PENTING UNTUK DI BACA UNTUK KALANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mata Kuliah : Pengembangan
Kurikulum PAI
Hari / Tanggal :
Waktu :
Dosen Pembimbing :
Jawablah beberapa
pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas !
1.
Apakah pengertian
kurikulum menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19 ?
2.
Jelaskan, a) pengembangan
kurikulum harus relevan, dan b) prinsip
khusus pengembangan kurikulum !
3.
Jelaskan ketika
melakukan pengembangan kurikulum PAI pada KTSP dan Kurikulum 2013 !
4.
Coba anda jelaskan
perkembangan kurikulum PAI dalam persfektif sejarah !
5.
Apakah perbedaan
kurikulum PAI pada madrasah dan sekolahan ?
KUNCI JAWABAN
1. Pengertian
kurikulum pada UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19 adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran sebagai bahan
untuk digunakan dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan tertentu
2. a) Prinsip
umum pengembangan kurikulum harus relevan, yaitu; relevan keluar yang mana
tujuan, isi, dan proses pembelajaran hendaknya sesuai dengan tuntutan dan
kebutuhan masyarakat,dan relevan ke
dalam yang mana tujuan, isi, proses dan evaluasi harus menunjukkan keterpaduan.
b) Prinsip
khusus yang mana, 1) tujuan harus sesuai dengan pembangunan, dan tujuan
pendidikan nasional, 2) isi kurikulum harus mengandung aspek pengetahuan,
sikap, dan keterampilan,3) proses harus memperhatikan pendekatan, metode,
strategi atau model pembelajaran sehingga domain kognitif, afektif, dan
spikomotorik tercapai, 4) media
ditetapkan berintegrasi dengan materi dan KBM, 5) evaluasi hendaknya
menggunakan alat test yang mampu menilai aspek pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
3. Guru PAI
dalam KTSP ketika menetapkan indikator yang berdampak pada tujuan, materi,
metode, media, sumber belajar, dan evaluasi yang akan dilakukan. Guru PAI pada
Kurtilas ketika menetapkan skenaria pembelajaran harus memenuhi 5M.
4. PAI resmi
termuat pada kurikulum 1952-1964 tingkat sekolahan 2 Jam seminggu dengan porsi
25% dari keseluruhan mata pelajaran. Pada Kurikulum 1968 PAI sama dengan
kurikulum 1964, pada kurikulum 1975 PAI memuat tujuan TIU dan TIK mengacu pada
tujuan pendidikan umum, tujuan institusional dan tujuan kurikuler secara
hierarkis. Berikutnya pada kurikulum 1984 PAI berkarakter CBSA, Tahun 1994 dan
suplemen 1999 dtetapkan madrasah sebagai sekolah berkarakter Islam statusnya
sama dengan sekolahan satu paket melalui sistem pendidikan nasional, dalam
kurikulum KBK, kurikulum 2004 dan kurikulum 2013, PAI keberadaannya mapan
seperti mata pelajarannya lainnya berbasis kompetensi pembelajaran active learning.
5. Kurikulum
PAI pada madrasah terinci dalam bentuk mata pelajaran Al-Quran Hadits, Akidah
akhlak, Piqh, dan SKI, sementara pada sekolahan ketiga mata pelajaran
terintegrasi pada mata pelajaran PAI
0 Response to "CONTOH SOAL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA"
Post a Comment