MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA SISWA PADA KOMPETENSI IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH
DENGAN TEKNIK DISKUSI
A. Pendahuluan
Pendidikan Agama Islam merupkan mata pelajaran sebagai
modal awal siswa madrasah tsanawiyah terutama mata pelajaran Akidah Akhlak
adalah pelajaran yang mendalami dasar keyakinan seorang siswa sebagai lanjutan peserta
didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan
dengan cara mempelajari tentang rukun
iman mulai dari iman kepada Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai
iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan
aqli, serta pemahaman dan penghayatan
terhadap Iman kepada malaikat-malaikat Allah, dengan menunjukkan
ciri-ciri / tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu
dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari.
Secara substansial mata
pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada
peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk
pembiasaan untuk melakukan beriman kepada Allah dan malaikat dalam kehidupan sehari-hari dengan metode-metode
yang sesuai untuk tercapainya proses belajar mengajar.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan data-data di atas maka peneliti membuat rumusan masalah
sebagai berikut : Bagaimana meningkatkan
pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Metode
Teknik Diskusi
C.
Tujuan , Kegunaan dan Manfaat Penelitian
Bagi guru bidang
studi Aqidah Akhlak : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar
mengajar bidang studi Akidah.
Bagi teman sejawat :
Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas dengan metode yang berbeda sehingga
memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan
kelas dengan cara Bagaimana strategi meningkatkan
pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan
teknik diskusi di kelas VII, Penelitian ini bermanfaat untuk acuan
pengajaran akidah akhlak yang lebih maksimal di masa mendatang .
D.
Kerangka Pemikiran
1. Teknik
Diskusi
Strategi ini merupakan strategi yang menarik untuk
digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian
dan materi tersebut tidak mengahruskan urutan penyampaian.
Kelebihan strategi ini adalah dapat melibatkan seluruh
peserta didik dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain.
Langkah-langkah :
•
Bagi kelas
menjadi 5 kelompok (masing-masing terdiri dari 6 orang) untuk lima bagian pelajaran yang berbeda , langsung
untuk mendiskusikan dan menyelesaikannya tanpa harus menerangkan terlebih
dahulu contoh : Iman Kepada
Malaikat-malaikat Allah.
1.
Pengertian beriman kepada malaikat Allah
2.
Nama-nama malikat
3.
Sifat-sifat malaikat
4.
Tugas-tugas
Malaikat 1-5
5.
Tugas-tugas malaikat 6-10
•
Dari kelima kelompok dipecah kembali menjadi enam
kelompok dengan anggota berbeda.
•
Setiap anggota kelompok baru menerangkan hasilnya kepada
anggota lain (dalam satu kelompok) secara berurutan sampai semua kebagian
•
Berikan 5 soal berbeda dari lima bagian pelajaran untuk
diselesaikan oleh grup baru.
•
Berikan jawaban yang benar oleh guru melalui OHP atau
tunjuk untuk menerangkan hasil kerjanya di papan tulis.
2. Hakikat
Belajar
Hakikat belajar mengajar:
menurut Abu Ahmadi hakikat mengajar itu ada 3 jenis :
1. menanamkan pengatahuan kepada anak,
2. menyampaikan pengetahuan dan kebudayaan kepada
anak,
3. suatu aktivitas mengatur lingkungan
sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi prases
belajar.
Hakiakat belajar adalah usaha sadar untuk
menguasai ilmu, untuk dapat menerapkan pengetahuan , untuk dapat
melaksanakan suatu pekerjaan dengan baik. Jadi belajar dan mengajar saling
berkaitan dalam suatu proses menuju perubahan pengetahuan, perubahan tingakah
laku, perubahan keterampilan dan dapat mengatasi persoalan hidup dengan baik
dan mandiri.
3. Kajian Malaikat-malaikat
Allah
Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai
atau dipahami seorang siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal tersebut
seorang guru harus mampu mengajrakan kompetensi tersebut dengan berbagai
pendekatan atau metode dan teknik tertentu.
Malaiikat adalah makhluk Allah
yang terbuat dari cahaya, jumlah malaikat tidak terhitu, hanya ada 10 malaikat
yang wajib diketahui adalah
· Jibril
· Mikail
· Asropil
· Azroil
· Munkar
· Nakir
· Rokib
· Atid
· Malik
· Ridwan
E. Metode Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Jigsaw Leraning dalam teknik diskusi.
F. Hipotesis Tindakan
Penulis
berkeyakinan bahwa Penerapan Jigsawa Learning dalam sebuah Diskusi mampu
meningkatkan pemahaman siswa MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi terutama pada kompetensi beriman kepada
malaikat-malaikat Allah.
G .
Rencana Penelitian
Penelitian ini akan dilaksnakan di kelas ..................................
Tahun Pelajaran ............................. Dengan faktor yang akan diteliti adalah Hasil pembelajaran
siswa pada pemahaman tentang keimanan
terhadap malaikat-malaikat Allah.
Objek penelitian adalah siswa kelas VII, sejumlah 30 orang terdiri dari 12
laki-laki dan 18 perempuan.
H. Jadwal Penelitian
NO
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
1
|
Penyusunan Proposal Penelitian
|
|
2
|
Penyusunan perlengkapan penelitian
|
|
3
|
Mengadakan penelitian siklus 1, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan
refleksi
|
|
4
|
Mengadakan penelitian siklus 2, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan
refleksi
|
|
5
|
Mengadakan penelitian siklus 3, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan
refleksi
|
|
6
|
Penyusunan Laporan
|
|
I. Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek.
Jakarta :
Rineka Cipta
Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Wacana
Prima
Ibrahim, T. 2007.
Membangun Akidah Akhlak KelasVII. Surakarta
:Tiga
Serangkai
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Agama RI
2007 ” KTSP Mata Pelajaran AQIDAH
AKHLAK”
Zaini, Hisyam. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka
Insan Madani.
0 Response to "meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Metode Teknik Diskusi"
Post a Comment