MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH

 FOTO SMK GLOBAL JATITUJUH MAJALENGKA
 “Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global Jatitujuh”.



BAB I    PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dunia Pendidikan dewasa ini semakin maju seiring dengan  perkembangan teknologi, banyak perubahan dilakukan disetiap elemen pendidikan, akan tetapi semua itu berujung kepada satu tujuan yaitu perbaikan disetiap aspek guna memperbaiki sistem dan kualitas Pendidikan Indonesia.
Dunia pendidikan tingkat sekolah menengah atas, khususnya pada sekolah menengah kejuruan yang lebih menitikberatkan anak didiknya agar dapat berkreasi dan berinovasi semakin berlomba-lomba dalam memajukan sekolahnya masing – masing, itu semua tidak lain untuk bekal anak didik mereka ketika memasuki dunia kerja, yang akan menjadi dunia baru bagi mereka ketika sudah lulus sekolah.
Dari segi mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Kejuruan, ada beberapa mata pelajaran yang bersifat sebagai penunjang bagi para siswanya ketika sudah lulus, seperti yang kita tahu bahwa di Sekolah Kejuruan ada mata pelajaran kompetensi keahlian dimana pelajaran tersebut adalah pelajaran yang pada nantinya akan menjadi keahlian mereka.
Selain mata pelajaran kompetensi keahlian sebagai penunjang siswa ketika sudah lulus, salah satu mata pelajaran yang diberikan oleh pihak sekolah untuk mempersiapkan anak didik mereka adalah pelajaran Bahasa Jepang, yang masuk kedalam mata pelajaran muatan lokal, ini sangat beralasan sekali karena memang salah satu tujuan kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan adalah kawasan asia bagian timur, khususnya Negara Jepang.
Akan tetapi dalam kenyataanya, banyak sekali anak didik yang kurang mencerna pelajaran tersebut, sangat wajar sekali karena memang Bahasa Jepang bukanlah bahasa yang mudah dimengerti, tidak seperti bahasa lain, bukan saja dalam segi penulisan yang berbeda akan tetapi dari segi pengucapannya pun juga berbeda dengan bahasa lainnya.
siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran karena dalam prosesnya mereka disuguhi dengan kosakata serta aksen bahasa tersebut, akan berbeda apabila dalam proses pembelajaran siswa diikuti dengan bentuk visualisasinya, siwa akan lebih mudah mencerna pelajaran tersebut.
Dari latar belakang itulah penulis tergerak untuk membuat sebuah bentuk visualisasi pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan khususnya dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang, yaitu “Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global Jatitujuh”.
1.2 Identifikasi Masalah
Dari latar belakang diatas maka penulis dapat menentukan Identifikasi Masalahnya adalah sebagai berikut :
1)Siswa mengalami kesulitan dalam hal penulisan huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
2)Siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
3) Siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman kosakata Bahasa Jepang
1.3 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut :
1)Bagaimana membuat sebuah bentuk visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2)Bagaimana membuat visualisasi secara bertahap mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan kosakata Bahasa Jepang
3)Visualisasi ini akan menjelaskan tentang pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana yang dilengkapi dengan gambar animasi dan suara.
1.4 Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :
1)  Pengadaan bahan pelajaran, kosa kata, tata bahasa, akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yaitu hanya pada ruang lingkup yang ada di SMK Global Jatitujuh saja.
2) Karakter Bahasa Jepang yang dibahas diupayakan yang tidak terlalu rumit dan hanya terdiri dari satu karakter saja.
3) Karakter Bahasa Jepang yang akan dibahas ruang lingkupnya hanya Bahasa Hiragana
4) Pembuatan Visualisasi menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.
1.5       Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan penulis, maka tujuan dari pembuatan visualisasi ini adalah :
1) Ingin membuat sebuah bentuk visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2) Membuat visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan kosakata Bahasa Jepang.
3)Membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang
1.6 Manfaat Tugas Akhir
1) Manfaat Bagi Penulis
Dalam pembuatan visualisasi ini penulis sendiri dapat lebih belajar mengenai Bahasa Jepang dan penulis juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam hal penelitian dan pembuatan sebuah bentuk visualisasi pembelajaran.
2)Manfaat Bagi Guru dan Siswa
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari tugas akhir ini antara lain yaitu :
1)Dalam proses pembelajaran guru juga akan terbantu dengan adanya aplikasi ini karena akan lebih mudah dalam menjelaskan kosakata
2) Siswa akan merasa terbantu dalam pemahaman kosakata dengan diiringi oleh visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang
3) Siswa dapat belajar sendiri mengenai kosakata Bahasa Jepang dengan adanya visualisasi ini, karena pada nantinya siswa akan lebih mudah memahami kosakata karena sudah dilengkapi dengan gambar, animasi dan suara.

1.7  Metodologi Pengembangan Sistem
Adapun metodologi pengembangan sistem yang akan digunakan oleh penulis dalam pembuatan visualisasi ini adalah metodologi alur visualisasi. Alur visualisasi ini menjelaskan tentang formulasi masalah yang meliputi hal-hal penting dalam menghasilkan formulasi masalah yaitu :
1)Identifikasi keputusan dan variabel tidak dapat dikontrol,
2)Spesifikasi pembatas variabel keputusan,
3)Mendefinisikan ukuran kinerja sistem fungsi tujuan dan
4)Pengembangan model struktur awal yang menghubungkan variabel sistem dan ukuran kinerja
1.8   Time Schedule
Tabel 1.1. Jadwal kegiatan Tugas Akhir
No
Kegiatan
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1
Proposal Tugas Akhir
























2
Analisis Data
























3
Perancangan Sistem
























4
Pemrograman 
























5
Bimbingan Tugas Akhir
























6
Penyelesaian Laporan
























7
Seminar tugas Akhir
























8
Sidang Tugas Akhir
























1.9 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan tugas akhir  ini dibagi menjadi 6 (enam) bab. Berikut penjelasan tentang masing-masing bab :

BAB I       PENDAHULUAN

Pada bab ini memaparkan tentang latar belakang, rumusan masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, manfaat, tujuan, metodologi, time schedule dan sistematika penulisan.

BAB II     LANDASAN TEORI

Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang dipakai dalam mendukung pembuatan Tugas Akhir.
BAB III           VISUALISASI
Menjelaskan tentang penelitian mengenai proses pembuatan visualisasi pembelajaran yang meliputi teknik penulisan dan pelafalan huruf Hiragana yang akan dibuat.
BAB IV    PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini menjelaskan tentang perancangan sistem yang berupa story board yang menjelaskan kerja dari visualisasi pembelajaran bahasa jepang yang dibuat.
BAB V IMPLEMENTASI
Pada bab ini menjelaskan tentang program yang dibuat.
BAB VI    PENUTUP     
Pada bab ini berisikan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan dan saran yang diajukan untuk pengembangan lebih lanjut agar hasil yang tercapai lebih baik lagi..

0 Response to "MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH"