PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI KERTAJATI-MAJALENGKA


Acara Makan bersama di saung suro Majalengka

PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA DALAM MENGHADAPI MODERNISASI

PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI KERTAJATI-MAJALENGKA



A.     PENDAHULUAN

                 Kita maklumi bersama bahwa pemuda sangat berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia yang kita cintai ini, jikalau kita tengokok sejarah kebelakang, maka kita akan melihat kiprah pemuda terbukti pada tanggal 28 Oktober 1928 tercetus dengan istilah Sumpah Pemuda yang berbunyi: Bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia”. Yang pada waktu itu dipelopori oleh para pemuda yang kemudian menghantarkan bangsa Indonesia ke gerbang kemerdekaan.



          Kita juga baca dalam sejarah Bangsa Indonesia di Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945 bagaiman salah seorang tokoh pemuda bernama Bung Tomo yang mengobarkan api semangat para pemuda dengan memekikkan kalimat Takbir “ Allahu Akbar” dalam berperang melawan tentara sekutu yang berkeinginan menjajah kembali Bangsa ini,  pemuda saat itu tidak rela tanah airnya dikuasai oleh penjajah, sehingga pada tanggal 10 Nopember kita kenang dengan Hari Pahlawan yang sampai saat ini setiap tahunnya selalu kita  peringati.

             Bapak Proklamator Ir. Soekarno dan Bung Hatta adalah tokoh pemuda saat itu, telah rela mengorbankan jiwa raganya untuk melawan kesewenangan penjajah, demi tercpainya kemerdekaan Bangsa Indonesia yang kita cintai, maka pada tanggal 17 Agustus 1945 Bapak Ir. Soekarno dan Bung Hatta memproklamasikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat yang bercita-cita  adil makmaur dan sejahtera rakyatnya.

            Setelah kita menengok sejarah dari masa penjajahan sampai dengan kemerdekaan , Maka kita lihat bahwa pemuda sangat berperan penting dalam menghantarkan Bangsa Indonesia menjadi Negara Merdeka dan Berdaulat, berdasarkan perjalanan sejarah bangsa ini maka tugas kita adalah menjaga, mengisi dan membangun Bangsa dan Negara yang kita cintai bersama untuk mencapai tujuan adil, makmur, dan sejahtera.



Gerakan Pemuda

              Kemajuan dan keberhasilan Bangsa ini kedepan tentunya berada pada pundak pemuda, karena pemuda adalah tulang punggung Bangsa, pemuda adalah harapan Bangsa, pemuda adalah masa depan bangsa, dan kita dapat melihat gerakan pemuda saat terjadinya peristiwa MALARI  yang mana pemuda dan mahasiswa turun kejalan menuntut turunkan harga barang, dan begitu pula pada tahun 1998 pemuda dan mahasiswa kembali membuat sejarah baru dengan GERAKAN REFORMASI  Yang menjadi latar belakang berakhirnya masa ORDE BARU.

          Kiprah pemuda di kanca Nasional maupun Iternasional diberbagai bidang, seperti            bidang seni, olah raga dan bidang lainnya yang dapat membanggakan kita sebagai anak bangsa, namun kita tak dapat pungkiri sebagai anak bangsa, bahwa masih adanya pemuda yang kurang berperan dalam mengisi, membangun dan menjaga bangsa ini, dan apabila kita biarkan pemuda tersebut maka kedepan bisa jadi mereka melupakan jati dirinya sebagai anak bangsa.  

         Dengan latar belakang sejarah tersebut, pemuda di masa penjajahan yang begitu gigihnya berjuang untuk kemedekaan, maka di masa Reformasi tentunya pemuda harus lebih berperan aktif lagi dalam menjaga, membangun bangsa yang kita cintai ini, sehingga pada akhirnya kita menjadi pemuda (anak bangsa) yang dapat membanggakan negeri ini dengan prestasi-prestasi positif sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Amiin.

         Kami sebagai anak bangsa yang bernaung di bawah pembinaan YAYASAN NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA, sebagai yayasan yang bergerak di lembaga pendidikan dan sosial,  masih melihat adanya pemuda yang kurang berperan aktif untuk mengisi kemerdekaan ini. Oleh sebab itu kami tergugah untuk membuat sebuah Kegiatan Pelatihan yang bertema: PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASII PEMBANGUNAN BANDARA  INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI KERTAJATI-MAJALENGKA.

         Kami menyadari bahwa tantangan bangsa kedepan khususnya di wilayah Kecamatan Kertajati Majalengka Jawa Barat yaitu dengan adanya Program Mega Proyek Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tentunya akan banyak memabwa dampak positif dan negatif, namun apabila karakter pemudanya terbentuk kuat dan kokoh dalam semangat nasionalisme dan spiritualnya, maka kami yakin bahwa pemuda kertajati khususnya akan mampu menjawab tatantangan zaman tersebut, sehingga akan menjadi pemuda yang memiliki karakter yang baik dalam mengisi dan membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Amiin.

Kita berharap semoga pemuda Kertajati dengan adanya Program BIJB tersebut tidak menjadi tamu di negeri sendiri, tetapi menjadi pemuda yang bermental Tuan di negeri sendiri.  Semoga.

0 Response to "PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI KERTAJATI-MAJALENGKA"