RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 AKIDAH AKHLAK FUNGSI AL-QUR'AN DALAM KEHIDUPAN KELAS X SEMESTER GANJIL





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Nama Sekolah/Madrasah        :   MA NURUSSYAHID KERTAJATI
Mata Pelajaran                        :  AKIDAH AKHLAK
Kelas/Semester                        :  Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                          :  Fungsi Al-Quran dalam Kehidupan
Alokasi Waktu                        :  4 x 45 Menit (2 Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  pengertian  akhlak tercela, menyebutkan dalil akhlak , ciri ciri akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
2.      Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menyebutkan bahaya akhlak tercela, cara menghindari akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.5. Menunjukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
2.5. Menghindarkan diri dari sifat-sifat buruk (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
3.5. Menganalisis induk-induk akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.1 Mendefinisikan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.2 Mendiskripsikan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.3 Menjelaskan keutamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
3.4.4 Menyimpulkan keutamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
4.5. Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (hubbun-dun-ya, pasad, Takabur/ujub, riya’)
   4.4.1. Mempresentasikan keuatamaan sifat (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)

C. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Pengertian Akhlak tercela adalah segala sesuatu perbuatan yang dilarang untuk dilakukan karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
2.      Macam – macam Akhlak tercela yang harus kita jauhi yaitu antara lain :
a.    Hubbud Dun-ya () berarti cinta dunia, yaitu menganggap harta benda adalah segalanya dan menebtukan segalanya. Penyakit hubbud-dunya (gila dunia) berawal dari penyakit iman, yang berakar pada persepsi yang SALAH bahwa dunia ini adalah tujuan akhir kehidupan, sehingga akhirat dilupakan. Akhirnya, jabatan dan harta dipandang sebagai tujuan, bukan sebagai alat untuk meraih keridhaan Allah Swt.
b.   Hasad berarti dengki maksudnya suatu sikap atau perbuatan yang mencerminkan rasa marah, tidak suka karena rasa iri.  Orang yang hasud menginginkan kenikmatan yang diperoleh orang lain dan berharap supaya berpindah kepadanya. Ia juga tidak suka jika ada orang lain yang menyamainya baik dalam hal prestasi maupun materi.
c.     Takabur-Ujub Secara bahasa (etimologi) , 'Ujub, berasal dari kata "'ajaba", yang artinya "kagum, terheran-heran, takjub. Al I’jabu bin Nafsi () berarti kagum pada diri sendiri.  Sedangkan takabur berarti “sombong” atau “berusaha menampakkan keagungan diri”. Dalam kitab lisanul Arab, antara lain disebutkan bahwa at-takabur wal istikbar berarti at-ta’azzhum (sombong)
d.   Riya’ adalah mengerjakan suatu perbuatan atau ibadah untuk mendapatkan pujian dari orang lain, bukan karena  Allah semata. Orang riya’ tidak ikhlas dalam beramal, ia senantiasa pamer dan cari perhatian supaya mendapat pujian, sanjungan dan pengakuan.
3.      Ayat ayat yang menerangkan tentang Akhlak tercela diantaranya :
a.        
                                 
“Akan datang suatu masa umat lain akan memperebutkan kamu ibarat orang-orang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan.” Sahabat bertanya, “Apakah lantaran pada waktu itu  jumlah kami hanya sedikit Ya Rasulullah?”. Dijawab oleh beliau, “Bukan, bahkan sesungguhnya jumlah kamu pada waktu itu banyak, tetapi kualitas kamu ibarat buih yang terapung-apung di atas laut, dan dalam jiwamu tertanam kelemahan jiwa.” Sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud kelemahan jiwa, Ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati!”. (HR. Abu Daud).
b.     
                                                         
“ Jauhilah olehmu sifat dengki, sesungguhnya dengki itu akan memakan kebajikan sebagaimana api memakan kayu bakar “ (HR. Abū Dāud)


D.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang tujuan dan fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian mesume dan memberikan komentar seperlunya.

 E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

    1.  Media
Menyajikan Peta Konsep tentang Akhlak tercela
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
F.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)      Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)      Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)      Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

4)      Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)      Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
·         Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikan Peta Konsep
·         Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati Peta Konsep sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan


2)   Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan Peta Konsep ataupun materi pembelajaran.


3)   Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan


4)   Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya


5)   Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan

Kegiatan Menutup
15’

1)       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)       Guru memberikan penguatan materi ajar


3)       Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “Akhlak Tercela”


4)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)      Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)      Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)      Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

4)      Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)      Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
·     Guru meminta siswa mengamati Gambar orang yang berhungan dengan (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
·     Siswa menyimak pengantar dari guru mengenai (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’) secara umum


2)   Menanya
·         Siswa memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·         Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·         Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.


3)   Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
·      Guru meminta siswa mencari sumber informasi berkaitan dengan (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
·      Siswa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)



4)   Mengasosiasi
·         Guru meminta siswa untuk merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)
·         Guru meminta siswa untuk menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)



5)   Mengkomunikasikan
·       Siswa mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya
·       Siswa menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang (ḥubbud-dun-ya, ḥasad, takabur/ujub, riya’)

Kegiatan Menutup
15’

1)       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)       Guru memberikan penguatan materi ajar


3)       Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “Akhlak Tercela”


4)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis



H. Penilaian
- Tes tulis: uraian objektif
- Performance (praktek)

Lampiran
1.  Instrument penilaian dengan pedoman penskoran
2.  Instrumen penilaian sikap
3.  Instrumen penilaian pengetahuan ( tes tulis)
4.  Instrumen penilaian ketrampilan (tes performance)


Mengetahui
Kepala Madrasah,

Kertajati,                 2016
Guru Mapel








DICY HAPIDDIN, Lc, M.PdI





PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan

1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi




4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan




5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar




Jumlah Skor





LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :           ………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
         berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya




3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan




5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain





Keterangan :
       SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
       SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
       KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
       TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan



Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai        : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                           : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu




2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




3
Memakai seragam sesuai tata tertib




4
Mengerjakan tugas yang diberikan




5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh : Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = 3.33
 
14
24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup                         : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33




LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
a. Isilah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat
1. Secara bahasa hubud-dun-ya berarti.............................
2. Menurut hadis Nabi orang yang cinta dunia dan takut mati disebut.....
3. Orang yang menginginkan orang lain menderita disebut....
4. Sifat hasad akan menghabiskan kebaikan sebagaimana api menghabiskan.....
5. Keberhasilan yang diraih seseorang bisa menyebabkan ia menjadi.....
6. Contoh orang yang sombong yang hidup pada Nabi Musa adalah......
7.  Orang yang sombong karena ilmunya akan membuat dia.............
8.  Orang yang melakukan kebaikan bukan karena  Allah disebut....
9.  Kebalikan dari riya’ adalah.....
10.Riya’ termasuk kategori syirik....

b.Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar
1)         Sebutkan penyebab dari hubud-dun-ya!
2)         Jelaskan apa bahaya dari sifat hubud-dun-ya?
3)         Sebutkan cirri-ciri sifat hasad!
4)         Bagaimana menghindari sifat hasad?
5)         Sebutkan bahaya dari sifat hasad!
6)         Sebutkan penyebab dari sifat kibir dan ujub
7)         Bagaimana cara mengobati sifat kibir dan ujub
8)         Jelaskan pengertian dari riya’
9)         Jelaskan 3 contoh perilaku riya’!
10)  Sebutkan bahaya dari sifat riya’!

c. Portofolio dan Penilaian Sikap


LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: ..........................

No

Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi

1
Menghafal hadist tentang Hubudiyah





2
Menghafal hadist tentang hasad





3
Menghafal hadist tentang riya’





4
Menghafal hadist tentang Tkabbur ujub












Jumlah Nilai





Pedoman penskoran :
         5 = sangat baik
         4 = baik
         3 = cukup
         2 = kurang



 

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 AKIDAH AKHLAK FUNGSI AL-QUR'AN DALAM KEHIDUPAN KELAS X SEMESTER GANJIL"