DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar .................................................................................................................. i
Daftar
isi ........................................................................................................................... ii
Bab
I Pendahuluan ...................................................................................................... 1
Bab
II Metode-Metode Pengajaran Untuk Pelajaran
Ibadah ....................................... 3
A.
Pengertian Metode Pengajaran Ibadah ........................................................ 3
B.
Metode-Metode Pengajaran Agama Islam................................................... 4
C.
Metode-Metode Pengajaran Untuk Pengajaran Ibadah .............................. 5
BAB
III KESIMPULAN ................................................................................................ 7
DAFTAR
PUSTAKA ...................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Pendidikan
Agama Islam merupakan bagian penting dalam pendidikan untuk membentuk insan kamil. Salah satu alat
pendidikan Agama Islam yakni metode pendidikan Agama Islam.
Dengan
menggunakan metode yang tepat maka ajaran-ajaran agama dapat diserap oleh anak
didik dengan sebaik-baiknya. Metode yang tepat akan menentukan efektifitas dan
efisiensi pembelajaran.
Sebagai seorang
calon pendidik agama islam, kita perlu mengetahui metode-metode dalam
pendidikan Agama Islam. Dengan mengetahui metode-metode tersebut maka kita
diharapkan mampu menyampaikan materi-materi ajaran agama Islam dengan berbagai
variasi sehingga tujuan pendidikan agama Islam dapat tercapai dengan lebih
mudah.
Salah satu
materi ajaran agama Islam adalah materi ibadah. Bahkan Ibadah merupakan hal
yang amat penting dalam agama Islam, karena tujuan manusia diciptakan oleh
Allah adalah untuk beribadah kepada-Nya. Sebagaimana Firman-Nya.
|
Karena pentingnya
ibadah buat umat Islam, maka teramat penting materi ibadah untuk anak didik.
Demikian juga
metode, adalah hal yang sangat penting. Materi ibadah akan lebih bisa dipahami
dan diamalkan oleh anak didik apabila metode yang digunakan dalam pengajaran
materi ibadah merupakan metode yang tepat. Apa sajakah metode yang tepat untuk
pengajaran ibadah?
- Perumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud metode pengajaran ibadah?
2.
Apa saja
metode-metode pengajaran Agama Islam?
3.
Apa saja metode pengajaran untuk pelajaran ibadah?
BAB
II
METODE-METODE
PENGAJARAN UNTUK PELAJARAN IBADAH.
- Pengertian Metode Pengajran Ibadah
Metode pengajaran terdiri dari dua kata, yaitu metode
dan pengajaran. Secara etimologi, metode berasal dari bahasa Yunani “methodos” dan dalam bahasa Inggris
ditulis dengan “Method” yang berarti
“cara” (www.makalahpendidikan.com).
Secara terminologi, metode diartikan sebagai tata cara
untuk melakukan sesuatu. Metode ialah istilah yang digunakan untuk
mengungkapkan pengertian “cara yang paling tepat dan cepat dalam melakukan
sesuatu’. (A.Tafsir, 2007:9).
Pengajaran ialah suatu kegiatan yang menyangkut
pembinaan anak mengenai segi kognitif dan psikomotor semata-mata yaitu supaya
anak lebih banyak pengetahuannya, lebih cakap, berfikir kritis, sistematis dan
obyektif serta trampil dalam mengerjakan sesuatu, misalnya terampil menulis,
membaca, lari cepat, loncat tinggi, berenang, membuat pesawat radio dan
sebagainya. (A.TAfsir, 2007:7).
Metode pengajararan ialah suatu cara menyampaikan
bahan pelajaran. Metode pengajaran ialah suatu cara yang telah dipersiapkan dan
dipertimbangkan untuk ditempuh dalam pengajaran ibadah.
|
- Metode-Metode Pengajaran Agama Islam
Abdurrahman An-Nahlawi mengemukakan beberapa metode
pendidikan Agama Islam sebegai berikut :
1.
Metode Hiwar (Dialog)
Suatu metode pendidikan yang dilakukan dengan percakapan secara
komunikatif mengenai suatu topic.
2.
Metode Cerita (Kisah)
Memberi
pengetahuan kepada siswa menulis cara bercerita
3.
Metode Al-Amtsal (perumpamaan)
Suatu metode yang digunakan untuk mengungkapkan suatu sifat dan hakikat
dari realitas sesuatu.
4.
Metode keteladanan (Al-Uswah)
Metode dengan cara guru memeberikan teladan yang dicontohkan oleh dirinya
dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Metode Sugesti dan hukuman .(At-Targhib wa al Tarhib).
Sugesti adalah janji yang disertai bujukan dan dorongan rasa senang
kepada sesuatu yang baik. Sedangkan hukuman adalah sanksi implikatif dari
kesalahan dan dosa yang dilakukan siswa supaya mereka tak mengulanginya lagi.6.
|
1.
Metode meyakinkan dan memuaskan (al-Iqna ‘wal Iqtina)
Dengan cara membangkitkan kesadaran siswa dalam melakukan suatu
perbuatan.
2. Metode pemahaman dan penalaran (Al-ma’rifah wal
madzoriyah) Dengan cara membangkitkan akal dan kemampuan berfikir siswa secara
logis.
3.
Metode latihan perbuatan (Al-Mumarisah al-amaliyah)
Melatih atau membiasakan siswa melakukan sesuatu yang baik
(A.Barizi,2009:117).
Sedangkan A Patoni menyebutkan lima belas metode yang
bisa dipakai dalam Pendidikan Agama Islam, yakni: metode ceramah, tanya jawab,
diskusi, tugas, permainan latihan, demonstrasi, karya wisata, kerja kelompok,
sosiodrama, system belajar beregu, pemecahan masalah, proyek dan unit, uswatun
hasanah, dan metode anugrah. (www.makalahpendidikan.com)
- Metode-Metode Pengajaran Untuk Pelajaran Ibadah
Dari metode-metode pengajaran pendidikan Agama Islam,
metode-metode yang bisa digunakan untuk pelajaran ibadah diantaranya ialah :
1.
|
Guru menerangkan kepada anak didik tentang pengertian dan pentingnya
ibadah kepada Allah. Termasuk di dalamnya menerangkan ibadah yang wajib dan
ibadah yang sunnah.
1.
Metode Tanya jawab
Adakalanya guru bertanya terlebih dahulu atau murid bertanya dulu tentang
materi ibadah.
2.
Metode Demonstrasi
Guru mencontohkan atau memperagakan cara suatu ibadah kepada Allah.
3.
Metode keteladanan (Al-Uswah)
Guru memperlihatkan akhlak yang memang dianjurkan dalam ibadah kepada
Allah dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Metode latihan perbuatan
Guru bisa menugaskan murid untuk terus-menerus berlatih praktek-praktek
ibadah, baik di kelas atau di rumahnya masing-masing dan selalu dievaluasi oleh
guru.
Dan tentunya masih ada metode-metode yang lain dan bisa saja diterapkan
untuk pengajaran materi ibadah disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, tempat
dan prasarana lainnya.
Namun dalam menyampaikan suatu materi tidak terpaku pada satu metode saja.
Dalam menyampaikan materi, bisa diterapkan dengan beberapa metode, dalam arti
gabungan beberapa metode.
BAB
III
KESIMPULAN
Metode pengajaran ibadah ialah suatu cara yang dipersiapkan dan
dipertimbangkan untuk ditempuh dalam penyampaian materi ibadah pada peserta
didik.
Ada
beberapa metode yang bisa digunakan dalam menyampaikan materi ibadah,
diantaranya yaitu : metode ceramah, metode Tanya jawab, metode demonstrasi,
metode keteladanan dan metode latihan.
Dalam menyampaikan suatu materi ibadah, bisa digunakan lebih dari satu
metode dalam satu waktu penyampaian. Hal itu tentu disesuaikan dengan materi,
kondisi siswa, kondisi tempat dan kelengkapan sarana-prasarana yang lainnya.
|
0 Response to "METODE-METODE PENGAJARAN UNTUK PELAJARAN IBADAH"
Post a Comment