MAKALAH TENTANG HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN BAB I

MAKALAH TENTANG HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN BAB I





B A B  I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
           
Dalam Buku Jalan Menuju Ma’rifatullah dengan tahapan 7 M menjelaskan “ Ketegangan dan pertentangan antara Ilmu Tasawwuf dengan ilmu Filsafat mememang dapat dimaklumi, sebab kedua ilmu ini mempunyai sudut pandang dan metode kajian yang berbeda. Dalam mencapai suatu kebenaran yng hakiki, tasawwuf melaluinya dengan berbagai metode latihan –latrihan rohani dan sangat  menekankan unsur - unsur Psikologis ( batin = kejiwaan ). Sedangkan dalam ilmu Filsafat, untuk mencapai pada kebenaran yang hakiki sangat menekankan pada unsur logika akal ( rasional). Ketegangan dan pertentangan antara kedua kajian ilmu ini masih terus berlanjut sampai pada tingkat tertentu, muncul seorang ulama besar yang sanggup memperbaiki dan mengharmonikan kedua kajian ilmu ini, ulama tersebut adalah Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali, atau lebih dikenal dengan sebutan Imam Al-Ghazali.”

            Keberhasilan Imam Al-Ghazali dalam menyelesaikan pertikaian faham  dan pemikiran di kalangan umaat Islam pada saat itu, sehingga ia pun memperoleh  gelar “ Hujjatul Islam “ yang berti “ Argumentsi Islam “ atau  “ Pembela Islam”. Selain pertentangan antara ilmu Tasawwuf dengan filsafat atau dengan ilmu kalam dapat diselesaikannya, Imam Al-Ghazali juga amat berjasa dalam menyatukan kaum muslimin di seluruh dunia dalam bidang teologi ( ilmu tentang Ketuhanan ).    

Uraian di atas menurut penulis menarik untuk dikaji lebih jauh. Pada kesempatan ini penulis mencoba antar Filsafat dengan pendidikan apakah  ada hubungannya atau tidak. Sehingga penulis mencoba menelaah dengan mencari buku-buku sumber tentang kaitan antar filsafat dengan pendidkan.


B.    BATASAN MASALAH
Dalam penulisan makalah ini penulis membatasi permasalahan yang akan dikaji agar tidak melebar, diantara batasan masalahnya antara lain yaitu :
1.     Apa Pengertian Filsafat ?
2.     Apa saja Obyek  Filsafat itu ?
3.     Apa yang Metode-metode  filsafat itu ?
4.     Apa saja cirri-ciri filsafat itu ?
5.     Dari mana asal berfilsafat ?
6.     Bagainmana peran filsafat itu ?
7.     Apa saja kegunaan filsafat itu ?
8.     Apa pengertian Pendidkan ?
9.     Adakah hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan ?

C.  TUJUAN MASALAH
            Dengan berdasarkan kepada batasan masalah tersebut di atas, maka tujuan masalah yang ingin dicapai penulis adalah :
1.     Mengetahui Pengertian Filsafat .
2.     Mengetahui  Obyek  Filsafat
3.  Mengetahui  Metode-metode  filsafat
4.     Mengetahui cirri-ciri filsafat
5.     Mengetahui  asal mula  berfilsafat
6.     Mengetahui Bagainmana peran filsafat
7.     Mengetahui kegunaan filsafat
8.     Mengetahui  pengertian Pendidkan
9.     Mengetahui  hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan

D. SISTEMATIKA PENULISAN
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan sitematika studi kepustakaan yaitu penulis mentelaah dari berbagai buku sumber yang ada akitannya dengan pokok masalah yang sedang dibahas penulis.  Sehingga apabila dalam penulisan makalah ini banyak kekurangan dan kealfaan penulis maaf .


0 Response to "MAKALAH TENTANG HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PENDIDIKAN BAB I"