MAKALAH TENTANG HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN BAB I
B A B
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam Buku Jalan Menuju Ma’rifatullah dengan tahapan 7 M menjelaskan “
Ketegangan dan pertentangan antara Ilmu Tasawwuf dengan ilmu Filsafat mememang
dapat dimaklumi, sebab kedua ilmu ini mempunyai sudut pandang dan metode kajian
yang berbeda. Dalam mencapai suatu kebenaran yng hakiki, tasawwuf melaluinya
dengan berbagai metode latihan –latrihan rohani dan sangat menekankan unsur - unsur Psikologis ( batin =
kejiwaan ). Sedangkan dalam ilmu Filsafat, untuk mencapai pada kebenaran yang
hakiki sangat menekankan pada unsur logika akal ( rasional). Ketegangan dan
pertentangan antara kedua kajian ilmu ini masih terus berlanjut sampai pada
tingkat tertentu, muncul seorang ulama besar yang sanggup memperbaiki dan
mengharmonikan kedua kajian ilmu ini, ulama tersebut adalah Abu Hamid Muhammad
Al-Ghazali, atau lebih dikenal dengan sebutan Imam Al-Ghazali.”
Keberhasilan Imam
Al-Ghazali dalam menyelesaikan pertikaian faham
dan pemikiran di kalangan umaat Islam pada saat itu, sehingga ia pun
memperoleh gelar “ Hujjatul Islam “ yang
berti “ Argumentsi Islam “ atau “
Pembela Islam”. Selain pertentangan antara ilmu Tasawwuf dengan filsafat atau
dengan ilmu kalam dapat diselesaikannya, Imam Al-Ghazali juga amat berjasa
dalam menyatukan kaum muslimin di seluruh dunia dalam bidang teologi ( ilmu
tentang Ketuhanan ).
Uraian di atas menurut penulis menarik untuk dikaji lebih jauh. Pada
kesempatan ini penulis mencoba antar Filsafat dengan pendidikan apakah ada hubungannya atau tidak. Sehingga penulis
mencoba menelaah dengan mencari buku-buku sumber tentang kaitan antar filsafat
dengan pendidkan.
B.
BATASAN MASALAH
Dalam penulisan makalah ini penulis
membatasi permasalahan yang akan dikaji agar tidak melebar, diantara batasan
masalahnya antara lain yaitu :
1. Apa Pengertian Filsafat ?
2. Apa saja Obyek Filsafat itu ?
3. Apa yang Metode-metode filsafat
itu ?
4. Apa saja cirri-ciri filsafat itu ?
5. Dari mana asal berfilsafat ?
6. Bagainmana peran filsafat itu ?
7. Apa saja kegunaan filsafat itu ?
8. Apa pengertian Pendidkan ?
9. Adakah hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan ?
C. TUJUAN MASALAH
Dengan berdasarkan
kepada batasan masalah tersebut di atas, maka tujuan masalah yang ingin dicapai
penulis adalah :
1. Mengetahui Pengertian Filsafat .
2. Mengetahui Obyek Filsafat
3.
Mengetahui Metode-metode filsafat
4. Mengetahui cirri-ciri filsafat
5. Mengetahui asal mula berfilsafat
6. Mengetahui Bagainmana peran filsafat
7. Mengetahui kegunaan filsafat
8. Mengetahui pengertian Pendidkan
9. Mengetahui hubungan antara
Filsafat dengan Pendidikan
D. SISTEMATIKA PENULISAN
Dalam penulisan makalah ini penulis
menggunakan sitematika studi kepustakaan yaitu penulis mentelaah dari berbagai
buku sumber yang ada akitannya dengan pokok masalah yang sedang dibahas
penulis. Sehingga apabila dalam
penulisan makalah ini banyak kekurangan dan kealfaan penulis maaf .
0 Response to "MAKALAH TENTANG HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN BAB I"
Post a Comment