KOMPETENSI
INTI KELAS X
|
KOMPETENSI
INTI KELAS XI
|
KOMPETENSI
INTI KELAS XII
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Lampiran B. Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar
Kelompok Mata Pelajaran Wajib
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
B-1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
B-1a
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan
Agama Islam dan
Budi Pekerti
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2
Berpegang teguh
kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.3
Meyakini
kebenaran hukum Islam
1.4
Berpakaian sesuai
dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9):
119 dan hadits terkait
2.2
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8):
72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
2.4
Menunjukkan
perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur
(24): 2, serta hadits yang terkait
2.5
Menunjukkan sikap
semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6
Menunjukkan sikap
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku
adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7
Menunjukkan sikap
tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8
Menunjukkan sikap
semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di
Madinah
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49)
: 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3
Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama
3.4
Memahami makna Asmaul
Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
3.5
Memahami makna
beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.6
Memahami manfaat
dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan
3.7
Memahami
kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8
Memahami
pengelolaan wakaf
3.9
Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat
(49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
4.3
Berperilaku yang
mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan
perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4
Berperilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Kitab-kitab Allah SWT
1.2 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Rasul-rasul Allah SWT
1.3 Berperilaku
taat kepada aturan
1.4 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.5 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2
Menunjukkan perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai
implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan perilaku
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman
QS. Al Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
serta Hadits yang terkait
2.4
Menunjukkan sikap
toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) :
32, serta hadits terkait
2.5
Menunjukkan sikap semangat
menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi
dari masa kejayaan Islam
2.6
Menunjukkan perilaku
kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban
Islam di era modern
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S.
Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2
Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan.
3.3
Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
3.4
Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.5
Memahami makna taat kepada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan bekerja keras
3.6
Memahami makna toleransi dan kerukunan
3.7
Memahami bahaya perilaku tindak kekerasan dalam
kehidupan
3.8
Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
3.9
Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah
3.10
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan
3.11
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5)
: 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59;
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Kitab-kitab Suci yang diturunkan kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.5
Memperagakan tatacara penyelenggaraan jenazah
4.6
Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
4.7
Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari
akhir
1.2 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada
dan qadar
1.3 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman
(31) : 14 serta hadits terkait
2.2
Menunjukkan perilaku
hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan
hadits terkait
2.3
Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta
hadits terkait.
2.4
Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat
baik (ihsan) sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta
hadits terkait.
2.5
Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah
sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
2.6
Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar dan
bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7
Menunjukkan sika semangat melakukan penelitian di
bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan
Islam di dunia
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan
Q.S. Ali Imran (3) : 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis,
3.2
Menganalisis Q.S.. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik
(ihsan).
3.3
Memahami makna iman kepada hari akhir.
3.4
Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5
Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6
Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga
berdasarkan hukum Islam
3.7
Memahami ketentuan waris dalam Islam
3.8
Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.9
Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia
3.10
Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S. Ali
Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) :
190-191 dan Q.S.. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah (2) : 83
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Hari Akhir
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5
Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam
Islam
4.6
Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam
|
B-1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam
kehidupan bermasyarakat.
1.2
Menghayati isi dan makna
pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
2.2
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.3
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi,
politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, serta hukum.
2.4
Mengamalkan sikap toleransi antarumat beragama dan
kepercayaan dalam hidup
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara..
2.5
Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.6
Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip
musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
3.
Memahami , menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka
pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2
Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami bentuk dan kedaulatan Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.4
Memahami hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.5
Memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam
lingkup NKRI.
3.6
Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara
3.7
Menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam
membangun integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika.
3.8
Memahami pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyaji kasus–kasus
pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
4.2
Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3
Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.4
Menyaji hasil telaah hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.5
Menyaji hasil
telaah sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
4.6
Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.7
Menyaji hasil analisis tentang indikator ancaman
terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.8
Menyaji analisis tentang pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
4.9
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan
prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama,
ras, budaya, dan gender
4.10
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan
komitmen terhadap keutuhan nasional
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati perilaku yang
sesuai dengan prinsip-prinsip solidaritas yang dilandasi ajaran agama dan kepercayaan
yang dianutnya
1.2
Mengamalkan isi pasal 28E dan
29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
1.3
Menghayati persamaan
kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender,
golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
2.2
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
2.3
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
(ipoleksosbudhankam dan
hukum).
2.4
Menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika.
2.5
Menghayati budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran
bernegara kesatuan dalam konteks NKRI.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis konsep dan
nilai kebernegaraan yang bersumber dari Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
3.2
Menganalisis pasal-pasal
yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan
3.3
Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara,
kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4
Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara
3.5
Menganalisis praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam
masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
3.6
Menganalisis
perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3.7
Menganalisis macam-macam budaya politik di Indonesia
3.8
Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh negara dalam
mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.9
Menganalisis dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan
bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyaji hasil análisis tentang konsep dan nilai kebernegaraan yang
bersumber dari Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.2
Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.3
Menyaji hasil análisis
tentang sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara
dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4
Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara
4.5
Menyaji hasil analisis praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.6
Menyaji hasil análisis tentang perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.7
Menyaji hasil analisi tentang budaya politik di Indonesia
4.8
Menyaji hasil análisis tentang strategi untuk
mengatasi ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.9
Menyaji hasil análisis tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai
konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks
geopolitik
4.10
Berinteraksi dengan
teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai
dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
4.11
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan
komitmen terhadap keutuhan nasional
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengamalkan ketaatan terhadap agama dan kepercayaan yang dianut
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.2
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal 28E dan
29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3
Menghayati jiwa toleransi antarumat beragama dalam
kehidupan
berbangsa dan bernegara.
1.4
Menghargai karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat
komitmen negara kesatuan.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan
ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.2
Mengamalkan kesadaran
berkonstitusi berdasarkan pemahaman latar belakang, proses perumusan dan
pengesahan, serta perkembangan aktualisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.3
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
2.4
Mengamalkan tanggungjawab
warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5
Mengamalkan budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi
nasional dalam konteks NKRI.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentatif
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
3.2
Memahami pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan
kekuasaan kehakiman
3.3
Menganalisis
dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam
mewujudkan tujuan negara
3.4
Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagai warga negara
3.5
Mengevaluasi peran
Indonesia dalam hubungan Internasional
3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia
dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.7
Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentatif
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
4.2
Menyaji pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan
kekuasaan kehakiman
4.3
Menyaji hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di
pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam
mewujudkan tujuan negara
4.4
Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.5
Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam
hubungan internasional.
4.6
Menyaji hasil analisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan bangsa.
4.7
Menyaji hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.8
Berinteraksi dengan
teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai
dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender.
4.9
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan
komitmen terhadap keutuhan nasional.
|
0 Response to "LAMPIRAN KURIKULUM 2013 UNTUK MA/SMA "
Post a Comment