MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH BAB II LANDASAN TEORI

“Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global Jatitujuh”.

Gedung SMK Global Jatitujuh



BAB II DALAM LANDASAN TEORI

2.1.    Visualisasi
2.1.1. Pengertian Visualisasi
Visualisasi adalah suatu bentuk penyampaian informasi yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu dengan gambar, animasi atau diagram yang bisa dieksplor, dihitung dan dianalisis datanya. Menurut McCormick (et al.,1987), visualisasi memberikan cara untuk melihat yang tidak terlihat. Beberapa hal yang menyusun terbentuknya visualisasi :
1) Penggunaan tanda-tanda (signs)
2) Gambar (drawing)
3) Lambang dan simbol
4) Ilmu dalam penulisan huruf (tipografi)
5) Ilustrasi dan warna
Visualisasi merupakan upaya manusia dalam mendeskripsikan maksud tertentu menjadi sebuah bentuk informasi yang lebih mudah dipahami, biasanya pada jaman  sekarang manusia menggunakan computer, akan tetapi pada jaman dulu juga sebenarnya sudah ada bentuk visualisasi hanya saja bentuknya tidak menggunakan teknologi, akan tetapi hanya kepada bentuk gambar saja. Contohnya adalah relief yang ada pada candi-candi yang dibuat pada jaman dulu, itu juga merupakan sebuah bentuk visualisasi dalam bentuk gambar.
Pada saat ini visualisasi berkembang dengan perkembangan teknologi, diantaranya rekayasa, visualisasi disain produk, pendidikan,  multimedia interaktif, kedokteran, dll. Pada dasarnya visualisasi digunakan untuk mendiagnosa dan menganalisis data yang ditampilkan agar dapat memprediksi kesimpulan. Pemakaian dari grafika komputer merupakan perkembangan penting dalam dunia visualisasi, setelah ditemukannya teknik garis perspektif pada zaman Renaissance.


2.1.2. Dukungan Komputer dalam proses Visualisasi Informasi
Visualisasi Informasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi, Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh visualisasi informasi struktur tree dan grafik.
Visualisasi Informasi sangat dibutuhkan oleh kita, salah satunya adalah untuk pengenalan pola, selain itu gambar animasi dapat membedakan perjalanan waktu serta warna dapat membantu perbedaan. Beberapa tujuan dari Visualisasi Informasi yaitu sebagai berikut :
1)          Mengeksplor
2)          Menghitung
3)          Menyampaikan         
Dalam proses visualisasi informasi erat sekali kaitannya dengan komputer, dan berikut beberapa dukungan komputer dalam proses visualisasi informasi :
1) Menyimpan Data Komputer. Komputer memungkinan teknik penyimpanan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital
2)      Proses Komputasi. Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi.
3)          Penyajian Informasi. Komputer memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan.
([TAU] Taufikprasetyo, “Visualisasi Informasi”, Mei 2010,

1.1.       Animasi

0 Response to "MODEL SKRIPSI TENTANG INFORMATIKA "VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 STUDI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN" SMK GLOBAL JATITUJUH BAB II LANDASAN TEORI"