Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang
Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan" ”.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dunia
Pendidikan dewasa ini semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perubahan
dilakukan disetiap elemen pendidikan, akan tetapi semua itu berujung kepada
satu tujuan yaitu perbaikan disetiap aspek guna memperbaiki sistem dan kualitas
Pendidikan Indonesia.
Dunia
pendidikan tingkat sekolah menengah atas, khususnya pada sekolah menengah
kejuruan yang lebih menitikberatkan anak didiknya agar dapat berkreasi dan
berinovasi semakin berlomba-lomba dalam memajukan sekolahnya masing – masing,
itu semua tidak lain untuk bekal anak didik mereka ketika memasuki dunia kerja,
yang akan menjadi dunia baru bagi mereka ketika sudah lulus sekolah.
Dari
segi mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Kejuruan, ada beberapa mata
pelajaran yang bersifat sebagai penunjang bagi para siswanya ketika sudah
lulus, seperti yang kita tahu bahwa di Sekolah Kejuruan ada mata pelajaran
kompetensi keahlian dimana pelajaran tersebut adalah pelajaran yang pada
nantinya akan menjadi keahlian mereka.
Selain
mata pelajaran kompetensi keahlian sebagai penunjang siswa ketika sudah lulus,
salah satu mata pelajaran yang diberikan oleh pihak sekolah untuk mempersiapkan
anak didik mereka adalah pelajaran Bahasa Jepang, yang masuk kedalam mata
pelajaran muatan lokal, ini sangat beralasan sekali karena memang salah satu
tujuan kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan adalah kawasan asia bagian
timur, khususnya Negara Jepang.
Akan
tetapi dalam kenyataanya, banyak sekali anak didik yang kurang mencerna
pelajaran tersebut, sangat wajar sekali karena memang Bahasa Jepang bukanlah
bahasa yang mudah dimengerti, tidak seperti bahasa lain, bukan saja dalam segi
penulisan yang berbeda akan tetapi dari segi pengucapannya pun juga berbeda
dengan bahasa lainnya.
siswa
mengalami kesulitan dalam pembelajaran karena dalam prosesnya mereka disuguhi
dengan kosakata serta aksen bahasa tersebut, akan berbeda apabila dalam proses
pembelajaran siswa diikuti dengan bentuk visualisasinya, siwa akan lebih mudah
mencerna pelajaran tersebut.
Dari
latar belakang itulah penulis tergerak untuk membuat sebuah bentuk visualisasi
pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah
Kejuruan khususnya dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang, yaitu “Visualisasi Pembelajaran Bahasa Jepang
Menggunakan Macromedia Flash 8 Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Global
Jatitujuh”.
1.2
Identifikasi Masalah
Dari
latar belakang diatas maka penulis dapat menentukan Identifikasi Masalahnya
adalah sebagai berikut :
1)
Siswa
mengalami kesulitan dalam hal penulisan huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
2)
Siswa
mengalami kesulitan dalam pengucapan huruf atau kata dalam Bahasa Jepang
3)
Siswa
mengalami kesulitan dalam pemahaman kosakata Bahasa Jepang
1.3
Rumusan Masalah
Sesuai
dengan latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan masalahnya sebagai
berikut :
1)
Bagaimana
membuat sebuah bentuk visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2)
Bagaimana
membuat visualisasi secara bertahap mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan
kosakata Bahasa Jepang
3)
Visualisasi
ini akan menjelaskan tentang pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana yang
dilengkapi dengan gambar animasi dan suara.
1.4
Batasan Masalah
Dalam
hal ini penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :
1)
Pengadaan
bahan pelajaran, kosa kata, tata bahasa, akan disesuaikan dengan kebutuhan
pengguna yaitu hanya pada ruang lingkup yang ada di SMK Global Jatitujuh saja.
2)
Karakter Bahasa
Jepang
yang dibahas diupayakan yang tidak terlalu rumit dan hanya terdiri dari satu
karakter saja.
3)
Karakter Bahasa Jepang yang
akan dibahas ruang lingkupnya hanya Bahasa Hiragana
4)
Pembuatan Visualisasi
menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.
1.5
Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang diajukan penulis, maka tujuan dari pembuatan visualisasi
ini adalah :
1)
Ingin
membuat sebuah bentuk visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang secara sederhana.
2)
Membuat
visualisasi pembelajaran Bahasa Jepang mulai dari teknik penulisan hingga pengucapan
kosakata Bahasa Jepang.
3)
Membantu
siswa dan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang
1.6
Manfaat Tugas Akhir
1)
Manfaat
Bagi Penulis
Dalam pembuatan visualisasi ini penulis sendiri
dapat lebih belajar mengenai Bahasa Jepang dan penulis juga akan mendapatkan
pengalaman yang lebih dalam hal penelitian dan pembuatan sebuah bentuk visualisasi
pembelajaran.
2)
Manfaat
Bagi Guru dan Siswa
Adapun
manfaat yang ingin dicapai dari tugas akhir ini antara lain yaitu :
1)
Dalam
proses pembelajaran guru juga akan terbantu dengan adanya aplikasi ini karena
akan lebih mudah dalam menjelaskan kosakata
2)
Siswa
akan merasa terbantu dalam pemahaman kosakata dengan diiringi oleh visualisasi
pembelajaran Bahasa Jepang
3)
Siswa
dapat belajar sendiri mengenai kosakata Bahasa Jepang dengan adanya visualisasi
ini, karena pada nantinya siswa akan lebih mudah memahami kosakata karena sudah
dilengkapi dengan gambar, animasi dan suara.
1.7
Metodologi Pengembangan Sistem
Adapun
metodologi pengembangan sistem yang akan digunakan oleh penulis dalam pembuatan
visualisasi ini adalah metodologi alur visualisasi. Alur visualisasi ini menjelaskan tentang formulasi masalah yang meliputi
hal-hal penting dalam menghasilkan formulasi masalah yaitu :
1)
Identifikasi keputusan dan variabel tidak dapat
dikontrol,
2)
Spesifikasi pembatas variabel keputusan,
3)
Mendefinisikan ukuran kinerja sistem fungsi tujuan dan
4)
Pengembangan model struktur awal yang menghubungkan
variabel sistem dan ukuran kinerj
1.8
Time Schedule
Tabel 1.1.
Jadwal kegiatan Tugas Akhir
No
|
Kegiatan
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1
|
Proposal
Tugas Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
Analisis
Data
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
Perancangan
Sistem
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
Pemrograman
|
||||||||||||||||||||||||
5
|
Bimbingan
Tugas Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
6
|
Penyelesaian
Laporan
|
||||||||||||||||||||||||
7
|
Seminar
tugas Akhir
|
||||||||||||||||||||||||
8
|
Sidang
Tugas Akhir
|
1.9
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan tugas akhir ini dibagi
menjadi 6 (enam) bab. Berikut penjelasan tentang masing-masing bab :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini memaparkan tentang latar belakang, rumusan masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, manfaat, tujuan, metodologi, time schedule dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang dipakai dalam mendukung pembuatan
Tugas Akhir.
BAB III VISUALISASI
Menjelaskan tentang penelitian
mengenai proses pembuatan visualisasi pembelajaran yang meliputi teknik penulisan dan pelafalan huruf
Hiragana yang akan dibuat.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini menjelaskan tentang perancangan sistem
yang berupa story board yang menjelaskan kerja dari visualisasi pembelajaran
bahasa jepang yang dibuat.
BAB V IMPLEMENTASI
Pada bab ini menjelaskan
tentang program yang dibuat.
BAB VI PENUTUP
Pada bab
ini berisikan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan dan saran yang diajukan untuk pengembangan
lebih lanjut agar hasil yang tercapai lebih baik lagi..
0 Response to "CONTOH TUGAS AKHIR VISUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK"
Post a Comment