RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)       

Sekolah                      : MAS Nurussyahid Kertajati
                        Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : X / Semester 1
Alokasi Waktu            : 9 x 45 menit


Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.


4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.

4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

1.1 Peserta didik menerima bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari.
1.2 Peserta didik mengamalkan bahasa Indonesia secara komunikatif untuk menyampaikan laporan hasil observasi.



2.1 Peserta didik mengamalkan kalimat efektif dan santun dalam menyampaikan isi laporan hasil observasi.
2.2 Peserta didik mengamalkan bahasa Indonesia sesuai kaidah bahasa.
7.1 Peserta didik menalar isi teks laporan hasil observasi yang dibaca.
7.2 Peserta didik mencoba memberikan tanggapan terhadap teks laporan hasil observasi.
8.1 Peserta didik mencoba melakukan kegiatan observasi, kemudian menulis laporan.


8.2 Peserta didik mengamati ejaan dan tata bahasa yang digunakan dalam laporan.



9.1 Peserta didik menanya cara meringkas teks laporan hasil observasi.
9.2 Peserta didik mencipta ringkasan teks laporan hasil observasi.
10.1 Peserta didik menanya berbagai jenis bunga melalui observasi.
10.2 Peserta didik menyaji hasil observasi dan memublikasikan ke media.


Materi
1.     Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Berjudul “Aluminium”
2.     Meringkas Isi Teks Laporan Hasil Observasi
3.     Menata Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
4.     Menanggapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
5.     Mengolah Data Teks Laporan Hasil Observasi

Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu Pengerjaan

Pendahuluan
·           Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·           Sebelum mengeksplorasi teks laporan hasil observasi, guru mengenalkan materi pada peserta didik.
·           Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah diungkapkan dengan cara menunjuk peserta didik atau peserta didik menjawab secara sukarela.
·           Guru membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait dengan kebebasan berpendapat yang dimiliki.
·           Guru menyampaikan materi pembelajaran hari itu yang terkait dengan penyampaian pendapat.
·           Menyampaikan  tujuan pembelajaran.
·           Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik)

5-15 Menit
(Tiap Pertemuan)


Kegiatan Inti
Mengamati
·         Peserta didik membaca contoh (pemodelan) teks  laporan hasil observasi “Aluminium”.
·         Peserta didik mencermati tabel uraian struktur teks laporan hasil observasi Aluminium” .
Menanya
·         Secara berkelompok, peserta didik mengerjakan tugas yang disediakan sebelum membaca model teks laporan hasil observasi.
·         Secara acak  guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil kerjanya, peserta didik lain memberikan tanggapannya. `
·         Secara berkelompok, peserta didik menjawab pertanyaan terkait  isi  teks laporan hasil observasi.
Mengeksplorasi
·         Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tentang  cara meringkas teks laporan hasil observasi dari sumber lainnya (melalui internet).
·         Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan cara meringkas teks laporan hasil observasi.
·         Secara berkelompok, peserta didik berlatih membedah struktur teks laporan hasil observasi dalam teks “aluminium
Mengasosiasikan
·      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan cara menyampaikan argumen (menggunakan data, contoh, dan bukti) untuk mengembangkan teks laporan hasil observasi.
Mengomunikasikan            
·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
9 JP
(Dilaksanakan
5 X Pertemuan)


Penutup
·           Peserta didik di bawah bimbingan guru membuat konsep rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
·           Guru memberikan PR (pekerjaan rumah) agar peserta didik untuk menganalisis di lingkungan sekitar rumahnya.
·           Guru menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. 
5-15 Menit
(Tiap Pertemuan)



Penilaian

No
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
3.
KI-1
KI-3
Observasi
Tes tulis
Lembar observasi
Uji Kompetensi
Terlampir
Terlampir
                                                                                                                  
                                                                                         




LAMPIRAN
Penilaian KI
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN KI

Hari/Tanggal    : ……………………………
Mata Pelajara   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
KD/Tema         : Teks Eksposisi















































Berikan Skor ada tiap Aspek dengan ketentuan skor yang tertera pada tabel di bawah.
NO
NAMA
ASPEK
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.














2.














3.














4.














5.














6.
dst.

















Cara Penskoran


No
Kemunculan indikator
Skor


1
Selalu
4


2.
Sering
3


3.
Jarang
2


4.
Tidak pernah
1

No
Aspek Penilaian dan Indikator

1.
2.

3.
4.

5.

6.

7.
8.
9.
10.
Jujur
Menggunakan data, bukti, dan contoh yang benar.
Tidak mencontoh/ memplagiasi tugas (PR) temannya.
Peduli
Mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.
Aktif bertanya jawab baik dengan guru maupun peserta didik lain.
Santun
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam bertanya atau mengajukan pendapat.
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
Tanggung jawab
Mengerjakan tugas sesuai  dengan petunjuk guru.
Bekerja sama secara aktif dalam kelompoknya.
Menyelesaikan tugas tepat waktu.
Menjaga ketertiban kelas.








Keterangan
1.         Skor maksimal = jumlah indikator sikap yang dinilai x skor maksimal tiap aspek.
     = 4 x 10 =  40.
2.         Nilai akhir adalah skor yang diperoleh/ skor maksimal, kemudian dikonversikan dengan tabel predikat berikut ini.
NO
SKOR RATA-RATA
PREDIKAT
NILAI
1.
3.66-4.00
A
SANGAT BAIK (SB)
3.
3.20- 3.49
B+
BAIK (B)
4.
3.00-3.19
B
5.
2.80-2.99
B-
6.
2.50-2.79
C+
CUKUP (C)
7.
2.30-2.49
C
8.
2.00-2.29
C-
9.
1.80-1.99
D+
KURANG (K)
10.
≤ 1.79
D
SOAL ULANGAN HARIAN (Teks Laporan observasi)

I.     Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat! Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!

Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut ini untuk menjawab nomor 1 – 3!

Plastik adalah suatu polimer yang mempunyai sifat elastis. Plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik, tetapi ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik yang pertama kali dibuat secara komersial adalah nitroselulosa. Material plastik  mempunyai peranan yang sangat penting di bidang elektronika, pertanian, tekstil, transportasi, furnitur, konstruksi, kemasan kosmetik, mainan anak-anak dan produk-produk industri lainnya. Plastik dapat didaur ulang walaupun nilai pemrosesan kurang efektif.
….
Dikutip dari www. digilib.its.ac.id
1.     Kalimat definisi yang memiliki unsur Y = X pada kutipan teks laporan hasil observasi tersebut ditunjukkan oleh kalimat ….
a.     pertama
b.     kedua
c.     ketiga
d.    keempat
e.     kelima
2.     Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
a.     Plastik bersifat elastis.
b.     Plastik mencakup semua polimer alami.
c.     Nilai pemrosesan daur ulang plastik kurang efektif.
d.    Nitroselulosa merupakan plastik yang dikomersialkan.
e.     Material plastik mempunyai peranan yang sangat penting di banyak bidang.



3.         Kalimat tanggapan berikut ini yang berupa saran terhadap kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
a.     Apa saja contoh produk polimerisasi sintetik atau semisintetik?
b.     Teks laporan hasil observasi tersebut disampaikan dengan kalimat efektif.
c.     Pengertian plastik yang diuraikan kurang mendalam sehingga mengaburkan pemahaman.
d.    Pengambilan tema plastik dalam kutipan teks laporan hasil observasi tersebut tidak menarik. 
e.     Sebaiknya teks laporan hasil observasi tersebut menjelaskan tentang nitroselulosa setelah kalimat ketiga.
4.         Perhatikan kalimat-kalimat utama berikut ini!
(1)   Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi.
(2)   Karbon dioksida adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon.
(3)   Karbon dioksida pertama kali dicairkan (pada tekanan tinggi) tahun 1823 oleh Humphry Davy dan Michael Faraday.
(4)   Samudera berperan sebagai buangan karbon raksasa dan telah menyerap sekitar sepertiga dari emisi CO2 yang dihasilkan manusia.
(5)   Konsentrasi karbon dioksida di perkotaan secara umum lebih tinggi.
        Kalimat utama yang dapat dikembangkan menjadi paragraf sebagai pernyataan umum atau klasifikasi teks laporan hasil observasi adalah ….
a.     (1)                             d.         (4)
b.     (2)                             e.         (5)
c.     (3)
5.         Teks laporan hasil observasi tersebut banyak menggunakan kata tidak baku sehingga menimbulkan kesan bahwa penulis tidak memahami tata bahasa Indonesia.
Kalimat tersebut merupakan tanggapan yang berbentuk ….
a.     saran                         c.         Penolakan         e. kritik
b.     pujian                       d.         pertanyaan
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab nomor 6 – 9!
(1) Alat pernapasan pada manusia adalah organ-organ yang bertanggung jawab terhadap sirkulasi pernapasan. (2) Alat pernapasan pada manusia terdiri dari organ-organ eksternal dan internal. (3) Organ eksternal berupa rongga hidung. (4) Organ internal terdiri atas faring, trakea, laring, bronkus, dan paru-paru. (5) Alat-alat pernapasan ini memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia, karena memengaruhi kesehatan, dan sebagainya.
….
Dikutip dengan pengubahan dari http://www.psychologymania.com
6.         Gagasan utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
a.     1      
b.     2      
c.     3
d.    4
e.     5
7.         Definisi yang tepat dari kata “bronkus” adalah ….
a.     bagian atas tenggorok yang berisi pita suara
b.     cabang tenggorok yang bersambung ke bagian kiri dan kanan paru-paru
c.     bagian tubuh yang terletak di antara rongga mulut dan pembuluh tenggorok
d.    saluran pernapasan yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke cabang tenggorok
e.     organ tubuh yang berupa sepasang kantong berbentuk bulat toraks yang terdapat dalam rongga dada
8.         Kalimat berikut yang dapat dikembangkan menjadi paragraf sebagai anggota atau aspek yang dilaporkan dari kutipan laporan tersebut adalah ….
a.     Pohon pun memiliki sistem pernapasan.
b.     Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma.
c.     Variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup.
d.    Pada mamalia berkaki empat, sistem pernapasan digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru.
e.     Rongga hidung memiliki ciri-ciri berlapis selaput lendir, di dalamnya terdapat kelenjar minyak (sebasea), dan kelenjar keringat (sudorifera).
9.         Kalimat berikut ini yang sesuai dengan isi laporan tersebut adalah ….
a.     Organ internal terdiri atas empat macam.
b.     Rongga hidung merupakan organ internal.
c.     Alat pernapasan manusia yang paling penting adalah paru-paru.
d.    Peranan penting alat pernapasan hanya memengaruhi kesehatan.
e.     Organ yang bertanggung jawab terhadap sirkulasi pernapasan adalah alat pernapasan.
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab nomor 10 dan 11!
….
Jantung adalah sebuah organ berotot dengan empat ruang yang terletak di rongga dada di bawah perlindungan tulang iga, sedikit ke sebelah kiri sternum. Ukuran jantung lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300 gram. Jantung mempunyai empat ruang yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri.
Dikutip dari www.repository.usu.ac.id
10.     Informasi pokok yang terdapat dalam kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a.     cara kerja jantung
b.     karakteristik jantung
c.     aliran darah di jantung
d.    arti penting jantung bagi tubuh
e.     hubungan antara darah dan jantung
11.     Judul yang tepat untuk kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
a.     Sistem Imunitas Manusia
b.     Sistem Peredaran Darah Manusia
c.     Sistem Endokrin Manusia
d.    Sistem Reproduksi Manusia
e.     Sistem Ekskresi Manusia


Bacalah kutipan teks hasil observasi  berikut untuk menjawab nomor 12 – 15!
….
Lidah dalam sistem pencernaan berfungsi untuk membantu mencampur, menelan makanan, dan mempertahankan makanan agar berada di antara gigi-gigi atas dan bawah saat makanan dikunyah. Lidah juga dapat berfungsi sebagai alat perasa makanan karena mengandung banyak reseptor pengecap atau perasa. Lidah tersusun atas otot lurik dan permukaannya dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir (mukosa).
….
Dikutip dari http://biologi.blogsome.com

12.     Definisi kata yang digaris bawah dalam teks laporan tersebut adalah ….
a.     cairan berlemak, biasanya kental, tidak larut di dalam air
b.     cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau
c.     barang cair yang mengandung sejumlah besar garam mineral atau gas
d.    barang cair yang pekat dan licin yang dihasilkan oleh kelenjar bersel satu pada selaput lendir
e.     cairan yang terdiri atas plasma, sel-sel merah, dan putih yang mengalir dalam pembuluh darah
13.     Gagasan pokok kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a.     proses ingesti makanan
b.     pentingnya organ pencernaan
c.     macam-macam organ pencernaan
d.    fungsi lidah dalam sistem pencernaan
e.     proses mekanis pencernaan makanan
14.     Tanggapan yang santun sesuai isi kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a.     Saya masih ragu jika laporan tersebut ditulis berdasarkan observasi.
b.     Seharusnya laporan tersebut tidak dipublikasikan karena isinya tidak detail.
c.     Topik yang diangkat dalam laporan tersebut tidak begitu penting untuk pendidikan.
d.    Hasil observasi dalam laporan tersebut harus dikaji ulang karena tidak sesuai kenyataan.
e.     Laporan observasi mengenai sistem pencernaan manusia sangat penting untuk menambah wawasan.

15.     Kalimat utama tahap pernyataan umum atau klasifikasi yang tepat untuk kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a.     Proses pencernaan manusia sangatlah kompleks.
b.     Makanan pertama kali masuk ke dalam tubuh melalui mulut.
c.     Proses mekanis adalah pengunyahan makanan oleh gigi dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
d.    Makanan mengalami proses pencernaan sejak berada di dalam mulut hingga pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan.
e.     Proses pencernaan merupakan proses yang melibatkan organ-organ dan kelenjar-kelenjar pencernaan, yaitu gigi, lidah, kelenjar ludah, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar.
16.     Berikut yang bukan merupakan tujuan menulis gagasan utama ketika menyusun ringkasan adalah ….
a.     merumuskan judul laporan
b.     sebagai dasar menulis ringkasan
c.     memilih-milih inti dan bukan inti
d.    mempermudah proses menulis ringkasan
e.     menyeleksi gagasan utama dan gagasan penjelasnya
17.     Kalimat tanggapan berikut ini yang berupa kritik adalah ….
a.     Judul teks laporan hasil observasi tersebut kurang menarik.
b.     Mengapa teks laporan hasil observasi tersebut banyak menggunakan bahasa ilmiah?
c.     Teks laporan hasil observasi tersebut disajikan secara sistematis sehingga mudah dipahami.
d.    Laporan tersebut menjadi lebih baik jika dilengkapi informasi tentang proses metamorfosis katak.
e.     Berapa lama observasi dilakukan sehingga informasi yang disajikan dalam laporan sangat lengkap?



Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab nomor 18 – 20!

….
(1) Logam raksa banyak digunakan di laboratorium untuk pembuatan termometer, barometer, pompa difusi, dan alat-alat lainnya. (2) Raksa juga digunakan dalam pembuatan lampu uap merkuri, pembuatan baterai, dan alat-alat elektronik lainnya. (3) Walaupun mempunyai banyak kegunaan, raksa merupakan racun berbentuk likuid yang berbahaya karena dapat diserap melalui kulit, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan. (4) Raksa menjadi sumber polusi yang membahayakan. (5) Oleh karena itu, penggunan raksa telah dilarang atau sangat dibatasi di sejumlah negara karena dampaknya terhadap manusia dan lingkungan.
….
Dikutip dari http://engineeringtown.com
18.     Kalimat simpleks dalam kutipan laporan tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
a.     1      
b.     2      
c.     3
d.    4
e.     5
19.     Kata yang digaris bawah memiliki persamaan makna dengan kata ….
a.     toksin          
b.     energi          
c.     pengikisan
d.    penyusutan
e.     pencemaran
20.     Berdasarkan kutipan teks laporan tersebut, dapat disimpulkan bahwa wujud raksa adalah ….
a.     gas   
b.     cair  
c.     padat
d.    kristal
e.     serbuk
II.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1.     Jelaskan tentang struktur teks laporan hasil observasi yang ideal!
2.     Buatlah contoh kalimat tanggapan berupa pujian!
3.     Baliklah kalimat definisi berikut agar teruji kebenarannya!
        Limbah merupakan barang sisa atau bekas dari suatu kegiatan produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya, kecuali yang dapat dimakan atau dimanfaatkan oleh manusia dan hewan.
4.     Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
Sampah organik merupakan limbah yang mudah terurai melalui proses alami. Limbah organik mudah terurai karena tersusun dari bahan-bahan organik. Limbah organik berasal dari tumbuhan dan hewan. Contoh limbah organik adalah sayuran, batang pohon, dedaunan, kotoran hewan, dan lain-lain.
   ….
Dikutip dari Mudah dan Aktif Belajar Biologi, hal. 182
Tulislah tanggapan berdasarkan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut!
5.     Buatlah ringkasan kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
Kulit adalah lapisan luar dari tubuh manusia. Kulit merupakan organ terbesar dari sistem yang menutupi tubuh. Kulit manusia sama dengan mamalia lainnya. Meskipun hampir semua kulit manusia ditutupi dengan folikel rambut, tetapi tampak tak berbulu. Kulit terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.
   ….
Dikutip dengan pengubahan dari id.wikipedia.org





Pedoman  Penilaian
No.
Aspek
Deskripsi
Bobot
Skor
1.
Kalimat definis dalam teks laporah hasil observasi
·     Menemukan seluruh kalimat definisi dan menyebutkannya dengan tepat.
·     Menemukan sebagian besar kalimat definisi dan menyebutkannya dengan tepat.
·     Menemukan sebagian kecil kalimat definisi dan menyebutkannya dengan tepat.
2

1.5

1
2

2.
Meringkas isi teks laporan hasil observasi
·     Meringkas keseluruhan isi teks laporan hasil observasi.
·     Meringkas sebagian besar isi teks laporan hasil observasi.
·     Meringkas sebagian kecil isi teks laporan hasil observasi.

1.5
1

0.5
1.5



3.
Menanggapi isi teks laporan hasil observasi
·      Menanggapi isi teks laporan hasil observasi secara lengkap.
·      Menanggapi isi teks laporan hasil observasi secara kurang lengkap.
·      Menanggapi isi teks laporan hasil observasi secara tidak lengkap.
1.5

1

0.5
1.5




JUMLAH

5

Nilai akhir kemudian dikonversikan ke dalam nilai dengan skala 1-4.

Media dan Sumber Belajar
Media:
Teks laporan hasil observasi “Aluminium”.
Alat:
LCD
         Sumber:
1.     Buku ajar SMA/MA Kelas X. 2013.
2.     Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Balai Pustaka.
3.     Koran/ internet.
                                                                                        Kertajati,                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL"