PENILAIAN KOMODEL FORMAT MPETENSI SIKAP, KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI KETERAMPILAN


PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP, KOMPETENSI PENGETAHUAN 
DAN KOMPETENSI KETERAMPILAN




Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk predikat, yakni predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) sebagaimana tertera pada tabel berikut.


Nilai Ketuntasan Sikap
(Predikat)
Sangat Baik (SB)
Baik (B)
Cukup (C)
Kurang (K)

Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut:



Nilai Ketuntasan
Pengetahuan dan Keterampilan
Rentang Angka
Huruf
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D



1.   Penilaian Kompetensi Sikap
A.   Observasi
Contoh: Format pengamatan sikap dalam laboratorium IPA :

No
Nama
Aspek perilaku yang dinilai
Keterangan
No
Nama Siswa
Bekerja
 sama
Rasa
ingin
tahu
Disiplin

Peduli
  Lingkung-
  an

Keterangan






































































dst








Catatan:
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1= kurang

 
A.   Penilaian Diri (Self Assessment)
Contoh: Format penilaian diri untuk aspek sikap
Partisipasi Dalam Diskusi Kelompok
Nama                                                   : ----------------------------
Nama-nama anggota kelompok          : ----------------------------
Kegiatan kelompok                              : ----------------------------
Isilah pernyataan berikut dengan jujur. Untuk No. 1 s.d. 6, isilah dengan angka 4 – 1 didepan tiap pernyataan:
4 : selalu                     2 : kadang-kadang
3 : sering                     1 : tidak pernah
1.--- Selama diskusi saya mengusulkan ide kepada kelompok untuk didiskusikan
2.--- Ketika kami berdiskusi, tiap orang diberi kesempatan mengusulkan sesuatu
3.--- Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan
4.--- Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya
5. Selama kerja kelompok, saya….
---- mendengarkan orang lain
---- mengajukan pertanyaan
---- mengorganisasi ide-ide saya
---- mengorganisasi kelompok
---- mengacaukan kegiatan
---- melamun
6. Apa yang kamu lakukan selama kegiatan?
    ---------------------------------------------------------------------

 
A.   Penilaian teman sebaya(Peer asessment)

Contoh: Format penilaian teman sebaya
No
No
Pernyataan
Pernyataan
Skala
4
3
2
1
1.
Teman saya berkata benar, apa adanya kepada
orang lain




2.
Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas
sekolah




3.
Teman saya mentaati peraturan (tata-tertib) yang
diterapkan




4.
Teman saya memperhatikan kebersihan diri
sendiri




5.
Teman saya mengembalikan alat kebersihan,
pertukangan, olah raga, laboratorium yang sudah
selesai dipakai ke tempat penyimpanan semula




6.
Teman saya terbiasa menyelesaikan pekerjaan
sesuai dengan petunjuk guru




7.
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu
apabila diberikan tugas oleh guru




8.
Teman saya berusaha bertutur kata yang sopan
kepada orang lain




9.
Teman saya berusaha bersikap ramah terhadap
orang lain




10.
Teman saya menolong teman yang sedang
mendapatkan kesulitan




11.
........






 
A.   penilaian melalui jurnal (anecdotal record)
Contoh: Format penilaian melalui jurnal
Nama          : ................................
Kelas                    : ................................
Hari, Tanggal
Kejadian
Keterangan



























Keterangan: diisi dengan ceklis ( √ )


2     Penilaian Kompetensi Pengetahuan
A.   Tes tertulis
B.   Observasi terhadap diskusi, tanya jawab dan percakapan

Contoh: Format observasi terhadap diskusi, tanya jawab, dan
              Percakapan
Nama
Peserta
Didik
Pernyataan
Nama
Peserta
Didik
Nama
Peserta
Didik
Pengungkapan
 gagasan
yang orisinal
Kebenaran
konsep
Ketepatan
penggunaan
istilah
dan lain
sebagainya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak








































































































































 
2     Penilaian Kompetensi Keterampilan
A.   Daftar cek
Contoh: Format instrumen penilaian praktik di laboratorium
 
2     Penilaian Kompetensi Keterampilan
A.   Daftar cek
Contoh: Format instrumen penilaian praktik di laboratorium

Nama Peserta didik
Nama
Peserta
didik
Aspek yang dinilai
Menggunakan
jas lab
Membaca
prosedur
kerja
Member-
sihkan alat
Menyimpan
alat pada
tempatnya
Nama
Peserta
didik
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak






















































































































 
A.   Skala Penilaian (Rating Scale)
Contoh: Format instrumen penilaian praktik olahraga bola volley





















Keterangan: diisi dengan tanda cek (√).
Kategori penilaian:
4 = sangat baik;
3 = baik;
2 = cukup; dan
1 = kurang.












 

0 Response to "PENILAIAN KOMODEL FORMAT MPETENSI SIKAP, KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI KETERAMPILAN"