SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN EKONOMI
II. KOMPETENSI
DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran
langsung (direct teaching) dan tidak langsung (indirect teaching).
Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan,
kemampuan berpikir, dan keterampilan menggunakan pengetahuan melalui interaksi
langsung dengan sumber belajar yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan
langsung yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect).
Pembelajaran langsung dilaksanakan dalam proses pembelajaran Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan. Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran melalui keteladanan,
ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan memiliki dampak pengiring (nurturant
effect) terhadap pembentukan sikap dan perilaku siswa.
A. Kelas X
Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap
Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Siswa mampu:
3.1
mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
4.1
mengidentifikasi kelangkaan dan biaya
peluang dalam memenuhi kebutuhan
|
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
·
Pengertian ilmu ekonomi
·
Masalah ekonomi (Kelangkaandan kebutuhan
yang relatif tidak terbatas)
·
Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala
prioritas
·
Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan
·
Biaya peluang (opportunity cost)
·
Prinsip ekonomi
·
Motif ekonomi
·
Pembagian ilmu ekonomi
·
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan,
prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)
|
·
Mengamati dan membaca berbagai sumber
belajar yang relevan tentang konsep ilmu ekonomi
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat klarifikasi tentang
konsep ilmu ekonomi
·
Melakukan identifikasi
tentang kelangkaan dan biaya
peluangserta membuat pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta
menyimpulkan tentang konsep ilmu ekonomi
·
Menyajikan hasil identifikasi tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bagian dari
konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai
sumber belajar yang relevan secara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.2 menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
4.2 menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
|
Masalah Pokok Ekonomi
·
Permasalahan pokok ekonomi Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi)
dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi
Sistem Ekonomi
·
Pengertian sistem ekonomi
·
Macam-macam sistem ekonomi
·
Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem
ekonomi
Sistem Perekonomian Indonesia
·
Karakteristik perekonomian Indonesia
menurut UUD 1945 Pasal 33
·
Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia
menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)
|
·
Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk
lingkungan sekitar) tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk
memperdalam dan mengklarifikasi tentangmasalah ekonomi dan sistem ekonomi
·
Mengumpulkan data dan informasi pendukung
melalui observasi/pengamatan dan atau wawancara kepada narasumber tentang
masalah ekonomi dan sistem ekonomi dari sumber yang relevan
·
Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh
tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk membuat pola hubungan antara
masalah ekonomi dengan sistem ekonomi serta mendapatkan kesimpulan
·
Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomisecara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.3 menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
4.3 menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
4.4
|
Kegiatan Ekonomi
·
Produksi (Pengertian produksi,
faktor-faktor produksi, teori perilaku produsen, konsep biaya produksi,
konsep penerimaan, dan laba maksimum)
·
Distribusi (Pengertian distribusi,
faktor-faktor yang memengaruhi distribusi, mata rantai distribusi)
·
Konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan
konsumsi, faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen)
Pelaku Ekonomi
·
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga
Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan
Masyarakat Luar Negeri
·
Peran pelaku ekonomi
·
Model diagram interaksi antarpelaku ekonomi
(circular flow diagram) sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan
empat sector
|
·
Mengamatiperan pelaku ekonomi dalam
kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dari berbagai sumber belajar yang relevan
(termasuk lingkungan sekitar)
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·
Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh
tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·
Menyajikan hasil analisis peran pelaku
ekonomi dalambentuk diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)sederhana (dua
sektor), tiga sektor, dan empat sektor secara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.4
mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan
pasar dan struktur pasar
4.4
menyajikan hasil pengamatan tentang
perubahan harga dan kuantitas keseimbangan
di pasar
|
Permintaan dan Penawaran
·
Pengertian permintaan dan penawaran
·
Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan
dan penawaran
·
Fungsi permintaan
dan penawaran
·
Hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya
·
Kurva permintaan dan kurva penawaran
·
Pergerakan di sepanjang kurva dan
pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·
Proses terbentuknya keseimbangan pasar
·
Elastisitas permintaan dan penawaran
Peran pasar dalam perekonomian
·
Pengertian pasar
·
Peran pasar dalam perekonomian
·
Macam-macam pasar
·
Struktur pasar/ bentuk pasar
·
Peran Iptek
terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
|
·
Mengamati dan membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevantentangterbentuknya
keseimbangan pasar (permintaan, penawaran dan harga keseimbangan) dan
struktur pasar
·
Melakukan observasi/pengamatan dan
wawancara kepada narasumber untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang
terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
·
Mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data
hasil pengamatan/wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan
struktur pasar
·
Menyajikan hasil pengamatan tentang
perubahan harga dan kuantitas keseimbangan
di pasar secara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.5
mendeskripsikan bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
4.5
menyajikan peran bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
|
Bank Sentral
· Pengertian bank sentral
· Tujuan, fungsi, tugas dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia
Sistem Pembayaran
·
Pengertian sistem pembayaran
·
Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam
sistem pembayaran
·
Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai
oleh Bank Sentral Republik Indonesia
Alat Pembayaran Tunai (Uang)
·
Sejarah uang
·
Pengertian uang
·
Fungsi, jenis, dan syarat uang
·
Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral
Republik Indonesia
·
Unsur pengaman uang rupiah
·
Pengelolaan keuangan
Alat Pembayaran Nontunai
·
Pengertian alat pembayaran nontunai
·
Jenis-jenis alat pembayaran nontunai
|
·
Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran
·
Berdiskusi untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang bank
sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·
Menemukan contoh-contoh alat pembayaran
tunai dan notunai serta fungsinya dalam perekonomian Indonesia
·
Menyimpulkan hubungan antara bank sentral,
sistem pembayaran dan alat pembayaran
·
Menyajikan peran bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia secara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.6 mendeskripsikan lembaga jasa keuangan dalam perekonomian
Indonesia
4.6
menyajikan tugas,
produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia.
3.7
|
Otoritas Jasa Keuangan
· Pengertian
· Tujuan, peran/fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan
Lembaga Jasa Keuangan
Perbankan
· Pengertian bank
· Fungsi bank
· Jenis bank
· Prinsip kegiatan usaha bank(konvensional dan syariah)
· Produk bank
·
Lembaga Penjamin
Simpanan (LPS)
Pasar Modal
· Pengertian pasar modal
· Fungsi pasar modal
· Peran pasar modal
· Lembaga penunjang pasar modal
· Instrumen/ produk pasar modal
· Mekanisme transaksi di pasar modal
· Investasi di pasar modal
Perasuransian
· Pengertian asuransi
· Fungsi asuransi
· Peran asuransi
· Jenis asuransi
· Prinsip kegiatan usaha asuransi
· Produk asuransi
Dana Pensiun
· Pengertian dana pensiun
· Fungsi dana pensiun
· Peran dana pensiun
· Jenis dana pensiun
· Prinsip kegiatan usaha dana pensiun
· Produk dana pensiun
Lembaga Pembiayaan
· Pengertian lembaga pembiayaan
· Fungsi lembaga pembiayaan
· Peran lembaga pembiayaan
· Jenis lembaga pembiayaan
· Prinsip kegiatan usaha lembaga pembiayaan
· Produk lembaga pembiayaan
Pergadaian
· Pengertian pergadaian
· Fungsi pergadaian
· Peran pergadaian
· Jenis pergadaian
· Prinsip kegiatan usaha pergadaian
· Produk pergadaian
|
·
Membaca referensi dari berbagai sumber
belajar yang relevantentanglembaga jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mendapatkan
klarifikasi tentang lembaga jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia
·
Mengumpulkan data dan informasi pendukung
dari sumber utama melalui observasi dan atau wawancara tentang Otoritas Jasa
Keuangan, perbankan, pasar modal dan Industri
Keuangan Non Bank (IKNB)
·
Membuat pola hubungan
antara Otoritas Jasa Keuangandan lembaga jasa keuanganserta menyimpulkan tentang lembaga jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia
·
Menyajikan tugas,
produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesiasecara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.7
mendeskripsikan konsep manajemen
4.7
mengimplementasikan fungsi manajemen dalam
kegiatan sekolah
3.8
3.9
|
Manajemen
·
Pengertian manajemen
·
Unsur-unsur manajemen
·
Fungsi-fungsi manajemen
·
Bidang-bidang manajemen
·
Penerapan fungsi manajemen dalam
kegiatan di sekolah
|
·
Membaca referensi yang relevan tentang konsep manajemen
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk
memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang konsep manajemen
·
Secara berkelompok merancang penerapan
konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah
·
Menyampaikan laporan tentang rancangan penerapan
konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah secara lisan dan tulisan
|
Siswa mampu:
3.8
mendeskripsikan konsep badan usaha dalam
perekonomian Indonesia
4.8
menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan
badan usaha dalam perekonomian
Indonesia
3.9
|
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan
Usaha Milik Daerah (BUMD)
·
Pengertian BUMN dan BUMD
·
Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian
·
Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
·
Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD
·
Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
·
Pengertian BUMS
·
Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS
·
Peran BUMS dalam perekonomian
·
Bentuk-bentuk BUMS
·
Kekuatan dan kelemahan BUMS
·
Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS
·
Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
·
Studi Kelayakan Usaha (business plans)
|
·
Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·
Berdiskusidan tanya
jawab untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·
Menyimpulkan dan
membuat pola hubungan antara BUMN, BUMD dan BUMS berdasarkan informasi yang
diperoleh
·
Secara berkelompok
membuat dan melaporkan rancangan Studi Kelayakan Usaha (business plans)
sederhana
·
Menyajikan secara lisan dan tulisantentang peran,
fungsi, dan kegiatan badan usaha
|
Siswa mampu:
3.9
mendeskripsikan perkoperasian dalam
perekonomian Indonesia
4.9
mengimplementasikan pengelolaan
koperasi di sekolah
|
Perkoperasian
· Sejarah perkembangan koperasi
·
Pengertian koperasi
·
Landasan dan asas koperasi
·
Tujuan koperasi
·
Ciri-ciri koperasi
·
Prinsip-prinsipkoperasi
·
Fungsi dan peran koperasi
·
Jenis-jenis koperasi
Pengelolaan Koperasi
·
Perangkat organisasi koperasi
· Sumber permodalan koperasi
· Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi
· Prosedur pendirian koperasi
· Tahapan pendirian/ pengembangan koperasi di sekolah
· Simulasi pendirian koperasi di sekolah
|
·
Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
·
Berdiskusi dan tanya
jawabuntuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang perkoperasian dan melakukan wawancara kepada narasumber tentang
pengelolaan koperasi
·
Membuat pola
hubungan dan menyimpulkan perkoperasian dan pengelolaan koperasi berdasarkan data/informasi yang
diperoleh
·
Menyimulasikan pengelolaan koperasi di
sekolah
·
Menyampaikan laporan tertulis tentang
implementasi pengelolaan koperasi di
sekolah
|
0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN EKONOMI"
Post a Comment