CONTOH SOAL-SOAL MFQ ( MUSABAQOH FAHMIL AL-QURAN) PADA MTQ TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA

SOAL-SOAL MFQ ( MUSABAQOH FAHMIL AL-QURAN) PADA MTQ TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA





MAKRO MUSABAQAH FAHMIL QURAN (MFQ)
MTQ TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA 2016
F.6
1. Kita harus menghargai agama lain  di dalam menjalankan kebebasan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Dalam sejarah umat islam, Nabi Muhammad pernah diajak berunding oleh kaum kafir yang maksud dan tujuannya, agar Nabi mau ikut menyembah sesembahan mereka meskipun tetap menyembah Allah. Sebagai . Coba bacakan ayat yang mendukung sikap tersebut :
قُلْ يَاأَيُّهَا الْكَافِرُونَ(1)لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ(2)وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ(3)وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ(4)وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ(5)لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ(6)

2.     Soal : Terjemahkan ayat berikut dengan baik dan benar!
وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ(121)
Jawaban : "Dan janganlah kamu memakan biantang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika meneyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan-kawanya agar mereka mambantah kamu dan jika kamu menuruti mereka tentulah menjadi orang-orang yang musyrik".
3.     Coba bawakan satu ayat al-Quran dengan lagu Bayati ?
Jawaban : Benar/ salah

4.     Surat apa dan ayat berapa ?
اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ(11)
Jawaban : Q.S. Saba' : 11
5.     Dr. Muhammad Shadiq Qomlawi menyebut idgham bigunnah dengan istilah idgham naqis, sebutkan alasanya ?
Jawaban : idgham bi-gunnah disebut idgham naqis karena masuknya nun sukun atau tanwin kedalam huruf idgham tidak secara penuh, sehingga masih menyisakan sifat gunnahnya.
6.     Dia adalah seorang filosof terkenal di dunia Islam, yang berjasa besar di bidang kedokkteran beberapa karya monumentalnya adalah al-qonun fi al-thibb sehingga mendapat gelar bapak kedokteran. Di dunia barat dia dikenal dengan nama Avechiena siapakah tokoh yang dimaksud ?
Jawaban : Ibnu sina
7.     This term means " announcement " and in Islamic term it is the technical term for  calling the muslims to do the five daily prayers, what is this term ?
Jawaban : adzan
8.     apakah makna fiqh secara bahasa dan istilah ?
Jawaban : bahasa: Pemahaman yang mendalam. Istilah : Ilmu yang membahas tentang ilmu syariah yang bersifat aplikatif (amaliyah) yang digali dari dalil-dalil yang terperinci.
9.     Apakah yang dimaksud dengan sanad dalalm ilmu hadits ?
Sanad adalah susunan orang-orang yang menjadi periwayat hadits yang menyampaikan silsilahnya periwayatan hadits sampai kepada Rasulullah

10.    ahli waris : istri, ayah, seorang anak perempuan, seorang saudara laki-laki dan paman. Harta peninggalan : rp. 6.500.000,-. Berapa bagian saudara dan anak perempuan ?
jawaban : saudara mahjub, anak perempuan : rp.3.250.000,-

0 Response to "CONTOH SOAL-SOAL MFQ ( MUSABAQOH FAHMIL AL-QURAN) PADA MTQ TINGKAT KABUPATEN MAJALENGKA"