RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Nama Sekolah/Madrasah :
MA NURUSSYAHID KERTAJATI
Mata Pelajaran : AKIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok : Fungsi Al-Quran dalam Kehidupan
Alokasi Waktu :
4 x 45 Menit (2 Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat
merumuskan pengertian akhlak tercela,
menyebutkan dalil akhlak , ciri ciri akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub,
riya`)
2. Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat menyebutkan bahaya akhlak tercela, cara
menghindari akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.5. Menunjukkan
sikap penolakan terhadap akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
2.5. Menghindarkan diri dari sifat-sifat
buruk (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
3.5. Menganalisis
induk-induk akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.1 Mendefinisikan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.2 Mendiskripsikan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.3 Menjelaskan
keutamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub,
riya’)
3.4.4 Menyimpulkan
keutamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub,
riya’)
4.5. Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad,
Takabur/ujub, riya’)
4.4.1. Mempresentasikan keuatamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
C. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Pengertian Akhlak tercela adalah segala
sesuatu perbuatan yang dilarang untuk dilakukan karena dapat merugikan diri
sendiri dan orang lain.
2. Macam – macam Akhlak tercela yang harus kita
jauhi yaitu antara lain :
a.
Hubbud Dun-ya () berarti cinta dunia, yaitu menganggap harta benda adalah segalanya
dan menebtukan segalanya. Penyakit hubbud-dunya (gila dunia) berawal dari
penyakit iman, yang berakar pada persepsi yang SALAH bahwa dunia ini adalah
tujuan akhir kehidupan, sehingga akhirat dilupakan. Akhirnya, jabatan dan harta
dipandang sebagai tujuan, bukan sebagai alat untuk meraih keridhaan Allah Swt.
b.
Hasad berarti dengki maksudnya suatu sikap atau perbuatan yang
mencerminkan rasa marah, tidak suka karena rasa iri. Orang yang hasud menginginkan kenikmatan yang
diperoleh orang lain dan berharap supaya berpindah kepadanya. Ia juga tidak
suka jika ada orang lain yang menyamainya baik dalam hal prestasi maupun
materi.
c. Takabur-Ujub Secara bahasa (etimologi) , 'Ujub, berasal dari kata "'ajaba", yang artinya "kagum,
terheran-heran, takjub. Al I’jabu bin Nafsi () berarti kagum pada diri
sendiri. Sedangkan
takabur berarti “sombong” atau “berusaha menampakkan
keagungan diri”. Dalam kitab lisanul Arab, antara lain disebutkan
bahwa at-takabur wal istikbar berarti at-ta’azzhum (sombong)
d.
Riya’
adalah mengerjakan suatu perbuatan atau ibadah untuk mendapatkan pujian dari
orang lain, bukan karena Allah semata.
Orang riya’ tidak ikhlas dalam beramal, ia senantiasa pamer dan cari perhatian
supaya mendapat pujian, sanjungan dan pengakuan.
3. Ayat ayat yang menerangkan tentang Akhlak
tercela diantaranya :
a.
“Akan datang
suatu masa umat lain akan memperebutkan kamu ibarat orang-orang lapar
memperebutkan makanan dalam hidangan.” Sahabat bertanya, “Apakah lantaran pada waktu itu jumlah
kami hanya sedikit Ya Rasulullah?”. Dijawab oleh beliau, “Bukan,
bahkan sesungguhnya jumlah kamu pada waktu itu banyak, tetapi kualitas kamu
ibarat buih yang terapung-apung di atas laut, dan dalam jiwamu tertanam
kelemahan jiwa.” Sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud kelemahan jiwa, Ya
Rasulullah?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati!”. (HR.
Abu Daud).
b.
“ Jauhilah olehmu sifat dengki, sesungguhnya
dengki itu akan memakan kebajikan sebagaimana api memakan kayu bakar “ (HR. Abū Dāud)
D. Metode Pembelajaran
(Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok,
menunjuk salah seorang siswa menjadi
moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah
diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap
bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi
mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya
didepan kelas.
3. Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh
siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang tujuan dan
fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian mesume dan memberikan komentar seperlunya.
E. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Menyajikan Peta Konsep tentang Akhlak
tercela
2. Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
F. Sumber Belajar
- Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
- Departemen Agama,
Al-Qur’an dan terjemahannya
- Modul hasil karya
Musyawarah Guru Akidah Akhlak
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1) Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2) Menyapa kondisi
kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3) Guru mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4) Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan
dipelajari
|
||
5) Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan
kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
·
Guru membagi
kelas menjadi empat
kelompok dan membagikan Peta Konsep
·
Guru
mempersilahkan siswa untuk mengamati Peta Konsep sesuai dengan tema yang
ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
||
2) Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain
atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan Peta Konsep ataupun
materi pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing
kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan
isi materi yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan
Menutup
|
15’
|
|
1) Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2) Guru memberikan penguatan materi ajar
|
||
3) Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan
sesuai materi ajar “Akhlak Tercela”
|
||
4) Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1) Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2) Menyapa kondisi
kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3) Guru mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4) Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan
dipelajari
|
||
5) Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan
kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
· Guru
meminta siswa mengamati Gambar orang yang berhungan dengan (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
· Siswa menyimak pengantar dari guru mengenai (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
secara umum
|
||
2) Menanya
·
Siswa memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru memberi
tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
·
Guru
meminta siswa mencari sumber informasi berkaitan dengan (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
·
Siswa
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan
elektronik tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad,
takabur/ujub, riya’)
|
||
4)
Mengasosiasi
·
Guru
meminta siswa untuk merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber
belajar tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad,
takabur/ujub, riya’)
·
Guru
meminta siswa untuk menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan (ḥubbud-dun-ya,
ḥasad, takabur/ujub, riya’)
|
||
5)
Mengkomunikasikan
·
Siswa
mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya
·
Siswa
menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan
tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad,
takabur/ujub, riya’)
|
||
Kegiatan
Menutup
|
15’
|
|
1) Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2) Guru memberikan penguatan materi ajar
|
||
3) Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan
sesuai materi ajar “Akhlak Tercela”
|
||
4) Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
H. Penilaian
- Tes
tulis: uraian objektif
- Performance
(praktek)
Lampiran
1. Instrument
penilaian dengan pedoman penskoran
2. Instrumen
penilaian sikap
3. Instrumen
penilaian pengetahuan ( tes tulis)
4. Instrumen
penilaian ketrampilan (tes performance)
Mengetahui
Kepala Madrasah,
|
Kertajati,
2016
Guru Mapel
|
|
DICY HAPIDDIN, Lc, M.PdI
|
PEDOMAN
OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta
didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh : Skor diperoleh 20, skor
tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
24 Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik : apabila
memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor < 1.33
LEMBAR
PENILAIAN KOGNITIF
a.
Isilah pertanyaan berikut
dengan singkat dan tepat
1. Secara bahasa hubud-dun-ya
berarti.............................
2. Menurut hadis Nabi orang yang
cinta dunia dan takut mati disebut.....
3. Orang yang menginginkan orang
lain menderita disebut....
4. Sifat hasad akan menghabiskan
kebaikan sebagaimana api menghabiskan.....
5. Keberhasilan yang diraih
seseorang bisa menyebabkan ia menjadi.....
6. Contoh orang yang sombong yang
hidup pada Nabi Musa adalah......
7.
Orang yang sombong karena ilmunya akan membuat dia.............
8.
Orang yang melakukan kebaikan bukan karena Allah disebut....
9.
Kebalikan dari riya’ adalah.....
10.Riya’ termasuk kategori
syirik....
b.Jawablah
Pertanyaan berikut dengan benar
1)
Sebutkan penyebab dari hubud-dun-ya!
2)
Jelaskan apa bahaya dari sifat hubud-dun-ya?
3)
Sebutkan cirri-ciri sifat hasad!
4)
Bagaimana menghindari sifat hasad?
5)
Sebutkan bahaya dari sifat hasad!
6)
Sebutkan penyebab dari sifat kibir dan ujub
7)
Bagaimana cara mengobati sifat kibir dan ujub
8)
Jelaskan pengertian dari riya’
9)
Jelaskan 3 contoh perilaku riya’!
10) Sebutkan bahaya dari sifat riya’!
c.
Portofolio dan Penilaian Sikap
LEMBAR
PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: ..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
Menghafal hadist tentang Hubudiyah
|
|||||
2
|
Menghafal hadist tentang hasad
|
|||||
3
|
Menghafal hadist tentang riya’
|
|||||
4
|
Menghafal hadist tentang Tkabbur ujub
|
|||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman
penskoran :
•
5 = sangat baik
•
4 = baik
•
3 = cukup
•
2 = kurang
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 AKIDAH AKHLAK FUNGSI AL-QUR'AN DALAM KEHIDUPAN KELAS X SEMESTER GANJIL"
Post a Comment