah yang bernama  benda. Pada tahun 1960 masyarakat Benda mulai belajar bercocok tanam seperti palawija dan sejenisnya. Kehidupan mereka di benda pun lumayan makmur.
Desa sukakerta berasal dari 4 penduduk desa yaitu Sukaraja, beber, beusi, dan Salawana. Yang pindah pada tahun 1931 dengan di pimpin oleh beberapa lurah diantaranya ialah Bapak Usin, Bapak Surta, Bapak Armawi.  Dengan masa jabatan ketiga lurah tersebut sampai tahun 1950. Dari tahun 1950 samapai dengan tahun 1962 benda terjadi kekosongan kekuasaan di karnakan adanaya pemeberontakan DI (Daarul Islam). jadi Masyarakatnya kembali ke asalnya yaitu empat desa tersebut. Yang pada waktu itu desanya masuk pada Desa Pasiripis.
Pada tahun 1962 bulan agustus masyarakat tersebut kembali lagi ke benda di Karnakan kondisi dan keamanan sudah pulih.  Yang di Kepalai oleh Bapak Tamid .pada waktu itu terjadi pemberontakan tentara gundul dan pembakaran rumah dan sebagainya maka benda berpindah ke desa Sukamulya yang di pimpin oleh Lurah yaitu bapak Lurah Juju dan desa pasiripis menyerahkan begitu saja tanpa kejelasan.
Pada masa pemerintahan Bapak Kasman dan sebagai Lurahnya Bapak juju pada tahun 1956 mengadakan rapat yang bertempat di jatitengah bahwa benda berhubung jauh dari transportasi dan komunikasi dengan daerah sekitarnya maka terjadi pemindahan ke blok pangombongan.  
Pada tahun 1967 – 1968 Proses Pemindahan masyarakat dari Benda kepangombongan ternyata tidak berjalan mulus hanya sebagian kecil saja masyaraka Benda yang berkenan saja untuk berpindah keadaerah pangombongan . hal ini dikarenakan masyarakat Benda sudah merasa betah serta cocok dengan keadaan iklim benda yang lumayan berindikasi baik bagi pertanian selaku mata pencaharian utama mereka. Selain faktor tersebut, masyarakat benda juga tidak mau berpindah dikarenakan Pangombongan adalah tempat yang gersang, panas dan sulit air sehingga mereka tidak mau mengambil resiko dengan keadaan akan yang demikian.
Dikarenakan banyaknnya masyarakt yang tidak mau berpindah maka lurah kasman mengambil suatu inisiatif mengakali serta membodohi masyarakat tersebut dengan mengutarakan bahwa masyarakat benda yang tidak mau berpindah dari benda akan diculik serta di aniaya bahkan dibunuh. Padahal hal tersebut merupakan karang an pak lurah belaka supaya masyarakat mau berpindah ke pangombongan. Hal ini langsung saja membuat masyarakat benda menjadi berputar pikiran. Sebagian besar masyarakat bendapun mau berpindah ke pangombongan, akan tetapi  bagi sebagian orang memilih menetap di benda.
Setelah masyarakat benda berpindah kepangombongan, tidak berapa lama kemudian pangombonganpun kembali didatangi oleh kelompok transmigrasi lain.
Pada tahun 1971 pangombongan kembali lagi ke pasiripis dengan alasan karna pangombongan itu berada di wilayah Pasiripis pada waktu itu sebagi lurahnya adalah Bapak Durja dan Kepala Desa Pasiripisnya di pegang Oleh Bapak Tamid. Dari tahun 1970 samapai dengan tahun 1971 pangombongan di pimpin Bapak Durja dari tahun 1971 samapai 1973 kosong di karnakan situasi tidak menentu , dari tahun 1973 samapai 1977 di pimpin oleh lurah mail , dari tahun 1977 samapi tahun 1983 di pimpin oleh lurah Jamhari.
Dikarenakan masyarakat pangombongan yang sudah banyak mengalami peningkatan jumlah dan Atas inisiatif pemerintah dan warga mengadakan musyawarah. Dari hasil musyawarah tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa nama pangombongan di Rubah menjadi sukakerta pada waktu itu tahun 1977. Dan setelah itu masyarakat pangombongan mengajukan permohonan kepada tingkat kabupaten supaya Pangombongan dimekarkan dari desa pasiripis dan membentuk desa sendiri.
Akhirnya pada tahun 1972 juga permintaan tersebut dikabulkan oleh tingkat kabupaten , dan nama pangombonganpun berubah menjadi Sukekerta.Berhubung pemerintahan kabupaten sudah layak untuk menjadi desa maka  pada tahun 1983 di tetapkan menjadi Desa yaitu desa Sukakerta dengan Keputusan Bupati no. .......Dari tahun 1983 sampai dengan tahun 2010 desa sukakerta di jabat oleh beberapa orang Kepala Desa Dengan Rincian
·           Kepala desa  yaitu Bapak Momo dengan masa jabatan 8 tahun yaitu sampai dengan tahun 2000 .
·           Tahun 2000 kepemimpinan kepala Desa Sukakerta dijabat oleh kepala desa sementara / WD yaitu bapak charyadie sampai  dengan tahun 2002
·           Tahun 2002 kepemimpinan kepala desa sukakerta dijabat Bapak Ridwan Samapai  Dengan tahun 2012.

Dan Sekarang tahun 2012 Desa Sukakerta di pimpin oleh Bapak Kosiin dengan hasil Pemilihan Kepala Desa Sukakerta. Sebagai Berikut :
·         Yang Pertama Bapak Sarya menjabat sebagai kepala desa Definitif yaitu  dari tahun 1983 sampai dengan 1984
·           Yang Kedua Bapak Tasmad menjabat sebagai kepala Desa Pertama Desa Sukakerta dari tahun 1985 sampai dengan 1992. Yaitu Dengan hasil pemilihan oleh masyarakat Desa Sukakerta itu sendiri.
9.      Riwayat (Sejarah Orang Yang Pernah Menjabat Kepala Desa/Kuwu ) meliputi :


No.

Nama Kepala Desa
Periode dari tahun s/d tahun

Keterangan
1
Sarya
1983 - 1984
Definitif
2
Tasmad
1985 – 1992
Pemilihan I
3
Momo
1993 – 2000
Pemilihan II
4
Charyadie
2001 – 2002
Sementara/WD
5
Ridwan
2003 – 2012
Pemilihan III
6
Kosiin
2013 - sekarang
Pemilihan IV
7
-
-
-




No
Nama Sarana
Nama Lembaga
Alamat
Nma Pengurus/ Imam/ Kepala/ Ketua
Tahun Berdiri
Ket Jumlah
1
Masjid
-Al – Ikhlas
-Dusun Sidamukti
-Bpk. Lebe Dadang
-1999
2
-Al - Hijriyah
-Desa Sukakerta
-Bpk. Suhad
-
2
DTA
Darusalam
Desa Sukakerta
Bpk. Ridwan


3
TPQ
Nurul Iman
Desa Sukakerta
Ustan. Iman
-
-
4
RA/TK/
PAUD
-Kober Saluyu
-Desa Sukakerta
-Ibu. Wati
-2006
2
-RA Zahrotul watoniah
-Dusun Sidamukti
-Ibu. Aris Sukmawati
-2014
5
SDN/MI
SDN Sukakerta I
Desa Sukakerta
Bpk. Sutari, S.Pd
-1969
1
6
Musholla
-Nurul Huda
-Desa Sukakerta
-Bpk. Jaenil Miftah
-1969
3
-Baitul Makmur
-Desa Sukakerta
-Bpk. Iman
-2003
-Nurul Anbiya
-Dusun Sidamukti
-Bpk. Masduki
-2011


0 Response to "PROFIL DAN RIWAYAT DESA SUKAKERTA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA "