RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.1. Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak
parabola dengan menggunakan vektor.
Indikator Pencapaian Kompetensi
l Menganalisis
besaran perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus dengan
menggunakan vektor.
l Menganalisis
besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan
vektor.
l Menganalisis
besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menganalisis gerak dua dimensi secara vektor dan
skalar.
2. Menghitung besar dan arah perpindahan, kecepatan, dan
percepatan gerak suatu benda.
3. Menganalisis gerak lurus beraturan dengan menggunakan
grafik jarak terhadap waktu dan grafik kecepatan terhadap waktu.
4. Menganalisis gerak lurus berubah beraturan dengan
menggunakan grafik jarak terhadap waktu dan grafik kecepatan terhadap waktu.
5. Menganalisis karakteristik gerak suatu benda melalui
grafik.
6. Merumuskan persamaan gerak suatu benda melalui
pengukuran besaran-besaran gerak.
7. Menganalis besaran-besaran yang berkaitan dengan gerak
melingkar, yaitu perubahan sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut.
8. Menganalisis hubungan antara besaran dalam gerak
melingkar dengan gerak lurus.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Analisis
Vektor untuk Gerak, Deskripsi Grafik untuk Gerak dan Gerak Melingkar.
C. Metode Pembelajaran
1. Model :
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode
: - Diskusi kelompok
-
Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam
bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di
kelas
|
·
Menerapkan
analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada
gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan
masalah
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi katrakteristik
perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui presentas, percobaan
atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya gerak mobil mainan di
atas triplek yang bergerak)
|
·
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apakah manfaat metode vektor dalam menganalisis gerak?
-
Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana penerarapan metode
vektor dalam analisis gerak?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan posisi benda dalam notasi vektor.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian vektor satuan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat perkalian vektor satuan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan vektor perpindahan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan atau
pengurangan vektor yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan contoh soal menentukan vektor perpindahan dan besar vektor
perpindahan suatu benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menunjuk
salah satu peserta didik untuk menjawab soal menentukan vektor perpindahan dan
besar vektor perpindahan suatu benda di depan kelas, sedangkan peserta didik
yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan beberapa soal menentukan vektor perpindahan dan besar vektor
perpindahan suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan rata-rata dan
penulisannya dalam bentuk notasi vektor. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan sesaat dan
penulisannya dalam bentuk notasi vektor. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan tahap-tahap menentukan kecepatan sesaat pada saat t1 yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan contoh soal menentukan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
suatu benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian percepatan rata-rata dan
penulisannya dalam bentuk notasi vektor. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan tahap-tahap menentukan percepatan sesaat pada saat t1 yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan contoh soal menentukan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
suatu benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan beberapa soal menentukan kecepatan rata-rata, kecepatan sesaat,
percepatan rata-rata dan percepatan sesaat suatu benda untuk dikerjakan oleh
peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Jika kita mengetahui percepatan, dapatkah kita menentukan kecepatan?
-
Prasyarat
pengetahuan:
- Bagaimana cara menentukan
kecepatan dari percepatan?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan analisis skalar untuk besaran vektor. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pemecahan persamaan gerak untuk komponen arah sumbu x dan
sumbu y. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan tahapan-tahapan menganalisis gerak benda dengan metode skalar
yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan cara menentukan kecepatan dari percepatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan contoh soal menentukan
kecepatan dari
percepatan
suatu benda.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan cara menentukan posisi dari kecepatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan contoh soal menentukan
posisi dari kecepatan suatu benda. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan kecepatan dari percepatan dan menentukan posisi dari kecepatan suatu
benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
l Bagaimana bentuk grafik posisi terhadap waktu?
l Bagaimana bentuk grafik perpindahan sebuah benda?
-
Prasyarat
pengetahuan:
l Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik posisi
terhadap waktu?
l Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik
perpindahan sebuah benda?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap
waktu. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menggambar grafik posisi terhadap waktu. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik perpindahan sebuah benda.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan langkah-langkah menggambar grafik perpindahan sebuah benda yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menggambar grafik posisi terhadap waktu dan grafik
perpindahan sebuah benda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menggambar
grafik posisi terhadap waktu dan grafik perpindahan sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kecepatan rata-rata dan kecepatan
sesaat. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara percepatan rata-rata
dan percepatan sesaat. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan kecepatan rata-rata, kecepatan sesaat, percepatan
rata-rata, dan percepatan sesaat untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan
Apersepsi:
l Bagaimana bentuk grafik posisi terhadap waktu pada
gerak lurus beraturan?
l Dapatkah kita menentukan perpindahan benda dari kurva
kecepatan terhadap waktu?
·
Prasyarat
pengetahuan:
l Bagaimana langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap
waktu pada gerak lurus beraturan?
l Bagaimana menentukan perpindahan benda dari kurva
kecepatan terhadap waktu?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu
pada gerak lurus beraturan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik
memperhatikan langkah-langkah menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan bentuk grafik posisi terhadap waktu
pada gerak lurus berubah beraturan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai langkah-langkah menggambar grafik
posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menggambar grafik posisi terhadap waktu pada
gerak lurus berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak
lurus beraturan dan grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus berubah beraturan yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
memberikan beberapa soal menggambar grafik posisi terhadap waktu pada gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan posisi benda dari kurva
kecepatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan
terhadap waktu yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Guru
memberikan beberapa soal menentukan perpindahan benda dari kurva kecepatan
terhadap waktu untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KELIMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
l Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari.
l Apakah perbedaan antara percepatan sudut rata-rata dan
percepatan sudut sesaat?
-
Prasyarat
pengetahuan:
l Apakah ciri khas dari gerak melingkar?
l Apakah yang dimaksud dengan percepatan sudut?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan ciri khas dari gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan besaran-besaran pada gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pengertian koordinat
sudut, perubahan sudut, dan kecepatan sudut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan
kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat untuk dikerjakan oleh
peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian percepatan sudut.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan percepatan sudut rata-rata dan
percepatan sudut sesaat. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi
yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan percepatan sudut rata-rata dan percepatan sudut sesaat yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta
didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum
dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KEENAM
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
l Apakah ciri khas dari gerak melingkar beraturan?
l Ke manakah arah percepatan sentripental pada gerak
melingkar beraturan?
-
Prasyarat
pengetahuan:
l Apakah yang dimaksud dengan gerak melingkar beraturan?
l Apakah yang dimaksud dengan percepatan sentripental?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri khas gerak melingkar beraturan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan hubungan antara sudut dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan sudut dan kecepatan sudut pada gerak
melingkar beraturan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan
sudut dan kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri khas dari gerak melingkar berubah
beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan kecepatan sudut dan percepatan
sudut pada gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan sudut dan percepatan sudut pada
gerak melingkar berubah beraturan yang disampaikan oleh guru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan
kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan kecepatan linier dan kecepatan
sudut pada gerak melingkar beraturan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan cara merumuskan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut
pada gerak melingkar beraturan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing okeh guru) mendiskusikan perumusan percepatan sentripental. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan percepatan sentripental yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan cara merumuskan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut
pada gerak melingkar berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada
gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan beberapa soal menentukan kecepatan linier dan kecepatan sudut pada
gerak melingkar berubah beraturan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.2A (Esis)
halaman 1-78
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes
tertulis
l Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Tugas
rumah
c.
Contoh Instrumen:
l
Contoh PG
Kecepatan sebuah benda dapat dinyatakan
dengan persamaan
ύ = (2t î + 4ĵ) m/s. Percepatan rata-rata
benda antara t = 1 s sampai t = 3 s adalah ....
A. (2 î + 4ĵ) D. (6 î + 4ĵ)
B. (4ĵ) E. (2 î)
C. (4 î + 2ĵ)
l
Contoh uraian
Sebuah
pesawat tempur yang sedang melakukan atraksi terbang membentuk lingkaran
vertikal dengan diameter 1 km. Kecepatan terbang di dasar lingkaran tersebut
adalah 185 m/s. Hitunglah percepatan sentripental dari pesawat tempur tersebut.
l Contoh
tugas rumah
Buatlah artikel tentang penerapan
konsep gerak melingkar pada teknologi kehidupan sehari-hari.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XI MA/SMU : SK. 1 KD. 1.1"
Post a Comment