RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER GANJIL MATERI POKOK LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Langkah Penelitian  Geografi
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sekolah                      :  MA NURUSSYAHID KERTAJATI
Mata Pelajaran          : GEOGRAFI
Kelas I Semester       :  X / Satu
Materi pokok             :  Langkah Penelitian  Geografi
Alokasi Waktu          :  15 Jam ( 5 X Pertemuan )

A.    Tujuan Pembelajaran  :
1.      Siswa dapat Mengamati fenomena geografis
2.      Siswa dapat merumuskan pertanyaan penelitian geografi
3.      Siswa dapat mengumpulkan serta mengolah data geografis
4.      Siswa dapat menganalisis data geografis

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.
Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
1.1.1.      Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
1.2.
Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
1.2.1.      Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
1.3.
Menghayati jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.
1.3.1.      Menghayati jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.

1.4.
Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah  timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
1.4.1.      Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah  timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
2.2.
Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk yang dapat berfikir ilmiah.
2.2.1.      Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk yang dapat berfikir ilmiah. 
3.2.
Memahami langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta
3.2.1.      Mengamati fenomena geografis
3.2.2.      Merumuskan pertanyaan penelitian geografi
3.2.3.      Mengumpulkan serta mengolah data geografis
3.2.4.      Menganalisis data geografis
4.2.
Menyajikan hasil observasi lapangan dalam bentuk makalah yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
4.2.1.      Membuat laporan penelitian

C.   Materi Pembelajaran
1.      Fakta
Ruang lingkup studi geografi (5W+1H)
2.      Konsep
Desain penelitian  geografi (judul, masalah, tujuan, hipotesis, populasi sampel
3.      Prinsip
·         Pendekatan & Metode analisis geografi.
·         Teknik pengumpulan data Teknik analisis data
4.      Prosedural
·         Menentukan obyek penelitian
·         Mengajukan hipotesis 
·         Mengumpul kan data/ informasi
·         Mengolah data
·         Mengambil kesimpulan
·         Publikasi hasil penelitian

D.    Metode Pembelajaran
1.      kontekstual
2.      konstruktivisme
3.      Diskusi

E.      Media Pembelajaran
Alat (Bahan) :
-    Peta Konsep
         -    Power point, Video, LCD, Laptop

F.      Sumber belajar :
-     Buku teks pelajaran geografi kelas X
-    Jurnal ilmiah
-    Informasi berkala yang terkait dengan penelitian geografi
-    Dokumen hasil penelitian geografi (skripsi atau makalah)
-         Poster-poster yang dipublikasikan oleh instansi terkait (LAPAN dan badan geologi)
-          Dan lain-lain

G.    Model Pembelajaran dan Pendekatan :
1.              Scientific
2.              Discovery
Langkah-langkah :
1.         Menciptakan stimulus/rangsangan (Stimulation)
2.         Menyiapkan pernyataan masalah (Problem Statement)
3.         Mengumpulkan data (Data Collecting)
4.         Mengolah data (Data Processing)
5.         Memverifikasi data (Verrification)
6.         Menarik kesimpulan (Generalisation)


H.    Langkah – langkah Pembelajaran

PERTEMUAN :  1
Materi : Mengamati fenomena geografis

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Pendahuluan
·  Mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa dan mengabsen.
·  Merefleksi pembelajaran SMP tentang dasar-dasar geografi.
·  Pemberian motivasi menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ruang lingkup pengetahuan geografi
·  Menyampaikan tujuan pembelajaran
·  Memberikan soal pretest secara lisan

·   Menjawab salam, berdoa dan menjawab absen
·   Menyimak dan menjawab pertanyaan yang muncul
·   Menyimak penjelasan tentang Mengamati fenomena geografis
·   Menyimak penyampaian tujuan pembelajaran
·   Menjawab soal pretes

15 Menit
Inti
Fase 1. Stimulation(stimulasi/pemberian rangsangan)
105 Menit
· Memberikan stimulus dengan cara
· Menanya tentang : Mengamati fenomena geografis

·   Menyimak pertanyaan yang diberikan oleh guru
Fase 2: Problem statement(pertanyaan/identifikasi masalah)
·  Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan : Cara mengamati fenomena geografis
·   Diharapkan akan muncul pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik seperti:
·   Bagaimana cara memahami dan Mengamati fenomena geografis

Fase 3 : Data collection(Pengumpulan Data)
· Membimbing dan memotivasi masing-masing individu dalam kelompok untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan permasalahan

·   mencari informasi dengan diskusi dan kajian literature untuk memecahkan permasalahan.

Fase 4 : Data Processing(Pengolahan Data)
· Mempersilahkan peserta didikberdiskusi dengan bantuan buku dan sumber-sumber dari internet



· Melakukan penilaian otentik sikap (observasi) menggunakan format penilaian yang ada pada instrumen penilaian sikap

·   Melakukan diskusi kelompok
·   Berperan aktif dalam diskusi kelas
Fase 5 : Verification(Pembuktian)
·      Guru membimbing peserta didik melakukan pembuktian terhadap jawaban permasalahan Melalui diskusi mengenai cara mengamati fenomena geografis

·    Melakukan pembuktian data melalui diskusi

Fase 6 : Generalization(Menarik kesimpulan/generalisasi)
·    Guru membimbing peserta didik menulis laporan diskusi
·    Membimbing Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas yang diwakili oleh satu kelompok yang bersedia atau dipilh secara acak
·    Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan diskusi kelas dan tanya jawab mengenai pembahasan jawaban pertanyaan.
·    Guru memberikan penguatan tentang
1.  Mengamati fenomena geografis
·    Guru merefleksi proses pembelajaran dengan meninjau permasalahan awal melalui pertanyaan
·    Melaksanakan penilaian menggunakan format penilaian yang ada pada instrumen penilaian otentik

·    Menulis  laporan diskusi

·    mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas yang diwakili oleh satu kelompok yang bersedia atau dipilh secara acak, sementara peserta didik lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan atau pendapat.
·    berperan aktif dalam diskusi kelas
·    Menyimak  penguatan tentang
1.    Mengamati fenomena geografis
·    Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru
Penutup
·     Bersama peserta didik menyimpulkan cara Mengamati fenomena geografis.
·     Memberikan PR
·     Melaksanakan postes
·     Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar


·     Merencanakan kegiatan tindak lanjut (remedi, pengayaan, konseling, dan/atau tugas)
·     menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan  berikutnya dan memberikan tugas secara lisan untuk merangkum di buku catatan tentang : Rumusan pertanyaan penelitian geografi

·  Bersama guru menyimpulkan cara Mengamati fenomena geografis.
·  Menyimak PR yang diberikan
·  Mengikuti Postest

·  Menerima informasi tentang:
-      rencana kegiatan tindak lanjut (remedi, pengayaan, konseling, dan/atau tugas)

-      rencana pembelajaran pada pertemuan  berikutnya.
15 Menit


I.       Penilaian Pembelajaran
1.      Jenis dan Teknik Penilaian
·         Tugas:
Peserta diminta untuk membuat projek penelitian sederhana tentang fenomena geografi yang ada di sekitar sekolah.

·         Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses penelitian yaitu pada saat membuat rencana, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis, dan menarik kesimpulan, serta ketika membuat media publikasi yang akan dikomunikasikan kepada orang lain.

·         Tes tulis:
Menilai kemampuan peserta didik dalam menguasai konsep tentang studi, pendekatan, metode analisis,  teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data geografi. Dalam bentuk : Pilihan ganda dan  Uraian

2        Bentuk Penilaian dan Penskoran (Terlampir)


LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN

A. PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN

1.      Tes Praktek  (Penilaian Kinerja )

Mata Pelajaran                 :  Geografi
Nama Kinerja                  :  Observasi kenampakan alam dan buatan
Alokasi Waktu                 :   1 Minggu
Nama                                : 
Kelas                                 :

No.
Aspek Yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
1
Pengamatan




2.
Data yang diperoleh




3.
Kesimpulan





Aspek yang dinilai

Penilaian
1
2
3
4
Pengamatan
Pengamatan sangat tidak cermat
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Data yang diperoleh
Data sangat tidak lengkap
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
Kesimpulan
Sangat Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan
                                               
Rekapitulasi Hasil Penilaian :
No.
Nama Siswa
Skor Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
1
2
3
4
1.






2.






3.






4.







1.      Skor Maksimal = jumlah skor perolehan : skor maksimal) x 100

B. PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

1.    Tes Tulis (Pilihan Ganda/Benar Salah/Menjodohkan)

No

Nama Siswa
Nomor Soal
∑ Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1.












2.












3.












4.












5.













Keterangan :
Nilai = (Skor Perolehan : skor maksimal) x 100

2.    Tes Tulis (Uraian/Isian/Jawaban Singkat)

No
Nama Siswa
Nomor Soal Uraian
∑ skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.












2.












3.












4.












5.













Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor Maksimum
1.


2.


3.


4.


Skor Maksimal
100


Mengetahui,                                                                                           Kertajati, Juli 2016
Kepala MA Nurussyahid                                                                     Guru Mata Pelajaran





LAMPIRAN SOAL

1.      Topik penelitian geografi yang berkaitan dengan ilmu paleontology adalah ……
a.      Pengaruh Keberadaan Pasar Tradisional terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Sekitarnya
b.      Dampak Penebangan Hutan terhadap Kesuburan Tanah
c.       Tingkat Pencemaran Udara serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Udara dan Kesehatan Manusia
d.      Hubungan antara Persebaran Fosil dengan Karakteristik Formasi Batuan
e.       Kesesuaian Lahan suatu Kawasan untuk Kawasan Pertanian

2.      Pokok-pokok ruang lingkup studi ilmu geografi, antara lain
1)            Region
2)            Interaksi antara manusia dengan alam
3)            Kebudayaan manusia dan akibatnya terhadap alam
4)            Persebaran aspek manusia dengan pola keruangan
Pernyataan di atas yang benar adalah ...
a.      1, 3 dan 4
b.      1 dan 4
c.       1, 2, dan 4
d.      1, 2, dan 3
e.       2, 3, dan 4

3.      Pendekatan dalam ilmu geografi yang menelaah manusia sebagai subjek dalam satu kesatuan ruang adalah …….
a.      pendekatan deskripsi
b.      keruangan
c.       sejarah
d.      kompleks wilayah
e.       ekologi

4.      Konsep esensial geografi yang terkait dengan bentuk roman muka bumi adalah ……..
a.      jarak
b.      aglomerasi
c.       morfologi
d.      nilai kegunaan
e.       aksesibilitas

5.     Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan gejala-gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari adalah …….
a.      aktivitas magma pada gunung api
b.      pergantian cuaca
c.       banjir yang terjadi pada musim hujan
d.      satelit komunikasi yang menglilingi bumi
e.       arus laut dan gelombang laut

6.      Laporan tentang terjadinya arus pasang naik di beberapa wilayah pantai Jawa dan Sumatra termasuk studi ilmu ….
a.      hidrologi
b.      oceanografi
c.       meteorology
d.      geografi
e.       astronomi

7.      Laporan tentang proses terjadinya arus pasang naik di beberapa wilayah pantai Jawa dan Sumatra termasuk berkaitan ilmu penunjang geografi ….
a.      hidrologi, oceanografi, meteoro logy, astronomi
b.      hidrologi, oceanografi, meteoro logy, pedologi
c.       hidrologi, oceanografi, geomor fologi, geologi
d.      hidrologi, geologi, meteorology, pedologi
e.       klimatologi, oceanografi, meteoro logi, pedologi.

8.          Laporan tentang proses terjadinya gempa bumi di Yogjakarta dan Aceh termasuk berkaitan ilmu penunjang geografi….
a.      hidrologi, oceanografi
b.      oceanografi, pedologi
c.       oceanografi, geologi
d.      geologi, meteorology
e.       meteorology, pedologi

9.      Definisi geografi yang cakupannya paling memadai sebagai ruang lingkup geografi adalah
a.      geografi mempelajari tentang peristiwa alam
b.      geografi mempelajari tentang persebaran manusia dan alam
c.       geografi mempelajari tentang fenomena geofer yang berpengaruh pada permukaan bumi dan dideskripsikan serta diinterprestasikan
d.      geografi mempelajari tentang lingkungan hidup
e.       geografi mempelajari tentang lingkungan social dalam satu ruang

10.  Studi geografi tentang gempa bumi di Aceh, maka pendekatan yang paling tepat adalah pendekatan ….
a.      spasial
b.      aktivitas manusia
c.       kewilayahan
d.      kelingkungan
e.       region

II. Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat !
1.         Langkah- langkah yang dilakukan dengan upaya terjun dilapangan melakukan pengamatan yakni dengan cara metode  …………….
2.         Program Arcview GIS merupakan salah satu cara dalam menganalisis wilayah dengan metode …………
3.         Penyusunan hipotesa penelitian di perlukan untuk …………………
4.         Fungsi studi kepustakaan bagi penelitian geografi ………………..
5.         Pergerakan lempeng tektonik sehingga menyebabkan di Indonesia mengalami gempa, untuk analisis tersebut menggunakan analisis ………………..



I.       Uraian
  1. Konsep yang di gunakan dalam Penelitian Geografi tersebut !
a.       …………………………………………………………………………..
b.      …………………………………………………………………………..
c.       …………………………………………………………………………..

  1. Prinsip Geografi yang di gunakan dalam Penelitian Geografi tersebut !
a.      ……………….
b.      . ……………………………..
c.       . …………………………………..

  1. Pendekatan Geografi yang digunakan dalam Penelitian Geografi tersebut
a.       …………………
b.      ……………………………….
c.       ………………………………….

  1. Buatlah Ringkasan Langkah- Langkah Penelitian dari Penelitian Geografi tersebut di atas !
a.      Perumusan dan pernyataan masalah penelitian
·         Perumusan Masalah : ……………………………………………………………………………………………
·         -Judul Penelitian : ……………………………………………………………………………………………
b.      Perumusan tujuan penelitian
1.      ……………………………………………………………………………………………
2.      ……………………………………………………………………………………………
c.       Penyusunan hipotesa penelitian : ………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………………
d.      Penentuan populasi dan penarikan sampel : …………………………………………………………………
e.       Teknik pengumpulan data dan Informasi Geografis ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
f.        Kesimpulan  …………………………………………………………………………………………………



0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER GANJIL MATERI POKOK LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI"