RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika
dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar
2.2
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Megidentifikasi
besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat
pada gerak melingkar dengan laju konstan.
2. Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan
secara kualitatif.
3. Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak
linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian gerak melingkar.
2. Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Mendeskripsikan besaran-besaran dalam gerak melingkar.
4. Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan
(GMB).
5. Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Berubah
Beraturan (GMBB).
6. Membedakan Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak
Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
7. Menganalisis aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari.
8. Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak
melingkar.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Gerak Melingkar dengan Laju Konstan
C. Metode Pembelajaran1
1. Model
:
- Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan
masalah melalui diskusi kelas
|
l Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh,
kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak
melingkar melalui demonstrasi.
|
· Siswa dapat
Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang
menggunakan hubungan roda-roda.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
-
Sebutkan ciri-ciri gerak melingkar.
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
-
Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak melingkar.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai ciri-ciri gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pengertian frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut
tempuh. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan
kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan
kecepatan sudut. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Sebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam
kehidupan sehari-hari.
l Mengapa ketika kendaraan melewati jalanan yang
melengkung, supir harus hati-hati dan mengurangi kecepatan mobilnya?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya gerak melingkar beraturan?
-
Berapakah batas kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang melengkung?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak
melingkar beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak
melingkar beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak
melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan
percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai percepatan sentripental. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan penerapan konsep gerak
melingkar beraturan pada laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan
di jalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai laju
satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan
di jalan yang melengkung. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
l Sebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan
dalam kehidupan sehari-hari.
l Sebutkan dua percepatan yang dimiliki benda yang
mengalami gerak melingkar berubah beraturan.
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya gerak
melingkar berubah beraturan?
-
Apakah perbedaan antara
percepatan sentripental dan percepatan
tangensial?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak
melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak
melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak
melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai perbedaan antara gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah
beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan
percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi
waktu, dan sudut. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
■
Sebutkan
penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari- hari?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari- hari?
l
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan konsep gerak melingkar
dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan tentang penerapan
konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Tugas
kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alumunium yang fleksibel, batang
besi, pemutar, dan tali. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru mempresentasikan langkah kerja
untuk mengamati pengaruh gerak rotasi terhadap jari-jari bumi (proyek ilmiah
h.134). (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk
menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan eksperimen yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman
123-140
b. Buku
referensi yang relevan
c.
Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Sebuah benda
berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya mula-mula 20
rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
a. 60 sekon d. 10 sekon
b. 30 sekon e. 1 sekon
c. 15 sekon
- Contoh tes uraian
Sebuah bor
gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai percepatan 1.000 rad/s2.
Agar sebuah titik pada permukaan sisi samping bor dapat menempuh putaran sejauh
12 m, tentukan waktu putaran yang dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam
keadaan diam.
- Contoh tugas rumah
Buatlah
kliping yang menarik mengenai penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan
sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam
kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai
topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
........................ ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
JIKA BAPAK DAN IBU GURU MAU MENGCOPY ALANGKAH BAIKNYA EMAIL DULU! OKE
KEBERKAHAN ITU LEBIH DIUTAMAKAN
TERIMA KASIH
BY MA. NURUSSYAHID KERTAJATI AERO CITY MAJALENGKA JABAR
NO. REKNING bjb an. MA. NURUSSYAHID KERTAJATI
0048138217100
0 Response to "RPP SK II TERBARU PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/MA BERKARAKTER "
Post a Comment