RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar
kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar
2.1
Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan
konstan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menganalisis besaran-besaran
fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
Menganalisis besaran-besaran
fisika pada gerak dengan percepatan konstan.
Menganalisis grafik gerak lurus
dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan definisi dari beberapa besaran gerak.
2. Menganalisis Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Menganalisis Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Menghitung besaran-besaran yang berkaitan dengan GLB,
GLBB, dan gerak vertikal.
5. Menggambar grafik gerak lurus beraturan.
6. Menggambar grafik gerak lurus berubah beraturan.
7. Menentukan perpindahan benda berdasarkan kurva
kecepatan-waktu.
8. Menganalisis gerak peluru sebagai perpaduan gerak
dalam arah horizontal dan gerak dalam arah vertikal.
9. Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak
peluru.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan
Percepatan Konstan
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
-
Diskusi kelompok
-
Observasi
- Eksperimen
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan
gerak lurus dengan percepatan konstan dalam diskusi kelas.
|
·
Melakukan
percobaan GLBB dengan menggunakan kereta dinamik
|
· Siswa dapat Melakukan
percobaan GLB dengan menggunakan kereta atau mobil mainan.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
·
Sebutkan
beberapa contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari -hari?
· Mungkinkah perpindahan sebuah benda lebih besar dari pada
jarak tempuhnya?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak lurus?
-
Apakah pengertian jarak tempuh?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian posisi.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik memperhatikan aturan dan
contoh posisi dalam sumbu koordinat yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara perpindahan dan jarak tempuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh perpindahan dan jarak tempuh
dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan antara kecepatan rata-rata dan laju rata-rata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
kecepatan rata-rata dan laju rata-rata yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menjawab soal mengenai
kecepatan rata-rata dan laju rata-rata di depan kelas, sedangkan yang lain
memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan konsep kecepatan sesaat sekaligus
memberikan contoh soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai perbedaan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan contoh percepatan rata-rata dan percepatan sesaat dalam kehidupan
sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
percepatan rata-rata dan percepatan sesaat yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai percepatan rata-rata dan percepatan sesaat.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
- Gerak jatuh peloncat indah
tergolong GLB atau GLBB?
l
Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan gerak
lurus beraturan?
- Apakah ciri dari gerak lurus
berubah beraturan?
l
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak lurus beraturan dan
cirinya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh gerak lurus beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak lurus beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
lurus beraturan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai gerak lurus beraturan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak lurus berubah
beraturan dan cirinya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak lurus berubah beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak lurus berubah
beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
lurus berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai gerak lurus berubah beraturan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar
atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil seperangkat pewaktu ketik (power supply, pita ketik, dan kertas
karbon), troli, dan mobil mainan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mempelajari gerak
lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan (kegiatan 4.1 halaman
85). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana menentukan ketinggian maksimum gerak vertikal?
-
Apa manfaat menggambarkan gerak dengan menggunakan grafik?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya ketinggian maksimum gerak vertikal?
-
Bagaimana langkah-langkah menggambarkan gerak dengan menggunakan grafik?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak vertikal dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak vertikal dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak vertikal dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
peserta didik diminta untuk melemparkan sebuah bola ke atas di depan kelas,
sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan melemparkan sebuah bola ke atas.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan cara mendapatkan rumusan
untuk menentukan ketinggian maksimum gerak vertikal yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
vertikal yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai gerak vertikal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan langkah-langkah menggambar
grafik gerak lurus beraturan dan grafik gerak lurus berubah beraturan yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan cara menentukan posisi dari kurva
kecepatan-waktu. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal menggambar
grafik gerak lurus beraturan, grafik gerak lurus berubah beraturan, dan
menentukan posisi dari kurva kecepatan-waktu yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal menggambar grafik gerak lurus beraturan, grafik gerak
lurus berubah beraturan, dan menentukan posisi dari kurva kecepatan-waktu.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Sebutkan contoh gerak dua dimensi dalam kehidupan sehari-hari.
-
Apakah berat benda mempengaruhi gerak parabolik?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak dua dimensi?
-
Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi gerak parabolik?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak dua dimensi dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak dua dimensi
dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak dua dimensi dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
peserta didik diminta untuk menembakkan peluru yang berasal dari pistol mainan
ke atas di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan menembakkan peluru yang berasal dari pistol mainan ke atas. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan cara mendapatkan rumusan
untuk menentukan ketinggian maksimum dan jangkauan maksimum gerak peluru yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
peluru yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai gerak peluru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan perumusan lintasan
parabolik yang dihasilkan gerak peluru yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
parabolik sebuah peluru yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai gerak parabolik sebuah peluru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika
SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 73-122
b. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tulis
-
Tes unjuk
kerja
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Tes
identifikasi
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Sebuah mobil
mula-mula memiliki kecepatan 72 km/jam. Kemudian, mesin mobil dimatikan
sehingga mobil berhenti dalam waktu 40 menit. Perlambatan mobil tersebut adalah
....
a. 1,0 m/s2 d. 0,05 m/s2
b.
0,50 m/s2
e. 0,01m/s2
c. 0,25 m/s2
- Contoh tes uraian
Perlambatan
maksimum yang dapat dicapai sebuah mobil pada sebuah jalan yang basah adalah 5
m/s2. Mula-mula mobil bergerak dengan laju 100 m/s. Tentukan jarak
minimum untuk menghentikan mobil bila diukur dari tempat rem mulai diinjak.
Berapakah waktu tempuh untuk jarak tersebut?
- Contoh tes identifikasi
a. Manakah dari pernyataan berikut
yang berkaitan dengan GLB?
·
Luas daerah di
bawah kurva v – t sama dengan posisi benda.
·
Luas daerah di
bawah kurva v – t sama dengan perpindahan benda.
............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA... Guru
Mata Pelajaran
............................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
JIKA BAPAK DAN IBU GURU MAU MENGCOPY ALANGKAH BAIKNYA EMAIL DULU! OKE
KEBERKAHAN ITU LEBIH DIUTAMAKAN
TERIMA KASIH
BY MA. NURUSSYAHID KERTAJATI AERO CITY
NO. REKNING bjb an. MA. NURUSSYAHID KERTAJATI
0048138217100
0 Response to "RPP SK II TERBARU PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/MA BERKARAKTER "
Post a Comment