RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

SESUATUNYA HARUS DI MULAI DARI YANG KITA MAMPU DAN TAHU, AGAR TERCAPAI TUJUAN
Foto Anak Didik Madrasah Aliyah Dengan Miss Liza Relawan Amerika setelah kegiatan Berbahasa Inggris aktif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sekolah                      :  MA MAJALENGKA
Mata Pelajaran          : GEOGRAFI
Kelas I Semester       :  X / Satu
Materi pokok             :  Pengetahuan Dasar geografi
Alokasi Waktu          :  9  Jam Pel ( 3x pertemuan )

A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi
2.      Siswa dapat menjelaskan objek studi dan aspek geografi
3.      Siswa dapat membedakan konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
4.      Siswa dapat membedakan prinsip geografi dan contoh terapannya
5.      Siswa dapat menjelaskan pendekatan geografi dan contoh terapannya

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.
Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.
1.1.1.      Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti tentang lingkungannya.

1.2.
Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
1.2.1.      Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

1.3.
Menghayati jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.
1.3.1.      Menghayati jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.

1.4.
Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah  timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
1.4.1.      Menghayati keberadaan diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah  timbulnya bencana alam, dan memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.




2.1.
Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1.      Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
3.1.
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1.      Menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi
3.1.2.      Menjelaskan objek studi dan aspek geografi
3.1.3.      Membedakan konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
3.1.4.      Membedakan prinsip geografi dan contoh terapannya
3.1.5.      Menjelaskan pendekatan geografi dan contoh terapannya

4.1.
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
4.1.1.      Menerapkan keterampilan geografi


C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta
·      Fenomena  alam & contohnya kehidupan
·       Contoh peristiwa bencana gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor dll
·       litosfer, atmosfer, hidrosfer, bosfer & antroposfer

2.      Konsep
·      konsep Geografi   dari beberapa ahli/smb
·      sepuluh  konsep  dasar  geografi

3.      Prinsip
·      distribusi  interrelasi, deskripsi dan korologi
·      pendekatan keruangan, ekologi dan kompleks wilayah

4.      Prosedur
·      Menunjukkan 10 konsep dalam geografi
·      Menunjukkan 4 prinsip dalam geografi
·      Menunjukkan 3 dasar pendekatan dalam geografi

D.    Metode Pembelajaran
1.   Kontekstual
2.   Konstruktivisme
3.   Diskusi

E.      Media Pembelajaran
Alat / Bahan        :           Peta Konsep, Power point, Video, LCD, Laptop

F.      Sumber Belajar   :          
o   Buku paket geografi kelas X
o   Jurnal ilmiah
o   Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
o   Laporan perjalanan
o   Peta rupa bumi,
o   Sumber informasi lain yang dimuat dalam situs terkait di internet dan lain-lain

G.    Langkah – langkah Pembelajaran

PERTEMUAN :  1
Materi : 1. Ruang lingkup pengetahuan geografi 
2.      Menjelaskan objek studi dan aspek geografi
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Pendahuluan
·   Mengucapkan salam, mengajak peserta didik berdoa dan mengabsen.
·   Merefleksi pembelajaran SMP tentang dasar-dasar geografi.
·   Pemberian motivasi menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ruang
·   Pemberian motivasi menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ruang lingkup pengetahuan geografi
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran
·   Memberikan soal pretest secara lisan
·   Menjawab salam, berdoa dan menjawab absen
·   Menyimak dan menjawab pertanyaan yang muncul
·   Menyimak penjelasan kaitan hubungan ruang lingkup pengetahuan geografi
·   Menyimak penyampaian tujuan pembelajaran
·   Menjawab soal pretes

15 Menit
Inti
Fase 1. Stimulation(stimulasi/pemberian rangsangan)
105 Menit
· Memberikan stimulus dengan cara
· Menanya tentang : ruang lingkup pengetahuan geografi, objek studi dan aspek geografi

·   Menyimak pertanyaan yang diberikan oleh guru
Fase 2: Problem statement(pertanyaan/identifikasi masalah)
·  Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan :
1.      Cara menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi
2.      Cara menjelaskan objek studi dan aspek geografi
·   Diharapkan akan muncul pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik seperti:
·   Bagaimana cara memahami dan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi, objek studi dan aspek geografi

Fase 3 : Data collection(Pengumpulan Data)
· Membimbing dan memotivasi masing-masing individu dalam kelompok untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan permasalahan
·   mencari informasi dengan diskusi dan kajian literature untuk memecahkan permasalahan.
Fase 4 : Data Processing(Pengolahan Data)
· Mempersilahkan peserta didikberdiskusi dengan bantuan buku dan sumber-sumber dari internet
· Melakukan penilaian otentik sikap (observasi) menggunakan format penilaian yang ada pada instrumen penilaian sikap

·   Melakukan diskusi kelompok
·   Berperan aktif dalam diskusi kelas
Fase 5 : Verification(Pembuktian)
· Guru membimbing peserta didik melakukan pembuktian terhadap jawaban permasalahan
Melalui diskusi di dalam kelompokmu,
1. cara memahami dan menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi, objek studi dan aspek geografi

·    Melakukan pembuktian data melalui diskusi

Fase 6 : Generalization(Menarik kesimpulan/generalisasi)
·    Guru membimbing peserta didik menulis laporan diskusi
·    Membimbing Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas yang diwakili oleh satu kelompok yang bersedia atau dipilh secara acak
·    Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan diskusi kelas dan tanya jawab mengenai pembahasan jawaban pertanyaan.
·    Guru memberikan penguatan tentang
1.  menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi
·    Guru merefleksi proses pembelajaran dengan meninjau permasalahan awal melalui pertanyaan
·    Melaksanakan penilaian menggunakan format penilaian yang ada pada instrumen penilaian otentik

·    Menulis  laporan diskusi

·    mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas yang diwakili oleh satu kelompok yang bersedia atau dipilh secara acak, sementara peserta didik lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan atau pendapat.
·    berperan aktif dalam diskusi kelas


·    Menyimak  penguatan tentang
1.    menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi, objek studi dan aspek geografi.
·    Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru
Penutup
·    Bersama peserta didik menyimpulkan cara menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi, objek studi dan aspek geografi.
·    Memberikan PR
·    Melaksanakan postes
·    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
·    Merencanakan kegiatan tindak lanjut (remedi, pengayaan, konseling, dan/atau tugas)
·    menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan  berikutnya dan memberikan tugas secara lisan untuk merangkum di buku catatan tentang :
·    menjelaskan objek studi dan aspek geografi, objek studi dan aspek geografi.


·  Bersama guru menyimpulkan cara menjelaskan pengertian dan ruang lngkup geografi, objek studi dan aspek geografi.
·  Menyimak PR yang diberikan
·  Mengikuti Postest

·  Menerima informasi tentang:
-      rencana kegiatan tindak lanjut (remedi, pengayaan, konseling, dan/atau tugas)
-      rencana pembelajaran pada pertemuan  berikutnya.
15 Menit







H.    Penilaian Pembelajaran
1 Jenis dan Teknik Penilaian
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, mengasosiasi, dan komunikasi. Aspek yang diamati adalah keuletan dan keseriusannya dalam mengerjakan tugas.

 Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam memahami ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, dan aspek geografi.
Bentuk tes yang digunakan adalah  : Pilihan ganda dan tes uraian.

2  Bentuk Penilaian dan Penskoran. (Terlampir)





LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN

A. PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN

1.      Tes Praktek  (Penilaian Kinerja )

Mata Pelajaran                       :  Geografi
Nama Kinerja                                    :  Observasi kenampakan alam dan buatan
Alokasi Waktu                       :   1 Minggu
Nama                                      : 
Kelas                                       :
No.
Aspek Yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
1
Pengamatan




2.
Data yang diperoleh




3.
Kesimpulan





Aspek yang dinilai

Penilaian
1
2
3
4
Pengamatan
Pengamatan sangat tidak cermat
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Data yang diperoleh
Data sangat tidak lengkap
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
Kesimpulan
Sangat Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan

Rekapitulasi Hasil Penilaian :
No.
Nama Siswa
Skor Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai Sikap
Predikat
1
2
3
4
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.








9.








10.









1.      Skor Maksimal = jumlah sikap yang dinilai x jumlah criteria.
2.      Nilai Sikap = (jumlah skor perolehan : skor maksimal) x 100
3.      Nilai sikap dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut :

Kriteria
Skor
Indikator
Rentang Nilai
SB (Sangat Baik)
4
Selalu
91 – 100
B (Baik)
3
Sering
75 – 90
C (Cukup)
2
Kadang-Kadang
60 – 74
K (Kurang)
1
Tidak Pernah
 ≤ 59


B. PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

1.    Tes Tulis (Pilihan Ganda/Benar Salah/Menjodohkan)

No

Nama Siswa
Nomor Soal
∑ Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1.












2.












3.












4.












5.













Keterangan :
Nilai = (Skor Perolehan : skor maksimal) x 100




2.    Tes Tulis (Uraian/Isian/Jawaban Singkat)

No
Nama Siswa
Nomor Soal Uraian
∑ skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.












2.












3.












4.












5.













Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor Maksimum
1.


2.


3.


4.


Skor Maksimal
100

3.    Tes  Lisan
No
Nama Siswa
Nomor Pertanyaan
∑ skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.












2.












3.












4.












5.













Daftar Pertanyaan
No.
Pertanyaan
Skor
1.


2.


3.


4.


5.


Skor Maksimal
100

4) Penugasan
Mata Pelajaran                       :
Nama Tugas                           :
KD/Indikator                         :

No.
Pelaksanaa Tugas

Materi Penugasan
Jenis Tugas
Rentang Waktu Penugasan
Selama Proses Pembelajaran
Pembelajaran Mandiri
Individu
Kelompok














C. PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP

1. Observasi

No.
Nama Siswa
Skor untuk Sikap

∑ Skor

Nilai

Predikat
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Peduli
Santun




1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.










10.











·           Skor Maksimal = jumlah sikap yang dinilai x jumlah criteria.
·           Nilai Sikap = (jumlah skor perolehan : skor maksimal) x 100
·           Nilai sikap dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut :


Kriteria
Skor
Indikator
Rentang Nilai
SB (Sangat Baik)
4
Selalu
91 – 100
B (Baik)
3
Sering
75 – 90
C (Cukup)
2
Kadang-Kadang
60 – 74
K (Kurang)
1
Tidak Pernah
 ≤ 59




Mengetahui,                                                                                  Majalengka, Juli 2016
Kepala MA                                                                                  Guru Mata Pelajaran


LAMPIRAN SOAL

SOAL SOAL :
I.         Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
1.      Jelaskan perkembangan ilmu geografi dengan membuat  skema  sederhana ?
2.      Jelaskan ruang lingkup geografi dalam kehidupan sehari – hari ?
3.      Jelaskan perbedaan obyek formal dan obyek material  ?
4.      Jelaskan aspek geografi yang menyebabkan adanya migrasi penduduk ?

II. Isilah titik- titik dengan jawaban yang benar !
1.      Adaptasi manusia dengan lingkungan fisis dan biologisnya di kenal dengan istilah …………………… …..………….
2.      Ciri- ciri suatu wilayah dengan mempelajari daerah tersebut yang meliputi hal- hal yang menjadi potensial daerah tersebut …………………………………
3.      Cara pandang terhadap obyek material (litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antroposfer)…………………………………,

III. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1.      Dalam geografi, prinsip deskripsi sangatlah penting karena pendeskripsian suatu wilayah dimaksudkan untuk ……..
a.      menampilkan peta secara lengkap
b.      membuat simbol-simbol secara benar
c.       mengembangkan semua potensi sumber daya yang ada
d.      menarik minat investor
e.       merencanakan pembangunan wilayah


2.      Ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk-bentuk permukaan bumi yang terjadi karena kekuatan-kakuatan yang bekerja di dalam dan di atas permukaan bumi disebut
a.      geofisika
b.      geomorfologi
c.       meteorologi
d.      oseanografi
e.       astronomi

3.      Geografi merupakan suatu studi mengenai perbedaan serta persamaan geosfer. Oleh sebab itu, geosfer disebut sebagai ....
a.      objek formal geografi
b.      objek fungsional geografi
c.       objek regional geografi
d.      objek material geografi
e.       objek fungsional geografi

4.      Salah satu penunjang dalam ilmu geografi yang mempelajari lautan beserta isinya disebut
a.      Biologi
b.      Geomorfologi
c.       Hidrologi
d.      Antropologi
e.       Oceanografi


1.      Evaluasi Pertama

A. Lengkapi skema di bawah ini !


  1. Untuk mendalami cabang ilmu dan ilmu bantu geografi lengkapilah matriks dicbawah ini !

NAMA ILMU
KAJIAN ILMUNYA
ASPEK
Geografi  Manusia (antropogeografi)


Geografi Sejarah


Kartografi


Geografi Matematika


Etnografi


Biogeografi


Geomorfologi


Hidrologi


Pedologi


Klimatologi




















0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI"