RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MAN
RAJAGALUH
Mata
pelajaran : PRAKARYA
(ELEKTRONIKA)
Kelas/Semester : X / GANJIL
Materi Pokok : MENGENAL KOMPONEN
ELEKTRONIKA
Alokasi
Waktu : 2 X 45 JAM
A. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami dan mengetahui karakteristik dari
setiap komponen elektronika baik yang termasuk komponen pasif dan aktif
2. Menjelaskan
karakteristik dari setiap komponen elektronika baik yang termasuk komponen
pasif dan aktif
3. Menentukan dan
menghitung besarnya nilai dari suatu jenis komponen tertentu
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi*)
3.1.
Memahami karakteristik komponen
elektronika baik yang termasuk
komponen pasif dan aktif
C. Materi Pembelajaran
1. Komponen elektronika pasif
dan aktif
2. Pengertian komponen pasif
dan aktif
3. Resistor (pengertian,
fungsi, jenis)
4. Tabel warna resistor
5. Cara menentukan nilai
resistor
6. Cara menguji resistor
1.
D. Metode Pembelajaran
Ceramah, Demonstrasi
E. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Buku paket
2. Bahan
3. Kit rangkaian elektronika
F. Sumber Belajar
1. Buku Paket belajar
elektronika praktis
2. Modul keterampilan elektronika
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama:
1 (2 x45) menit
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
a.
Pendahuluan
|
-
memberi salam , berdoa
-
Absensi
-
menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
|
10 menit
|
b. Inti
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan informasi/mencoba
Menalar/mengasosiasi
Mengomunikasikan
|
Mengamati
-
Menunjukan suatu
contoh bentuk rangkaian elektronika
-
siswa mengamati dan
menuliskan hasil pengamatan mereka
Menanya
-
Mampu bertanya
komponen apa saja yang ada dalam rangkaian tersebut
Mengumpulkan informasi
-
Menuliskan masing-masing jenis komponen yang diamati
Menalar
-
Guru memberikan
konsep dasar dari materi yang dipelajari
-
Siswa mencari
referensi yang berkaitan materi
pembelajaran
Menalar/mengasoisiasi
-
Siswa melakukan
browsing di internetmencari tokoh-tokoh wirausaha yang berhasil
Mengomunikasikan
-
Mencari tahu nama
dari masing-masing komponen tersebut
-
Mengelompokan
komponen tersebut berdasarkan jenisnya
-
Mengidentifikasi
karakteristik dari masing-masing komponen
tersebut
|
75 menit
|
c.
Penutup
|
-
Guru
menyempurnakan pengamatan siswa
-
Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
-
Guru
mengakhiri kegiatan
|
15 menit
|
H.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
1. Tes berupa uraian dan PG
(lihat di buku paket)
1. Non Tes, berupa lembar pengamatan kerja
kelompok / makalah
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKARYA (ELEKTRONIKA) MENGENAL KOMPONEN ELEKTRONIKA X / GANJIL "
Post a Comment