RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAS Nurussyahid Kertajati
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : X / Semester 1
Alokasi
Waktu : 9 x 45 menit
Kompetensi Inti
KI
1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2 Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
4.4 Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5 Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
1.1 Peserta didik menerima bahasa Indonesia sebagai bahasa yang
digunakan sehari-hari.
1.2 Peserta didik mengamalkan bahasa Indonesia secara komunikatif
untuk menyampaikan laporan hasil observasi.
2.1 Peserta didik mengamalkan kalimat efektif dan santun dalam
menyampaikan isi laporan hasil observasi.
2.2 Peserta didik mengamalkan bahasa Indonesia sesuai kaidah bahasa.
7.1 Peserta didik menalar isi teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
7.2 Peserta didik mencoba memberikan tanggapan terhadap teks laporan
hasil observasi.
8.1 Peserta didik mencoba melakukan kegiatan observasi, kemudian
menulis laporan.
8.2 Peserta didik mengamati ejaan dan tata bahasa yang digunakan dalam
laporan.
9.1 Peserta didik menanya cara meringkas teks laporan hasil observasi.
9.2 Peserta didik mencipta ringkasan teks laporan hasil observasi.
10.1 Peserta didik menanya berbagai jenis bunga melalui observasi.
10.2 Peserta didik menyaji hasil observasi dan memublikasikan ke
media.
|
Materi
1. Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Berjudul “Aluminium”
2. Meringkas Isi Teks Laporan Hasil Observasi
3. Menata Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
4. Menanggapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
5. Mengolah Data Teks Laporan Hasil Observasi
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
Pengerjaan
|
Pendahuluan
·
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
·
Sebelum mengeksplorasi teks laporan hasil observasi, guru
mengenalkan materi pada peserta didik.
·
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah diungkapkan dengan
cara menunjuk peserta didik atau peserta didik menjawab secara sukarela.
·
Guru
membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait
dengan kebebasan berpendapat yang dimiliki.
·
Guru
menyampaikan materi pembelajaran hari itu yang terkait dengan penyampaian
pendapat.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok
kerja peserta didik)
|
5-15 Menit
(Tiap Pertemuan)
|
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta
didik membaca contoh (pemodelan) teks
laporan hasil observasi “Aluminium”.
·
Peserta didik mencermati
tabel uraian struktur teks laporan hasil observasi “Aluminium” .
Menanya
·
Secara
berkelompok, peserta didik mengerjakan tugas yang disediakan sebelum membaca
model teks laporan hasil observasi.
·
Secara
acak guru menunjuk salah satu
perwakilan kelompok untuk membacakan hasil kerjanya, peserta didik lain
memberikan tanggapannya. `
·
Secara
berkelompok, peserta didik menjawab pertanyaan terkait isi
teks laporan hasil observasi.
Mengeksplorasi
·
Secara
berkelompok, peserta didik mencari informasi tentang cara meringkas teks laporan hasil observasi
dari sumber lainnya (melalui internet).
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan cara meringkas teks laporan hasil
observasi.
·
Secara
berkelompok, peserta didik berlatih membedah struktur teks laporan hasil
observasi dalam teks “aluminium”
Mengasosiasikan
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan cara menyampaikan argumen
(menggunakan data, contoh, dan bukti) untuk mengembangkan teks laporan hasil
observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari
kelompok lain memberikan tanggapan.
·
Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
|
9 JP
(Dilaksanakan
5 X Pertemuan)
|
|
Penutup
·
Peserta didik di bawah bimbingan guru membuat
konsep rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
·
Guru memberikan PR (pekerjaan rumah) agar peserta
didik untuk menganalisis di lingkungan sekitar rumahnya.
·
Guru menyampaikan rencana materi pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya.
|
5-15 Menit
(Tiap Pertemuan)
|
Penilaian
No
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
3.
|
KI-1
KI-3
|
Observasi
Tes tulis
|
Lembar
observasi
Uji Kompetensi
|
Terlampir
Terlampir
|
LAMPIRAN
Penilaian KI
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN KI
Hari/Tanggal : ……………………………
Mata
Pelajara : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/1
KD/Tema : Teks Eksposisi
|
||||||||||||||
Berikan Skor ada tiap Aspek dengan
ketentuan skor yang tertera pada tabel di bawah.
|
||||||||||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK
|
Jumlah
|
Rerata
Skor
|
Nilai
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
6.
|
dst.
|
Cara Penskoran
No
|
Kemunculan indikator
|
Skor
|
|||
1
|
Selalu
|
4
|
|||
2.
|
Sering
|
3
|
|||
3.
|
Jarang
|
2
|
|||
4.
|
Tidak
pernah
|
1
|
|||
No
|
Aspek Penilaian dan Indikator
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Jujur
Menggunakan data, bukti,
dan contoh yang benar.
Tidak mencontoh/
memplagiasi tugas (PR) temannya.
Peduli
Mengikuti pembelajaran
dengan sungguh-sungguh.
Aktif bertanya jawab baik dengan guru maupun
peserta didik lain.
Santun
Menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dalam bertanya atau mengajukan pendapat.
Tidak memaksakan kehendak
kepada orang lain.
Tanggung jawab
Mengerjakan tugas
sesuai dengan petunjuk guru.
Bekerja sama secara aktif
dalam kelompoknya.
Menyelesaikan tugas tepat
waktu.
Menjaga ketertiban kelas.
|
||||
Keterangan
1.
Skor maksimal = jumlah indikator
sikap yang dinilai x skor maksimal tiap aspek.
= 4 x 10
= 40.
2.
Nilai akhir adalah skor yang
diperoleh/ skor maksimal, kemudian dikonversikan dengan tabel predikat berikut
ini.
NO
|
SKOR RATA-RATA
|
PREDIKAT
|
NILAI
|
1.
|
3.66-4.00
|
A
|
SANGAT BAIK
(SB)
|
3.
|
3.20- 3.49
|
B+
|
BAIK (B)
|
4.
|
3.00-3.19
|
B
|
|
5.
|
2.80-2.99
|
B-
|
|
6.
|
2.50-2.79
|
C+
|
CUKUP (C)
|
7.
|
2.30-2.49
|
C
|
|
8.
|
2.00-2.29
|
C-
|
|
9.
|
1.80-1.99
|
D+
|
KURANG (K)
|
10.
|
≤ 1.79
|
D
|
SOAL ULANGAN HARIAN (Teks Laporan
observasi)
I. Kerjakan soal-soal
pilihan ganda berikut ini dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan
jawaban yang tepat! Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut ini untuk
menjawab nomor 1 – 3!
Plastik
adalah suatu polimer yang mempunyai sifat elastis. Plastik mencakup produk
polimerisasi sintetik atau semi-sintetik, tetapi ada beberapa polimer alami
yang termasuk plastik. Plastik yang pertama kali dibuat secara komersial adalah
nitroselulosa. Material plastik
mempunyai peranan yang sangat penting di bidang elektronika, pertanian,
tekstil, transportasi, furnitur, konstruksi, kemasan kosmetik, mainan anak-anak
dan produk-produk industri lainnya. Plastik dapat didaur ulang walaupun nilai
pemrosesan kurang efektif.
….
Dikutip dari www. digilib.its.ac.id
1. Kalimat definisi yang
memiliki unsur Y = X pada kutipan teks laporan hasil observasi tersebut
ditunjukkan oleh kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
2. Pernyataan berikut ini yang
tidak sesuai dengan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut
adalah ….
a. Plastik bersifat elastis.
b. Plastik mencakup semua polimer alami.
c. Nilai pemrosesan daur ulang plastik kurang efektif.
d. Nitroselulosa merupakan plastik yang dikomersialkan.
e. Material plastik mempunyai peranan yang sangat penting di banyak
bidang.
3.
Kalimat tanggapan berikut ini yang
berupa saran terhadap kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
a. Apa saja contoh produk polimerisasi sintetik atau semisintetik?
b. Teks laporan hasil observasi tersebut disampaikan dengan kalimat
efektif.
c. Pengertian plastik yang diuraikan kurang mendalam sehingga
mengaburkan pemahaman.
d. Pengambilan tema plastik dalam kutipan teks laporan hasil
observasi tersebut tidak menarik.
e. Sebaiknya teks laporan hasil observasi tersebut menjelaskan
tentang nitroselulosa setelah kalimat ketiga.
4.
Perhatikan kalimat-kalimat utama
berikut ini!
(1) Karbon dioksida dihasilkan
oleh semua hewan, tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi.
(2) Karbon dioksida adalah
sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara
kovalen dengan sebuah atom karbon.
(3) Karbon dioksida pertama kali
dicairkan (pada tekanan tinggi) tahun 1823 oleh Humphry Davy dan Michael
Faraday.
(4) Samudera berperan sebagai
buangan karbon raksasa dan telah menyerap sekitar sepertiga dari emisi CO2
yang dihasilkan manusia.
(5) Konsentrasi karbon dioksida
di perkotaan secara umum lebih tinggi.
Kalimat utama yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf sebagai pernyataan umum atau klasifikasi teks
laporan hasil observasi adalah ….
a. (1) d. (4)
b. (2) e. (5)
c. (3)
5.
Teks laporan hasil observasi
tersebut banyak menggunakan kata tidak baku sehingga menimbulkan kesan bahwa
penulis tidak memahami tata bahasa Indonesia.
Kalimat tersebut merupakan tanggapan yang berbentuk ….
a. saran c. Penolakan e. kritik
b. pujian d. pertanyaan
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab
nomor 6 – 9!
(1)
Alat pernapasan pada manusia adalah organ-organ yang bertanggung jawab terhadap sirkulasi pernapasan. (2) Alat
pernapasan pada manusia terdiri dari organ-organ eksternal dan internal. (3)
Organ eksternal berupa rongga hidung. (4) Organ
internal terdiri atas faring, trakea, laring, bronkus, dan paru-paru. (5)
Alat-alat pernapasan ini memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup
manusia, karena memengaruhi kesehatan, dan sebagainya.
….
Dikutip dengan pengubahan dari
http://www.psychologymania.com
6.
Gagasan utama paragraf tersebut
ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
7.
Definisi yang tepat dari kata
“bronkus” adalah ….
a. bagian atas tenggorok yang berisi pita suara
b. cabang tenggorok yang bersambung ke bagian kiri dan kanan paru-paru
c. bagian tubuh yang terletak di antara rongga mulut dan pembuluh
tenggorok
d. saluran pernapasan yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke
cabang tenggorok
e. organ tubuh yang berupa sepasang kantong berbentuk bulat toraks
yang terdapat dalam rongga dada
8.
Kalimat berikut yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf sebagai anggota atau aspek yang dilaporkan dari
kutipan laporan tersebut adalah ….
a. Pohon pun memiliki sistem pernapasan.
b. Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot
diafragma.
c. Variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk
hidup.
d. Pada mamalia berkaki empat, sistem pernapasan digunakan untuk
membawa udara ke dalam paru-paru.
e. Rongga hidung memiliki ciri-ciri berlapis selaput lendir, di
dalamnya terdapat kelenjar minyak (sebasea), dan kelenjar keringat (sudorifera).
9.
Kalimat berikut ini yang sesuai
dengan isi laporan tersebut adalah ….
a. Organ internal terdiri atas empat macam.
b. Rongga hidung merupakan organ internal.
c. Alat pernapasan manusia yang paling penting adalah paru-paru.
d. Peranan penting alat pernapasan hanya memengaruhi kesehatan.
e. Organ yang bertanggung jawab terhadap sirkulasi pernapasan
adalah alat pernapasan.
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk
menjawab nomor 10 dan 11!
….
Jantung
adalah sebuah organ berotot dengan empat ruang yang terletak di rongga dada di
bawah perlindungan tulang iga, sedikit ke sebelah kiri sternum. Ukuran jantung
lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300
gram. Jantung mempunyai empat ruang yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel
kanan, dan ventrikel kiri.
Dikutip dari
www.repository.usu.ac.id
10.
Informasi pokok yang terdapat
dalam kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a. cara kerja jantung
b. karakteristik jantung
c. aliran darah di jantung
d. arti penting jantung bagi tubuh
e. hubungan antara darah dan jantung
11.
Judul yang tepat untuk kutipan
teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….
a. Sistem Imunitas Manusia
b. Sistem Peredaran Darah Manusia
c. Sistem Endokrin Manusia
d. Sistem Reproduksi Manusia
e. Sistem Ekskresi Manusia
Bacalah kutipan teks hasil observasi berikut untuk menjawab nomor 12 – 15!
….
Lidah dalam sistem pencernaan
berfungsi untuk membantu mencampur, menelan makanan, dan mempertahankan makanan
agar berada di antara gigi-gigi atas dan bawah saat makanan dikunyah. Lidah
juga dapat berfungsi sebagai alat perasa makanan karena mengandung banyak
reseptor pengecap atau perasa. Lidah tersusun atas otot lurik dan permukaannya
dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir (mukosa).
….
Dikutip dari http://biologi.blogsome.com
12.
Definisi kata yang digaris bawah
dalam teks laporan tersebut adalah ….
a. cairan berlemak, biasanya kental, tidak larut di dalam air
b. cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau
c. barang cair yang mengandung sejumlah besar garam mineral atau
gas
d. barang cair yang pekat dan licin yang dihasilkan oleh kelenjar bersel
satu pada selaput lendir
e. cairan yang terdiri atas plasma, sel-sel merah, dan putih yang
mengalir dalam pembuluh darah
13.
Gagasan pokok kutipan teks laporan
tersebut adalah ….
a. proses ingesti makanan
b. pentingnya organ pencernaan
c. macam-macam organ pencernaan
d. fungsi lidah dalam sistem pencernaan
e. proses mekanis pencernaan makanan
14.
Tanggapan yang santun sesuai isi
kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a. Saya masih ragu jika laporan tersebut ditulis berdasarkan
observasi.
b. Seharusnya laporan tersebut tidak dipublikasikan karena isinya
tidak detail.
c. Topik yang diangkat dalam laporan tersebut tidak begitu penting
untuk pendidikan.
d. Hasil observasi dalam laporan tersebut harus dikaji ulang karena
tidak sesuai kenyataan.
e. Laporan observasi mengenai sistem pencernaan manusia sangat
penting untuk menambah wawasan.
15.
Kalimat utama tahap pernyataan
umum atau klasifikasi yang tepat untuk kutipan teks laporan tersebut adalah ….
a. Proses pencernaan manusia sangatlah kompleks.
b. Makanan pertama kali masuk ke dalam tubuh melalui mulut.
c. Proses mekanis adalah pengunyahan makanan oleh gigi dibantu
lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
d. Makanan mengalami proses pencernaan sejak berada di dalam mulut
hingga pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan.
e. Proses pencernaan merupakan proses yang melibatkan organ-organ
dan kelenjar-kelenjar pencernaan, yaitu gigi, lidah, kelenjar ludah,
kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar.
16.
Berikut yang bukan
merupakan tujuan menulis gagasan utama ketika menyusun ringkasan adalah ….
a. merumuskan judul laporan
b. sebagai dasar menulis ringkasan
c. memilih-milih inti dan bukan inti
d. mempermudah proses menulis ringkasan
e. menyeleksi gagasan utama dan gagasan penjelasnya
17.
Kalimat tanggapan berikut ini yang
berupa kritik adalah ….
a. Judul teks laporan hasil observasi tersebut kurang menarik.
b. Mengapa teks laporan hasil observasi tersebut banyak menggunakan
bahasa ilmiah?
c. Teks laporan hasil observasi tersebut disajikan secara sistematis
sehingga mudah dipahami.
d. Laporan tersebut menjadi lebih baik jika dilengkapi informasi
tentang proses metamorfosis katak.
e. Berapa lama observasi dilakukan sehingga informasi yang
disajikan dalam laporan sangat lengkap?
Bacalah kutipan teks
laporan hasil observasi berikut untuk menjawab nomor 18 – 20!
….
(1)
Logam raksa banyak digunakan di laboratorium untuk pembuatan termometer,
barometer, pompa difusi, dan alat-alat lainnya. (2) Raksa juga digunakan dalam
pembuatan lampu uap merkuri, pembuatan baterai, dan alat-alat elektronik
lainnya. (3) Walaupun mempunyai banyak kegunaan, raksa merupakan racun
berbentuk likuid yang berbahaya karena dapat diserap melalui kulit, saluran
pernapasan, dan saluran pencernaan. (4) Raksa menjadi sumber polusi yang membahayakan. (5) Oleh karena itu,
penggunan raksa telah dilarang atau sangat dibatasi di sejumlah negara karena
dampaknya terhadap manusia dan lingkungan.
….
Dikutip dari
http://engineeringtown.com
18.
Kalimat simpleks dalam kutipan
laporan tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
19.
Kata yang digaris bawah memiliki
persamaan makna dengan kata ….
a. toksin
b. energi
c. pengikisan
d. penyusutan
e. pencemaran
20.
Berdasarkan kutipan teks laporan
tersebut, dapat disimpulkan bahwa wujud raksa adalah ….
a. gas
b. cair
c. padat
d. kristal
e. serbuk
II. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1. Jelaskan
tentang struktur teks laporan hasil observasi yang ideal!
2. Buatlah
contoh kalimat tanggapan berupa pujian!
3. Baliklah
kalimat definisi berikut agar teruji kebenarannya!
Limbah merupakan barang sisa atau bekas
dari suatu kegiatan produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya, kecuali
yang dapat dimakan atau dimanfaatkan oleh manusia dan hewan.
4. Bacalah kutipan teks
laporan hasil observasi berikut!
Sampah organik merupakan limbah yang mudah terurai melalui proses
alami. Limbah organik mudah terurai karena tersusun dari bahan-bahan organik.
Limbah organik berasal dari tumbuhan dan hewan. Contoh limbah organik adalah
sayuran, batang pohon, dedaunan, kotoran hewan, dan lain-lain.
….
Dikutip dari Mudah dan Aktif
Belajar Biologi, hal. 182
Tulislah
tanggapan berdasarkan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut!
5. Buatlah ringkasan kutipan
teks laporan hasil observasi berikut!
Kulit adalah lapisan luar dari tubuh manusia. Kulit merupakan organ
terbesar dari sistem yang menutupi tubuh. Kulit manusia sama dengan mamalia
lainnya. Meskipun hampir semua kulit manusia ditutupi dengan folikel rambut,
tetapi tampak tak berbulu. Kulit terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu
epidermis, dermis, dan hipodermis.
….
Dikutip dengan pengubahan dari
id.wikipedia.org
Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Bobot
|
Skor
|
1.
|
Kalimat definis dalam teks laporah hasil observasi
|
· Menemukan seluruh kalimat definisi dan
menyebutkannya dengan tepat.
· Menemukan sebagian besar kalimat definisi dan
menyebutkannya dengan tepat.
· Menemukan sebagian kecil kalimat definisi dan
menyebutkannya dengan tepat.
|
2
1.5
1
|
2
|
2.
|
Meringkas isi teks laporan hasil observasi
|
· Meringkas keseluruhan isi teks laporan hasil
observasi.
· Meringkas sebagian besar isi teks laporan hasil
observasi.
· Meringkas sebagian kecil isi teks laporan hasil
observasi.
|
1.5
1
0.5
|
1.5
|
3.
|
Menanggapi isi teks laporan hasil observasi
|
·
Menanggapi isi
teks laporan hasil observasi secara lengkap.
·
Menanggapi isi
teks laporan hasil observasi secara kurang lengkap.
·
Menanggapi isi
teks laporan hasil observasi secara tidak lengkap.
|
1.5
1
0.5
|
1.5
|
JUMLAH
|
5
|
Nilai akhir kemudian dikonversikan ke dalam
nilai dengan skala 1-4.
Media dan Sumber Belajar
Media:
Teks laporan hasil observasi “Aluminium”.
Alat:
LCD
Sumber:
1. Buku ajar
SMA/MA Kelas X. 2013.
2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Balai
Pustaka.
3. Koran/
internet.
Kertajati,
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL"
Post a Comment