“Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang
Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global
Jatitujuh”.
Gedung SMK Global Jatitujuh
BAB II DALAM LANDASAN
TEORI
2.1. Visualisasi
2.1.1. Pengertian Visualisasi
Visualisasi
adalah suatu bentuk penyampaian informasi yang digunakan untuk menjelaskan
sesuatu dengan gambar, animasi atau diagram yang bisa dieksplor, dihitung dan
dianalisis datanya. Menurut McCormick (et al.,1987), visualisasi memberikan
cara untuk melihat yang tidak terlihat. Beberapa hal yang menyusun terbentuknya
visualisasi :
1) Penggunaan
tanda-tanda (signs)
2) Gambar
(drawing)
3) Lambang dan
simbol
4) Ilmu dalam
penulisan huruf (tipografi)
5) Ilustrasi
dan warna
Visualisasi
merupakan upaya manusia dalam mendeskripsikan maksud tertentu menjadi sebuah
bentuk informasi yang lebih mudah dipahami, biasanya pada jaman sekarang manusia menggunakan computer, akan
tetapi pada jaman dulu juga sebenarnya sudah ada bentuk visualisasi hanya saja
bentuknya tidak menggunakan teknologi, akan tetapi hanya kepada bentuk gambar
saja. Contohnya adalah relief yang ada pada candi-candi yang dibuat pada jaman
dulu, itu juga merupakan sebuah bentuk visualisasi dalam bentuk gambar.
Pada saat
ini visualisasi berkembang dengan perkembangan teknologi, diantaranya rekayasa,
visualisasi disain produk, pendidikan,
multimedia interaktif, kedokteran, dll. Pada dasarnya visualisasi
digunakan untuk mendiagnosa dan menganalisis data yang ditampilkan agar dapat
memprediksi kesimpulan. Pemakaian dari grafika komputer merupakan perkembangan
penting dalam dunia visualisasi, setelah ditemukannya teknik garis perspektif
pada zaman Renaissance.
2.1.2. Dukungan Komputer dalam proses Visualisasi Informasi
Visualisasi
Informasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk
penampilan suatu informasi, Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik
yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban
manusia. Contoh visualisasi informasi struktur tree dan grafik.
Visualisasi
Informasi sangat dibutuhkan oleh kita, salah satunya adalah untuk pengenalan
pola, selain itu gambar animasi dapat membedakan perjalanan waktu serta warna
dapat membantu perbedaan. Beberapa tujuan dari Visualisasi Informasi yaitu
sebagai berikut :
1)
Mengeksplor
2)
Menghitung
3)
Menyampaikan
Dalam
proses visualisasi informasi erat sekali kaitannya dengan komputer, dan berikut
beberapa dukungan komputer dalam proses visualisasi informasi :
1) Menyimpan Data Komputer. Komputer memungkinan teknik penyimpanan
data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan
kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital
2) Proses Komputasi. Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada
data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi.
3)
Penyajian Informasi. Komputer memungkinkan penyajian informasi ke
dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan.
([TAU] Taufikprasetyo, “Visualisasi Informasi”, Mei 2010,
1.1. Animasi
0 Response to "MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH BAB II LANDASAN TEORI"
Post a Comment