FOTO SMK GLOBAL JATITUJUH MAJALENGKA
“Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global Jatitujuh”.
“Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global Jatitujuh”.
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dunia
Pendidikan dewasa ini semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perubahan
dilakukan disetiap elemen pendidikan, akan tetapi semua itu berujung kepada
satu tujuan yaitu perbaikan disetiap aspek guna memperbaiki sistem dan kualitas
Pendidikan Indonesia.
Dunia
pendidikan tingkat sekolah menengah atas, khususnya pada sekolah menengah
kejuruan yang lebih menitikberatkan anak didiknya agar dapat berkreasi dan
berinovasi semakin berlomba-lomba dalam memajukan sekolahnya masing – masing,
itu semua tidak lain untuk bekal anak didik mereka ketika memasuki dunia kerja,
yang akan menjadi dunia baru bagi mereka ketika sudah lulus sekolah.
Dari segi
mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Kejuruan, ada beberapa mata pelajaran
yang bersifat sebagai penunjang bagi para siswanya ketika sudah lulus, seperti
yang kita tahu bahwa di Sekolah Kejuruan ada mata pelajaran kompetensi keahlian
dimana pelajaran tersebut adalah pelajaran yang pada nantinya akan menjadi keahlian
mereka.
Selain mata
pelajaran kompetensi keahlian sebagai penunjang siswa ketika sudah lulus, salah
satu mata pelajaran yang diberikan oleh pihak sekolah untuk mempersiapkan anak
didik mereka adalah pelajaran Bahasa Jepang, yang masuk kedalam mata pelajaran
muatan lokal, ini sangat beralasan sekali karena memang salah satu tujuan kerja
dari lulusan sekolah menengah kejuruan adalah kawasan asia bagian timur,
khususnya Negara Jepang.
Akan tetapi
dalam kenyataanya, banyak sekali anak didik yang kurang mencerna pelajaran
tersebut, sangat wajar sekali karena memang Bahasa Jepang bukanlah bahasa yang
mudah dimengerti, tidak seperti bahasa lain, bukan saja dalam segi penulisan
yang berbeda akan tetapi dari segi pengucapannya pun juga berbeda dengan bahasa
lainnya.
siswa
mengalami kesulitan dalam pembelajaran karena dalam prosesnya mereka disuguhi
dengan kosakata serta aksen bahasa tersebut, akan berbeda apabila dalam proses
pembelajaran siswa diikuti dengan bentuk visualisasinya, siwa akan lebih mudah
mencerna pelajaran tersebut.
Dari latar
belakang itulah penulis tergerak untuk membuat sebuah bentuk visualisasi
pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah
Kejuruan khususnya dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang, yaitu “Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang
Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global
Jatitujuh”.
1.2 Identifikasi
Masalah
Dari latar
belakang diatas maka penulis dapat menentukan Identifikasi Masalahnya adalah
sebagai berikut :
1)Siswa mengalami kesulitan dalam
hal penulisan huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
2)Siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan
huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
3) Siswa mengalami kesulitan dalam
pemahaman kosakata Bahasa Jepang
1.3 Rumusan
Masalah
Sesuai
dengan latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan masalahnya sebagai
berikut :
1)Bagaimana membuat sebuah bentuk
visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2)Bagaimana membuat visualisasi
secara bertahap mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan kosakata Bahasa
Jepang
3)Visualisasi ini akan menjelaskan
tentang pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana yang dilengkapi dengan
gambar animasi dan suara.
1.4 Batasan
Masalah
Dalam hal
ini penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :
1) Pengadaan bahan pelajaran, kosa
kata, tata bahasa, akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yaitu hanya pada
ruang lingkup yang ada di SMK Global Jatitujuh saja.
2) Karakter Bahasa Jepang yang dibahas diupayakan yang tidak terlalu
rumit dan hanya terdiri dari satu karakter saja.
3) Karakter Bahasa Jepang yang akan dibahas ruang lingkupnya hanya Bahasa
Hiragana
4) Pembuatan Visualisasi menggunakan aplikasi Macromedia
Flash 8.
1.5
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang
diajukan penulis, maka tujuan dari pembuatan visualisasi ini adalah :
1) Ingin membuat sebuah bentuk visualisasi
pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2) Membuat visualisasi pembelajaran
Bahasa Jepang mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan kosakata Bahasa
Jepang.
3)Membantu siswa dan guru dalam
proses pembelajaran Bahasa Jepang
1.6 Manfaat
Tugas Akhir
1) Manfaat Bagi Penulis
Dalam
pembuatan visualisasi ini penulis sendiri dapat lebih belajar mengenai Bahasa
Jepang dan penulis juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam hal
penelitian dan pembuatan sebuah bentuk visualisasi pembelajaran.
2)Manfaat Bagi Guru dan Siswa
Adapun
manfaat yang ingin dicapai dari tugas akhir ini antara lain yaitu :
1)Dalam proses pembelajaran guru
juga akan terbantu dengan adanya aplikasi ini karena akan lebih mudah dalam
menjelaskan kosakata
2) Siswa akan merasa terbantu dalam
pemahaman kosakata dengan diiringi oleh visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang
3) Siswa dapat belajar sendiri
mengenai kosakata Bahasa Jepang dengan adanya visualisasi ini, karena pada
nantinya siswa akan lebih mudah memahami kosakata karena sudah dilengkapi
dengan gambar, animasi dan suara.
1.7 Metodologi
Pengembangan Sistem
Adapun metodologi
pengembangan sistem yang akan digunakan oleh penulis dalam pembuatan
visualisasi ini adalah metodologi alur visualisasi. Alur visualisasi ini menjelaskan tentang formulasi masalah yang meliputi hal-hal penting
dalam menghasilkan formulasi masalah yaitu :
1)Identifikasi
keputusan dan variabel tidak dapat dikontrol,
2)Spesifikasi pembatas
variabel keputusan,
3)Mendefinisikan ukuran
kinerja sistem fungsi tujuan dan
4)Pengembangan model
struktur awal yang menghubungkan variabel sistem dan ukuran kinerja
1.8 Time
Schedule
Tabel 1.1. Jadwal kegiatan Tugas
Akhir
No
|
Kegiatan
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1
|
Proposal Tugas
Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
Analisis Data
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
Perancangan
Sistem
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
Pemrograman
|
||||||||||||||||||||||||
5
|
Bimbingan Tugas
Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
6
|
Penyelesaian
Laporan
|
||||||||||||||||||||||||
7
|
Seminar tugas
Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
8
|
Sidang Tugas
Akhir
|
1.9 Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan laporan tugas akhir ini dibagi menjadi 6 (enam) bab. Berikut
penjelasan tentang masing-masing bab :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini memaparkan tentang latar belakang, rumusan masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, manfaat, tujuan, metodologi, time schedule dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang dipakai dalam mendukung
pembuatan Tugas Akhir.
BAB III VISUALISASI
Menjelaskan tentang penelitian mengenai proses pembuatan
visualisasi pembelajaran yang meliputi teknik penulisan dan pelafalan huruf Hiragana yang akan
dibuat.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Pada
bab ini menjelaskan tentang perancangan sistem yang berupa story board yang
menjelaskan kerja dari visualisasi pembelajaran bahasa jepang yang dibuat.
BAB V IMPLEMENTASI
Pada bab ini menjelaskan tentang program yang
dibuat.
BAB VI PENUTUP
Pada
bab ini berisikan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan dan saran
yang diajukan untuk pengembangan lebih lanjut agar hasil yang tercapai lebih
baik lagi..
0 Response to "MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH"
Post a Comment