MODEL LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN OPERASIONAL RAUDLATUL ATHFAL (BOPRA)

ADA YANG MEMBUTUHKAN MANGGA COPY SAJA OKE, SEMOGA BERMANFAAT!

Peserta didik RA Nurul Hikmah Bantarjati Kertajati dalam acara Keliling kampung memperingati Maulid Baginda Nabi Muhammad, SAW tahun 2016



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB  I                        PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
B.      Hasil yang di harapkan
C.      Manfaat
D.      Dampak
BAB   II          TUJUAN
A.      Tujuan khusus
B.      Tujuan umum
C.      Indikator perencanaan dan outcome pelaksanaan Program
BAB   III        PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN TATA
                        KELOLA RA
A.      Panitia
B.      Persiapan pencairan
C.      Realisasi anggaran
BAB   IV        PENUTUP                                           
A.      Kesimpulan
B.      Rekomendasi
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN
2.       LAPORAN DOKUMENTASI


KATA PENGANTAR
  
Bismillahi rohmanirrohim .
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, bahwasannya pada tahun 2016 Raudhatul Athfal mendapat perhatian dengan tetap digulirkannya Bantuan Penyelenggaraan Raudhatul Athfal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat tahun 2016. Bantuan ini sangat membantu untuk melengkapi dan merehabilitasi sarana dan prasarana yang sudah tidak layak pakai baik ape luar, ape dalam dan sarana administrasi.
Selanjutnya setelah kami merealisasikan dana bantuan itu , kami menyusun laporan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban sebagaimana ketentuan buku petunjuk yang sudah kami terima. Semoga bantuan operasional RA ini tidak hanya pada tahun 2016 saja, tetapi akan terus menjadi program yang berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang dan jumlah alokasinya akan semakin bertambah, sehingga yang mendapat alokasi BOPRA ini dapat dirasakan oleh semua RA yang ada.
Laporan Kegiatan dan Pertanggungjawaban ini masih banyak kekurangan, oleh karenanya, kami mohon kritikan dan saran untuk kesempurnaan laporan ini. Kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan laporan ini kami mengucapkan terima kasih.
Demikian , terima kasih.


Wassalam,
Penyusun
Kepala RA Zahrotul Wathoniyah


ARIS SUKMAWATI, S.Pd.

 
BAB  I
PENDAHULUAN
A.       Latar belakang
Pendidikan merupakan suatu hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap Bangsa di Dunia. Sebagai salah satu pilar pembangunan bangsa, Pendidikan merupakan barometer atau tolak ukur kemajuan suatu Bangsa. Kualitas dan kuantitas pendidikan yang dimiliki oleh suatu Bangsa akan sangat mempengaruhi kemajuan suatu Negara.
Dalam hal ini, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tonggak awal yang sangat penting untuk melangkah ke tahap yang lebih maju lagi. Demikian pula dengan guru atau tenaga kependidikannya pun haruslah memiliki kualitas yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan Pemerintah.Disamping itu pula kebutuhan sarana dan prasarana penunjang bagi keberlangsungan Pendidikan itu sendiri haruslah memadai dan layak untuk dipergunakan.
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa ketersediaan dan kebutuhan dana dalam penyelenggaraan suatu pendidikan sejenis selalu terbentur dengan keterbatasan yang relative berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk itulah peran aktif Pemerintah sangat di harapkan dalam rangka menunjang keberlangsungan dan keberhasilan jalannya penyelenggaraan pendidikan itu sendiri.
Untuk mewujudkan semua itu, maka perlu di persiapkan sejak awal segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan penyelenggaraan program pendidikan khususnya RAUDHATUL ATHFAL (RA) ZAHROTUL WATHONIYAH yang berlokasi di Blok Sukasari Desa Kertasari Kecamatan Kertajati Kabupaten  Majalengka .
Bantuan Operasional Pendidikan Raudhatul Athfal Tahun anggaran 2016 merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah, yang tentunya bagi kami yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan Raudhatul Athfal (RA) sangat mengapresiasinya. Terlepas dari besaran nilai yang diterima, perhatian dari pemerintah ini semakin memotivasi kami untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan dan memajukan Raudhatul Athfal (RA) yang kami kelola selama ini, sehingga sesuai dengan tujuan, visi dan misi sekolah dapat terlaksana dengan baik.

B.        Hasil yang diharapkan
1.         Anak didik RA diharapkan memiliki kemampuan dan wawasan serta kecerdasan intelektual,beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
2.         Terjadi komunikasi yang baik dengan orang tua siswa  dalam upaya mewujudkan kegiatan pembelajaran.
3.         Memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan kegiatan pembelajaran di RA
4.         Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal

C.        Manfaat
1.      Dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam menggali potensi.
2.      Meningkatkan kompetensi guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa
3.      Meningkatnya kreatifitas anak sehingga daya pikir anak lebih baik
4.      Terjadi perbaikan mutu dan kualitas pendidikan

D.       Dampak
1.      Dengan diberikanya bantuan operasional penyelenggaraan Di RA  dapat meningkatka pelayanan bagi masyarakat dalam perbaikan pembelajaran serta menumbuhkan semangat dalam menyelenggarakan proses kegiatan pembelajaran demi pertumbuhan dan perkembangan anak agar siap memasuki jenjang selanjutnya.
2.         Dengan diberikannya bantuan operasional penyelenggaraan di tingkat Raudhatul Athfal (RA) akan dapat meningkatkan mutu pelayanan khususnya untuk tenaga pendidik dan umumnya bagi masyarakat dalam segi peningkatan pembelajaran.
3.         Dapat menumbuhkan semangat dalam menyelenggarakan proses kegiatan pembelajaran demi pertumbuhan dan perkembangan Anak agar Anak siap memasuki jenjang selanjutnya.


BAB   II
TUJUAN

A.     Tujuan khusus
Adapun tujuan Khusus dari program Bantuan Penyediaan Biaya Operasional penyelenggaraan Pada ( RA) Raudlatul Athfal  Tahun anggaran 2016 adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan mutu pendidikan pada RA;
2.      Mendukung pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakulikuler ;
3.       Meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan ;
4.       Melengkapi kebutuhan sarana pendidikan ;
5.       Memelihara sarana dan prasarana pendidikan ;
6.       Meningkatkan pengelolaan administrasi RA.

B.   Tujuan umum
Sedangkan Tujuan umum dari adanya program Bantuan Operasional penyelenggaraan Pada ( RA) Raudlatul Athfal  adalah sebagai berikut:
a.         Meningkatkan kualitas pendidikan pada RA agar sesuai dengan 8 (delapan) standar nasional pendidikan, yaitu : Standar Kompetensi Lulusan, Standaran Standar isi, Standar Proses, Standar pendidik, dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan Pendidikan, Standar Pembiayaan pendidikan dan Standar penilaian.
b.         Membantu kebutuhan lembaga RA dalam rangka menumbuhkan dasar-dasar kepribadian dan potensi diri peserta didik agar sesuai dengan pertumbuhan perkembangan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan.

C.      Indikator perencanaan dan outcome pelaksanaan Program
1.      Peningkatan mutu layanan RA
2.      Memperbaiki kegiatan pembelajaran
3.      Tercapainya perkembangan anak secara optimal
4.      Perluasan layanan RA yang lebih baik
5.      Menjalin kerjasama dengan instansi lain


BAB     III
PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN TATA KELOLA RA
A.     Panitia
            Panitia pelaksanaan program Bantuan Operasional Penyelenggaraan RA tahun anggaran 2016 pada RA Zahrotul Wathoniyah Desa Kertasari kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka, dengan susunan panitia sebagai berikut :
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA PROGRAM BANTUAN
RAUDHATUL ATHFAL (RA) ZAHROTUL WATHONIYAH
DESA KERTASARI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

NO
Nama
Unsur
Jabatan
1
Aris Sukmawati, S.Pd.
Kepala RA
Ketua
2
Patimah, S.Pd.
Guru RA
Sekretaris
3
Sumini
Guru RA
Bendahara
4
Siti Romlah
Guru RA
Anggota
5
Seli Marlina
Guru RA
Anggota
6
Dusrini
Guru RA
Anggota
7
Daniah, S.ST
Komite RA
Anggota

Adapun tugas dan tanggung jawab panitia sebagai berikut :
a.      Menyusun rencana pelaksanaan program.
b.      Menggunakan dana bantuan sesuai RAB.
c.       Membuat berita acara revisi pekerjaan apabila secara kebutuhan dalam proses pelaksanaan program membutuhkan perubahan.
d.      Mengadministrasikan dan mendokumentasikan segala kegiatan berkenaan dengan kegiatan penyediaan biaya operasional penyelenggaraan (BOP) RA.
e.      Melaksanakan program secara swakelola.
f.        Menyusun dan membuat laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana.

B.      Persiapan pencairan
Program Bantuan Penyediaan Biaya Operasional Penyelenggaraan Raudhatul Athfal (RA) tahun 2016, untuk kelengkapan persyaratan pencairan bantuan tersebut kami lengkapi dengan:
1.         Kwitansi Penerima Bantuan bermaterai Rp. 6.000,- rangkap 3
2.         Foto Copy Rekening atas nama  RA.  ZAHROTUL WATHONIYAH
3.         Foto Copy NPWP
4.         SK Panitia Pelaksana Program
5.         RPD, Rencana Teknis dan Jadwal
6.         Pernyataan Kesanggupan menyelesaikan pekerjaan dan membuat laporan
         bermaterai Rp. 6.000,-
7.         Konfirmasi penerima bantuan
8.         Profil RAUDHATUL ATHFAL (RA) ZAHROTUL WATHONIYAH dan kelengkapannya

C.        Realisasi anggaran
Beberapa langkah yang telah kami tempuh di RA. Zahrotul Wathoniyah Desa Kertasari Kec. Kertajati dalam merealisasikan kegiatan sesuai dengan program yang diajukan adalah pengadaan kebutuhan peralatan ATK, pengadaan atau pembelian bahan/ alat peraga pembelajaran, Perawatan sarana dan prasarana RA (pemasangan pingbot/dinding gedung, Upah pekerja dan pemasangan karpet lantai ruang kelas), pembelian buku dan rak buku untuk pengembangn perpustakaan, pembelian alat deteksi tumbuh kembang anak, pemberian makan tambahan, pembelian kuota untuk kebutuhan administrasi online, penugasan kepada guru untuk mengikuti seminar dalam rangka pengembangan profesi guru serta melakukan penyusunan dan pelaporan. Berikut daftar rekapitulasi kegiatan yang sudah terealisasi.

0 Response to "MODEL LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN OPERASIONAL RAUDLATUL ATHFAL (BOPRA)"