SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN EKONOMI

SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN EKONOMI

 



II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran langsung (direct teaching) dan tidak langsung (indirect teaching). Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan menggunakan pengetahuan melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect). Pembelajaran langsung dilaksanakan dalam proses pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan. Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan memiliki dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pembentukan sikap dan perilaku siswa.

A.   Kelas X

Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1   mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
4.1   mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan



Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
·      Pengertian ilmu ekonomi
·      Masalah ekonomi (Kelangkaandan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
·      Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·      Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
·      Biaya peluang (opportunity cost)
·      Prinsip ekonomi
·      Motif ekonomi
·      Pembagian ilmu ekonomi
·      Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

·    Mengamati dan membaca berbagai sumber belajar yang relevan tentang  konsep ilmu ekonomi
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat klarifikasi tentang konsep ilmu ekonomi
·    Melakukan identifikasi tentang kelangkaan dan biaya peluangserta membuat pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta menyimpulkan tentang konsep ilmu ekonomi
·    Menyajikan hasil identifikasi  tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bagian dari konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.2     menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
4.2     menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi




Masalah Pokok Ekonomi
·      Permasalahan pokok ekonomi  Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi
Sistem Ekonomi
·      Pengertian sistem ekonomi
·      Macam-macam sistem ekonomi
·      Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi

Sistem Perekonomian Indonesia
·       Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
·       Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)

·    Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar) tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentangmasalah ekonomi dan sistem ekonomi
·    Mengumpulkan data dan informasi pendukung melalui observasi/pengamatan dan atau wawancara kepada narasumber tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi dari sumber yang relevan
·    Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk membuat pola hubungan antara masalah ekonomi dengan sistem ekonomi serta mendapatkan  kesimpulan
·    Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomisecara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.3  menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
4.3 menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

4.4          





Kegiatan Ekonomi
·       Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum)
·       Distribusi (Pengertian distribusi, faktor-faktor yang memengaruhi distribusi, mata rantai distribusi)
·      Konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen)
Pelaku Ekonomi
·     Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri
·     Peran pelaku ekonomi
·     Model diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)  sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sector

·    Mengamatiperan pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dari berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar)
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·    Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·    Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalambentuk diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sektor secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.4     mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
4.4     menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar

Permintaan dan Penawaran
·     Pengertian permintaan dan penawaran
·     Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
·     Fungsi permintaan dan penawaran
·     Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·     Kurva permintaan dan kurva penawaran
·     Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·     Proses terbentuknya keseimbangan pasar
·     Elastisitas permintaan dan penawaran

Peran pasar dalam perekonomian
·     Pengertian pasar
·     Peran pasar dalam perekonomian
·     Macam-macam pasar
·     Struktur pasar/ bentuk pasar
·     Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

·    Mengamati dan membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevantentangterbentuknya keseimbangan pasar (permintaan, penawaran dan harga keseimbangan) dan struktur pasar
·    Melakukan observasi/pengamatan dan wawancara kepada narasumber untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
·    Mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data hasil pengamatan/wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
·    Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar secara lisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.5     mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
4.5     menyajikan peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia



Bank Sentral
·   Pengertian bank sentral
·   Tujuan, fungsi, tugas dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia

Sistem Pembayaran
·   Pengertian sistem pembayaran
·   Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem pembayaran
·   Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia

Alat Pembayaran Tunai (Uang)
·      Sejarah uang
·      Pengertian uang
·      Fungsi, jenis, dan syarat uang
·      Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik Indonesia
·      Unsur pengaman uang rupiah
·      Pengelolaan keuangan

Alat Pembayaran Nontunai
·      Pengertian alat pembayaran nontunai
·      Jenis-jenis alat pembayaran nontunai

·   Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Berdiskusi untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menemukan contoh-contoh alat pembayaran tunai dan notunai serta fungsinya dalam perekonomian Indonesia
·   Menyimpulkan hubungan antara bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menyajikan peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia secara lisan dan tulisan

Siswa mampu:
3.6   mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
4.6   menyajikan tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia.

3.7          


Otoritas Jasa Keuangan
·      Pengertian
·      Tujuan, peran/fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan

Lembaga Jasa Keuangan
Perbankan
·      Pengertian bank
·      Fungsi bank
·      Jenis bank
·      Prinsip kegiatan usaha bank(konvensional dan syariah)
·       Produk bank
·       Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Pasar Modal
·       Pengertian pasar modal
·       Fungsi pasar modal
·       Peran pasar modal
·       Lembaga penunjang pasar modal
·       Instrumen/ produk pasar modal
·       Mekanisme transaksi di pasar modal
·       Investasi di pasar modal

Perasuransian
·       Pengertian asuransi
·       Fungsi asuransi
·       Peran asuransi
·       Jenis asuransi
·       Prinsip kegiatan usaha asuransi
·       Produk  asuransi

Dana Pensiun
·       Pengertian dana pensiun
·       Fungsi dana pensiun
·       Peran dana pensiun
·       Jenis dana pensiun
·       Prinsip kegiatan usaha dana pensiun
·       Produk  dana pensiun

Lembaga Pembiayaan
·       Pengertian lembaga pembiayaan
·       Fungsi lembaga pembiayaan
·       Peran lembaga pembiayaan
·       Jenis lembaga pembiayaan
·       Prinsip kegiatan usaha lembaga pembiayaan
·       Produk  lembaga pembiayaan

Pergadaian
·       Pengertian pergadaian
·       Fungsi pergadaian
·       Peran pergadaian
·       Jenis pergadaian
·       Prinsip kegiatan usaha pergadaian
·       Produk  pergadaian

·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevantentanglembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Mengumpulkan data dan informasi pendukung dari sumber utama melalui observasi dan atau wawancara tentang Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, pasar modal dan Industri  Keuangan Non Bank (IKNB)
·    Membuat pola hubungan antara Otoritas Jasa Keuangandan lembaga jasa keuanganserta menyimpulkan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
·    Menyajikan tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesiasecara lisan dan tulisan


Siswa mampu:
3.7   mendeskripsikan konsep manajemen
4.7   mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
3.8          
3.9          


Manajemen
·      Pengertian manajemen
·      Unsur-unsur manajemen
·      Fungsi-fungsi manajemen
·      Bidang-bidang manajemen
·      Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan  di sekolah



·    Membaca referensi  yang relevan tentang konsep manajemen
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang konsep manajemen
·    Secara berkelompok merancang penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah
·    Menyampaikan laporan tentang rancangan penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah secara lisan dan tulisan
Siswa mampu:
3.8   mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4.8   menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha  dalam perekonomian Indonesia

3.9          


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
·       Pengertian BUMN dan BUMD
·       Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian
·       Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
·       Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD
·       Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD

Badan Usaha Milik  Swasta (BUMS)
·       Pengertian BUMS
·       Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS
·       Peran BUMS dalam perekonomian
·       Bentuk-bentuk BUMS
·       Kekuatan dan kelemahan BUMS
·       Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS
·       Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
·         Studi Kelayakan Usaha (business plans)

·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusidan tanya jawab untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Menyimpulkan dan membuat pola hubungan antara BUMN, BUMD dan BUMS  berdasarkan informasi yang diperoleh
·    Secara berkelompok membuat dan melaporkan rancangan Studi Kelayakan Usaha (business plans) sederhana
·    Menyajikan secara lisan dan tulisantentang peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha


Siswa mampu:
3.9   mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
4.9   mengimplementasikan pengelolaan koperasi  di sekolah



Perkoperasian
·      Sejarah perkembangan koperasi
·      Pengertian koperasi
·      Landasan dan asas koperasi
·      Tujuan koperasi
·      Ciri-ciri koperasi
·      Prinsip-prinsipkoperasi
·      Fungsi dan peran koperasi
·      Jenis-jenis koperasi

Pengelolaan Koperasi
·      Perangkat organisasi koperasi
·      Sumber permodalan koperasi
·      Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi
·      Prosedur pendirian koperasi
·      Tahapan pendirian/ pengembangan koperasi di sekolah
·      Simulasi pendirian koperasi di sekolah


·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusi dan tanya jawabuntuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang perkoperasian dan melakukan wawancara kepada narasumber tentang pengelolaan koperasi
·    Membuat pola hubungan  dan menyimpulkan perkoperasian dan pengelolaan koperasi berdasarkan data/informasi yang diperoleh
·    Menyimulasikan pengelolaan koperasi di sekolah
·    Menyampaikan laporan tertulis tentang implementasi pengelolaan koperasi  di sekolah


0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN EKONOMI"