RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik.
Kompetensi Dasar
1.2 Menganalisis
keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum- hukum Newton
Indikator Pencapaian Kompetensi
l Menganalisis hubungan antara gaya
gravitasi dengan massa benda dan jaraknya.
l Menghitung resultan gaya gravitasi
pada benda titik dalam suatu sistem.
l Membandingkan percepatan gravitasi
dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda.
l Menganalisis gerak planet dalam tata
surya berdasarkan hukum Kepler.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
l Menjelaskan perilaku tarik-menarik antar benda
bermassa dalam suatu hukum universal gravitasi Newton.
l Menyebutkan faktor yang mempengaruhi besar dan arah
kuat medan gravitasi.
l Menjelaskan besar kuat medan gravitasi di berbagai
tempat di permukaan bumi.
l Menjelaskan besar kuat medan gravitasi di dalam bumi.
l Menjelaskan fenomena kehilangan berat.
l Mengukur percepatan gravitasi bumi.
l Membuat neraca gravitasi sederhana.
l Menjelaskan perilaku planet-planet ketika mengorbit
pusat tata surya dalam hukum Kepler.
l Membuktikan kekekalan momentum angular pada revolusi
setiap planet terhadap tata surya.
l Membuktikan hukum Kepler dengan hukum gravitasi
Newton.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Hukum
Gravitasi Newton
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode
: - Diskusi
kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet,
gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah
|
·
Memformulasikan
hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan
gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas
|
·
Siswa
dapat Mendiskusikan konsep gerak, gaya
dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui
berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan lain-lain)
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Mengapa planet tetap beredar pada lintasannya dan tidak terlempar
keluar?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya gravitasi?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
hukum gravitasi universal Newton.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan
tentang hukum gravitasi universal Newton yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menjelaskan penerapan gaya
gravitasi pada pergerakan planet yang beredar dalam sistem tata surya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan konsep kuat medan gravitasi dan penerapannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan gaya gravitasi dan kuat medan gravitasi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan gaya gravitasi dan kuat medan gravitasi untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
l Samakah kuat medan gravitasi di berbagai tempat di
permukaan bumi?
l Mengapa kita merasakan adanya berat pada tubuh kita?
-
Prasyarat
pengetahuan:
l Faktor apakah yang mempengaruhi kuat medan gravitasi
di permukaan bumi?
l Faktor apakah yang mempengaruhi gaya berat?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan kuat medan gravitasi di
permukaan bumi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan perumusan
kuat medan gravitasi di berbagai tempat di permukaan bumi yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan kuat medan gravitasi di berbagai tempat di permukaan bumi yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan kuat medan gravitasi di berbagai tempat di permukaan bumi untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum
dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan variasi kuat
medan gravitasi di permukaan bumi.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam kelompoknya
mendiskusikan besarnya kuat medan gravitasi di dalam bumi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan kuat medan gravitasi di dalam bumi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
menentukan kuat medan gravitasi di dalam bumi untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru mengenai fenomena kehilangan berat.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Berapakah nilai percepatan gravitasi bumi?
-
Prasyarat
pengetahuan:
-
Bagaimana cara mengukur percepatan gravitasi bumi?
-
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan cara mengukur percepatan gravitasi bumi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk mengambil benang sepanjang 0,50 m; 0,75 m; 1,0 m; 1,25 m dan 1,50 m,
pemberat 500 gram, statip, dan stopwatch.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mempresentasikan langkah kerja
untuk melakukan eksperimen mengukur percepatan gravitasi bumi melalui
bandul fisis (Kegiatan
4.1 h.90). (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memeriksa
eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen dalam lembar kerja
yang telah disiapkan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Dapatkah kita membuat neraca gravitasi sederhana?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana cara membuat neraca gravitasi sederhana?
l Pra
eksperimen:
-
Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan cara membuat neraca gravitasi sederhana. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk mengambil batang kayu kecil, benang, batang alumunium ringan, benda-benda
bermassa, dan batu. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mempresentasikan langkah kerja
untuk melakukan eksperimen membuat neraca gravitasi sederhana (Proyek ilmiah
h.91). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik menjawab beberapa
pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen dalam lembar kerja yang telah disiapkan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum
dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
PERTEMUAN
KELIMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apakah bentuk lintasan dari setiap planet ketika bergerak mengelilingi
matahari?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah bunyi hukum I Kepler?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan hukum Kepler untuk gerak planet. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan
tentang hukum I, hukum II, dan hukum III Kepler yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan bunyi hukum I, (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
hukum II, dan hukum III Kepler. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh
soal penerapan hukum Kepler yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal
penerapan hukum Kepler untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum
dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pembuktian hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan
pembuktikan hukum gravitasi umum Newton yang dapat digunakan untuk menurunkan
hukum II dan hukum III Kepler yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2A (Esis)
halaman 79-100
b. Buku referensi yang relevan
c. Lembar kerja
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
l Penugasan
l Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Proyek ilmiah
l Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Kuat medan gravitasi di
permukaan sebuah benda yang jari-jarinya R adalah
8 N/kg. Kuat medan gravitasi
pada jarak R/8 dari pusat benda adalah ....
A. 512 N/kg D. 8 N/kg
B. 256 N/kg E. 1 N/kg
C. 68 N/kg
-
Contoh tes uraian
Jarak rata-rata planet Merkurius dan
planet Mars terhadap matahari berturut-turut adalah 58 juta km dan 228 juta km.
Jika revolusi planet Mars membutuhkan waktu 687 hari, tentukan waktu revolusi
planet Merkurius terhadap matahari.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XI MA/SMU SK. 1 KD. 1.2"
Post a Comment