RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar
kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar
2.3. Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip
dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar
beraturan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menyelidiki
karakteristik gesekan statik dan gesekan kinetik melalui percobaan.
4.
Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Menerapkan
hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
6.
Menerapkan
hukum Newton pada gerak vertikal.
7.
Menerapkan
hukum Newton pada gerak melingkar.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Membedakan pengertian kinematika dan dinamika.
2. Menyebutkan bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak.
3. Menyebutkan contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Menerapkan hukum-hukum Newton untuk menyelesaikan soal
analisis dan soal hitungan.
5. Menjelaskan fungsi diagram gaya yang bekerja pada
benda.
6. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas
bidang datar.
7. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gaya yang
membentuk sudut.
8. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas
bidang miring.
9. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada pesawat Atwood.
10. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gerak vertikal.
11. Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
12. Menyebutkan macam-macam gaya gesekan.
13. Membedakan gaya gesekan statik dan gaya gesekan
kinetik.
14. Menyebutkan gaya gesekan yang bekerja pada benda.
15. Menentukan koefisien gesekan statik antara balok dan
permukaan datar dengan menggunakan neraca.
16. Menentukan koefisien gesekan kinetik antara balok dan
permukaan datar.
17. Menjelaskan manfaat mengontrol gaya gesekan yang
terjadi pada benda.
18. Menjelaskan pengertian gaya sentripental.
19. Menerapkan konsep gaya sentripental pada berbagai
macam kasus.
20. Menjelaskan hukum gravitasi umum Newton.
21. Menjelaskan hukum Kepler
22. Menyebutkan bunyi hukum-hukum Kepler.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Hukum Newton dan Penerapannya
C. Metode Pembelajaran
1. Model
: -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang
miring tanpa gesekan.
|
· Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang
miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik.
|
· Siswa dapat Menghitung
percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar,
dan sistem katrol dalam diskusi kelas.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa pada saat di dalam mobil tubuh kita akan bergerak ke depan
ketika mobil direm mendadak?
-
Apakah fungsi melukis diagram gaya yang bekerja pada benda?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana bunyi hukum I Newton?
-
Apakah yang dimaksud dengan diagram gaya?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan perbedaan kinematika dan dinamika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik memperhatikan analisis
tentang semua persoalan gerak di alam semesta
yang dapat diterangkan dengan hukum Newton yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh
penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan penerapan hukum I Newton
sampai hukum III Newton untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan
yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
penerapan hukum I Newton sampai hukum III Newton yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai penerapan hukum I Newton sampai hukum III Newton. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
fungsi diagram gaya yang bekerja pada benda. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan diagram gaya untuk berbagai
macam gerak yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menggambarkan
diagram gaya pada benda yang berada di atas bidang miring, sedangkan yang lain
memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana cara menghitung percepatan jika ada beberapa gaya yang bekerja
pada benda?
-
Bagaimana cara menghitung tegangan tali yang bekerja pada benda dalam sistem katrol?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya total?
-
Bagaimana mekanisme gaya yang bekerja pada sistem katrol?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi
hukum-hukum Newton pada berbagai macam kasus. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
membagi tugas kelompok: (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
■ 2
kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton pada
benda di atas bidang datar.
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan aplikasi hukum Newton pada
gaya yang membentuk sudut.
■
2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan
aplikasi hukum Newton pada benda
di atas bidang miring.
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan aplikasi hukum Newton pada
pesawat Atwood (sistem katrol).
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan aplikasi hukum Newton pada
gerak vertikal.
l Tugas kelompok
diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
aplikasi hukum-hukum Newton pada
berbagai macam kasus yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai aplikasi hukum-hukum
Newton pada berbagai macam kasus. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan contoh gaya gesekan yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari.
- Mengapa ban mobil dibuat agak kasar?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gaya gesekan?
- Apakah manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi
pada benda?
l
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya gesekan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan macam-macam gaya gesekan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan gaya gesekan statik dan gaya
gesekan kinetik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya gesekan yang bekerja
pada benda. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beberapa balok yang memiliki massa
dan kekerasan permukaan yang berbeda-beda, neraca pegas, papan yang panjangnya
50 cm, dan lebar sekitar 10 cm. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk menentukan
koefisien gesekan statik antara balok dan permukaan datar dengan menggunakan
neraca (kegiatan 7.1 halaman 160). (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberi instruksi kepada peserta
didik untuk melakukan eksperimen menentukan koefisien gesekan kinetik
antara balok dan permukaan datar
(kegiatan 7.3 halaman 162). (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik secara berkelompok
melakukan eksperimen dengan menggunakan beberapa balok yang memiliki massa dan
kekerasan permukaan yang berbeda-beda, neraca pegas, benang, papan yang
panjangnya 50 cm, dan lebar sekitar 10 cm. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apa syarat yang harus dipenuhi agar saat menuju puncak lintasan roller
coaster tidak jatuh?
-
Bagaimana cara menentukan percepatan gravitasi di permukaan bumi?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana mekanisme kerja roller coaster?
-
Apakah yang dimaksud dengan percepatan gravitasi?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian
gaya sentripental dan penerapannya dalam berbagai macam kasus.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
membagi tugas kelompok: (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan penerapan gaya sentripental pada benda yang diikatkan
pada tali dan diputar.
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan penerapan gaya sentripental pada ayunan kerucut.
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan penerapan
gaya sentripental pada roller coaster.
■
2 kelompok diberi tugas untuk
menjelaskan penerapan gaya sentripental pada mobil di jalanan melingkar.
l Tugas
kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
hukum gravitasi umum Newton. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan perumusan menentukan
percepatan gravitasi di permukaan bumi yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal mengenai percepatan gravitasi di permukaan bumi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
hukum Kepler. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
bunyi hukum-hukum Kepler. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan penjelasan dan penerapan
hukuim-hukum Kepler yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman
141-186
b. Buku
referensi yang relevan
c.
Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk
kerja
-
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Uji petik
kerja produk
-
Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Sebuah benda bermassa 50 kg bergerak dengan
kecepatan 5 m/s. Besarnya gaya dalam
arah berlawanan yang harus diberikan agar benda berhenti setelah 10 s adalah
....
a. 100 N d.
10 N
b.
50 N e.
5 N
c.
25 N
-
Contoh tes uraian
Gaya
horizontal sebesar 400 N diperlukan untuk mendorong kereta sepanjang bidang
pada laju konstan. Berapakah gaya gesekan antara kereta dan bidang?
-
Contoh tugas rumah
Buatlah
kliping yang menarik mengenai penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam
kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai
topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA... Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
JIKA BAPAK DAN IBU GURU MAU MENGCOPY ALANGKAH BAIKNYA EMAIL DULU! OKE
KEBERKAHAN ITU LEBIH DIUTAMAKAN
TERIMA KASIH
BY MA. NURUSSYAHID KERTAJATI AERO CITY MAJALENGKA JABAR
NO. REKNING bjb an. MA. NURUSSYAHID KERTAJATI
0048138217100
0 Response to " RPP SK II KD 2.3 TERBARU PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/MA BERKARAKTER"
Post a Comment