meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Metode Teknik Diskusi



MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SISWA PADA KOMPETENSI IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH DENGAN TEKNIK DISKUSI

A. Pendahuluan
Pendidikan Agama Islam merupkan mata pelajaran sebagai modal awal siswa madrasah tsanawiyah terutama mata pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran yang mendalami dasar keyakinan seorang siswa sebagai lanjutan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara  mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap Iman kepada malaikat-malaikat Allah, dengan menunjukkan ciri-ciri / tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan beriman kepada Allah dan malaikat  dalam kehidupan sehari-hari dengan metode-metode yang sesuai untuk tercapainya proses belajar mengajar.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan data-data  di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Metode Teknik Diskusi  

C. Tujuan , Kegunaan dan Manfaat Penelitian
Bagi guru  bidang studi Aqidah Akhlak : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi Akidah.
Bagi teman sejawat :  Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas  dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas dengan  cara Bagaimana strategi meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas VII, Penelitian ini bermanfaat untuk acuan pengajaran akidah akhlak yang lebih maksimal di masa mendatang .

D. Kerangka Pemikiran
    1.  Teknik Diskusi
Strategi ini merupakan strategi yang menarik untuk digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi tersebut tidak mengahruskan urutan penyampaian.
Kelebihan strategi ini adalah dapat melibatkan seluruh peserta didik dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain.
Langkah-langkah :
        Bagi kelas menjadi 5 kelompok (masing-masing terdiri dari 6 orang) untuk lima bagian pelajaran yang berbeda , langsung untuk mendiskusikan dan menyelesaikannya tanpa harus menerangkan terlebih dahulu    contoh : Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah.
1.     Pengertian beriman kepada malaikat Allah
2.     Nama-nama malikat
3.     Sifat-sifat malaikat
4.     Tugas-tugas  Malaikat 1-5
5.     Tugas-tugas malaikat 6-10
     
        Dari kelima kelompok dipecah kembali menjadi enam kelompok dengan anggota berbeda.
        Setiap anggota kelompok baru menerangkan hasilnya kepada anggota lain (dalam satu kelompok) secara berurutan sampai semua kebagian
        Berikan 5 soal berbeda dari lima bagian pelajaran untuk diselesaikan oleh grup baru.
        Berikan jawaban yang benar oleh guru melalui OHP atau tunjuk untuk menerangkan hasil kerjanya di papan tulis.
    2. Hakikat  Belajar
Hakikat belajar mengajar: menurut Abu Ahmadi hakikat mengajar itu ada 3 jenis :
1.   menanamkan pengatahuan kepada anak,
2.   menyampaikan pengetahuan dan kebudayaan kepada anak,
3.   suatu aktivitas mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi prases belajar.
Hakiakat belajar adalah usaha sadar untuk menguasai ilmu, untuk dapat menerapkan pengetahuan ,  untuk dapat melaksanakan suatu pekerjaan dengan baik. Jadi belajar dan mengajar saling berkaitan dalam suatu proses menuju perubahan pengetahuan, perubahan tingakah laku, perubahan keterampilan dan dapat mengatasi persoalan hidup dengan baik dan mandiri.

3. Kajian Malaikat-malaikat Allah
Beriman kepada malaikat-malaikat Allah merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai atau dipahami seorang siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal tersebut seorang guru harus mampu mengajrakan kompetensi tersebut dengan berbagai pendekatan atau metode dan teknik tertentu.
Malaiikat adalah makhluk Allah yang terbuat dari cahaya, jumlah malaikat tidak terhitu, hanya ada 10 malaikat yang wajib diketahui adalah
·       Jibril
·       Mikail
·       Asropil
·       Azroil
·       Munkar
·       Nakir
·       Rokib
·       Atid
·       Malik
·       Ridwan

E. Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  Jigsaw Leraning dalam teknik diskusi.

F. Hipotesis Tindakan
            Penulis berkeyakinan bahwa Penerapan Jigsawa Learning dalam sebuah Diskusi mampu meningkatkan pemahaman siswa MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi terutama pada kompetensi beriman kepada malaikat-malaikat Allah.

G . Rencana Penelitian
Penelitian ini akan dilaksnakan di kelas .................................. Tahun Pelajaran .............................  Dengan faktor yang akan diteliti adalah Hasil pembelajaran siswa pada  pemahaman tentang keimanan terhadap malaikat-malaikat Allah.
Objek penelitian adalah siswa  kelas VII, sejumlah 30 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan.

H. Jadwal Penelitian
NO
Kegiatan
Tanggal
1
Penyusunan Proposal Penelitian

2
Penyusunan perlengkapan penelitian

3
Mengadakan penelitian siklus 1, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan  refleksi

4
Mengadakan penelitian siklus 2, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan  refleksi

5
Mengadakan penelitian siklus 3, meliputi
Perencanaan, tindakan,evaluasi dan  refleksi

6
Penyusunan Laporan



I. Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.   
         Jakarta : Rineka Cipta
Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Wacana
        Prima
Ibrahim, T.  2007. Membangun Akidah Akhlak KelasVII. Surakarta :Tiga
       Serangkai
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Agama RI  2007 ” KTSP Mata Pelajaran AQIDAH AKHLAK”
Zaini, Hisyam. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka
Insan  Madani.

0 Response to "meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Metode Teknik Diskusi"