MA NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA MERIAHKAN HARI SANTRI NASIONAL TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA



Siswa-siswi Madrasah gelar pertunjukan Drama Kolosal dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional Ke-2 Tingkat Kab. Majalengka tahun 2016, Sabtu (22/10). Tak kurang dari 165 peserta terlibat dalam drama kolosal yang bertajuk Palagan Djawoera. Drama ini menceritakan perlawanan masyarakat Kadipaten, kertajati, Jatitujuh dan sekitarnya yang dipimpin Ki Bagus Rangin dan santrinya terhadap penjajahan Belanda. Ki Bagus Rangin merupakan seorang tokoh ulama yang sangat berpengaruh di Majalengka dan konon memiliki terah Sunan Gunung Djati Cirebon. Drama ini merepresentasikan perjuangan kiai dan kaum santri yang selama ini tak terdengar gaungnya, dalam sejarah perjuangan bangsa sedikit sekali yang menceritakan peran kiai dan santri.
Pimpinan Drama, yang akrab disapa "Nini Uti" menjelaskan, drama ini melibatkan 165 orang peserta yang berasal dari MTs.N Kertajati 102 orang, 41 orang dari MA Nurusyyahid Kertajati, dan sisanya berasal dari unsur sekolah serta TNI. Pagelaran berlangsung seru diwarnai pertempuran sengit dengan pelepasan tembakan dari anggota TNI menggunakan peluru hampa. Menurut Nini uti, sebagai sang sutradra dan penulis skenario, drama ini intinya memperlihatkan bahwa yang gencar melawan penjajah itu adalah kiai dan para santri. Jadi drama kolosal ini sangat cocok ditampilkan pada peringatan Hari Santri Nasional ini, papar Uti.
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Pak H. Cece Hidayat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas suksesnya drama kolosal tersebut. Ia merasa bangga melihat siswa-siswi madrasah yang penuh kreativitas, atraktif dan inovatif. "Luar biasa, Saya sangat menikmati pertunjukan ini, semoga perjuangan para kiai dan santri di Majalengka yang diperagakan dalam drama kolosal ini bisa menginfirasi kiai dan santri saat ini. Ambil pelajaran dari perjuangan para pendahulu kita, dan kita harus lanjutkan semangat perjuangan mereka", ungkapnya
Drama tersebut dilihat langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Dandim, Danlanud Sukani, Kapolres, Kejaksaan, Muspida, OPD, Pejuang veteran dan tamu undangan beserta peserta upacara lainnya. Mereka tampak sangat menikmati pagelaran tersebut, sehingga mereka tidak bernjak sampai pagelaran selesai.

0 Response to "MA NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA MERIAHKAN HARI SANTRI NASIONAL TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA"