CONTOH SOAL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA

PENTING UNTUK DI BACA UNTUK KALANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



Mata Kuliah                  :    Pengembangan Kurikulum PAI
Hari / Tanggal              :   
Waktu                             :   
Dosen Pembimbing     :  
Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas !  
1.       Apakah pengertian kurikulum menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat  19 ?

2.      Jelaskan, a) pengembangan kurikulum harus relevan, dan b) prinsip khusus pengembangan kurikulum !

3.      Jelaskan ketika melakukan pengembangan kurikulum PAI pada KTSP dan Kurikulum 2013 !

4.      Coba anda jelaskan perkembangan kurikulum PAI  dalam persfektif sejarah !

5.      Apakah perbedaan kurikulum PAI pada madrasah dan sekolahan ?



KUNCI JAWABAN
                                                                 
1.     Pengertian kurikulum pada UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran sebagai bahan untuk digunakan dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan tertentu
2.     a) Prinsip umum pengembangan kurikulum harus relevan, yaitu; relevan keluar yang mana tujuan, isi, dan proses pembelajaran hendaknya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat,dan   relevan ke dalam yang mana tujuan, isi, proses dan evaluasi harus menunjukkan keterpaduan.
b) Prinsip khusus yang mana, 1) tujuan harus sesuai dengan pembangunan, dan tujuan pendidikan nasional, 2) isi kurikulum harus mengandung aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan,3) proses harus memperhatikan pendekatan, metode, strategi atau model pembelajaran sehingga domain kognitif, afektif, dan spikomotorik  tercapai, 4) media ditetapkan berintegrasi dengan materi dan KBM, 5) evaluasi hendaknya menggunakan alat test yang mampu menilai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
3.     Guru PAI dalam KTSP ketika menetapkan indikator yang berdampak pada tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, dan evaluasi yang akan dilakukan. Guru PAI pada Kurtilas ketika menetapkan skenaria pembelajaran harus memenuhi 5M.
4.     PAI resmi termuat pada kurikulum 1952-1964 tingkat sekolahan 2 Jam seminggu dengan porsi 25% dari keseluruhan mata pelajaran. Pada Kurikulum 1968 PAI sama dengan kurikulum 1964, pada kurikulum 1975 PAI memuat tujuan TIU dan TIK mengacu pada tujuan pendidikan umum, tujuan institusional dan tujuan kurikuler secara hierarkis. Berikutnya pada kurikulum 1984 PAI berkarakter CBSA, Tahun 1994 dan suplemen 1999 dtetapkan madrasah sebagai sekolah berkarakter Islam statusnya sama dengan sekolahan satu paket melalui sistem pendidikan nasional, dalam kurikulum KBK, kurikulum 2004 dan kurikulum 2013, PAI keberadaannya mapan seperti mata pelajarannya lainnya berbasis kompetensi pembelajaran active learning.
5.     Kurikulum PAI pada madrasah terinci dalam bentuk mata pelajaran Al-Quran Hadits, Akidah akhlak, Piqh, dan SKI, sementara pada sekolahan ketiga mata pelajaran terintegrasi pada mata pelajaran PAI



0 Response to "CONTOH SOAL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA"