MAKALAH TENTANG KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MANGAJAR MELALUI TANYA JAWABAN

MAKALAH TENTANG KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MANGAJAR MELALUI TANYA JAWABAN






METODE MENGAJAR MELALUI TANYA JAWA

A.  METODE MENGAJAR
1.  Pengertian
      Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain ialah tehnik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok, baik itu secara itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar maka makin efektif pula pencapaian tujuan.
      Di dalam kenyataannya, cara atau metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap (kognitif, psikomotor, afektif ). Khusus metode mengajar di dalam kelas, efektifitas suatu metode dipengaruhi oleh factor tujuan, factor siswa, factor situasi, dan factor guru itu sendiri.
      Dengan memiliki pengetahuan secara umum meneganai sifat bebrbagai metode, seorang guru akan lebih mudah menetapkan metode yang paling sesuai dalam situasi dan kondisi pengajaran yang khusus.
      Kalau kita perhatikan proses perkembangan di Indonesia bahwa salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaan pendidikan ialah masalah metode mengajar. Metode tidaklah mempunyai apa-apa bila dipandang terpisah dari komponen lain. Mwetode hanya penting dalam hubungannya dengan segenap komponen lainnya, seperti tujuan, situasi, dan lain-lain.
      Didalam penggunaan satu atau beberapa metode syarat-syarat yang harus diperhatikan yaitu :
1.      Metode mengajar yang digunakan harus dapat membangkitkan motif, minat, atau gairah belajar siswa.
2.      Metode mengajar yang digunakan harus dapat menjanmin perkembangan kegiatan kepribadian siswa.
3.      Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karya.
4.      Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut melakukan eksplorasi dan inovasi (pembaharuan).
5.      Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mendidik siswa dalam tehnik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.
6.      Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mentiadakan penyajian yang bersifat verbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yang nyata dan bertujuan.
7.      Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan  dalam kebiasaan cara bekerja yang baik dalam kehidupan sehari-hari.


B.  METODE TANYA JAWAB
      1.  Pengertian
            Metide Tanya jawab adalah suatu metode didalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya sedangkan murid murid menjawab tentang bahan materi yang ingin diperolehnya.
            Metode Tanya jawab dilakukan :
1.      Sebagai ulangan pelajaran yang telah diberikan,
2.      Sebagai selingan dalam pembicaraan
3.      Untuk merangsang anak didik agar perhatiannya tercurah kepada masalah yang sedang dibicarakan,
4.      Untuk mengarahkan proses berpikir.

  1. Segi Positif ( kelebihan ) Metode Tanya Jawab
a.       Guru akan segera akan mengetahui bahan pelajaran yang masih kabur / belum dipahami oleh siswa,\
b.      Baik sekali untuk melatih siswa agar berani mengembangkan pendapatnnya dengan biasa secara teratur,
c.       Siswa dapat menanyakan langsung kepada guru tentang pelajaran yang dianggap sulit,
d.      Kelas akan hidup karena siswa aktif berpikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara,
e.       Timbulnya perbedaan perbedaan pendapat diantara siswa atau guru dengan siswa , akan membawa kelas ke dalam suasana diskusi.

  1. Segi Negatif ( kelemahan ) metode Tanya Jawab
a.       Apabila terjadi perbedaaan pendapat akan banayak waktyu untuk menyelesaikannya,
b.      Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian siswa, terutama apabila terdapat jawaban-jawaban yang kebetulan menarik perhatiaanya, tetapi bukan sasarannya yang dituju,
c.       Dapat menmghambat cara berpikir, apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi pelajaran,
d.      Situasi persaingan bisa timbul, apabila guru kurang menguasai teknik pemakaian metode ini.

  1. Cara mengatasinya (saran-saran)
a.       Guru perlu menyusun keseluruhan pertanyaan yang akan diajukan,
b.      Diusahakan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban yang diberikan tidak menyimpang dari masalah / pokok pembicaraan,
c.      Giliran menjawab secara merta, tidak berpusat kepada siswa tertentu.      
    
C.  TEKNIK PENYAJIAN DENGAN TANYA JAWAB
            Kalau mendengarkan ceramah terus menerus, siswa mengantuk dan bosan. Lama kelamaan perhatiaanya menurun, apabila kata-kata dan suara si penceramah tidak menarik.
            Maka untuk menghidupkan interaksi belajar mengajar perlu diusahakan teknik Tanya jawab atau dialog, yaitu suatu teknik untuk memberi motifasi pada siswa agar bangkit pikirannya untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Selama mendengarkan pelajaran atau guru mengajukan pertanyaan mengenai isi pelajaran yang sedang diajarkan, siswa seharusnya sudah mengerti. Petrtanyaaan yang lebih luas asalkan berkaitan dengan pelajaran atau dengan pengalaman yang dihayati dengan tanggung jawab itu, menyebabkan pelajaran menjadi lebih mendalam dan meluas.
            Guru melontarkan teknik tanya jawab agar siswa dapat menegrti atau mengingat-ingat tentang fakta yang dipelajari,  didengar, ataupun dibaca, sehingga mereka memiliki pengertian yang mendalam tentang fakta itu. Diharapkan pula dengan Tanya jawab itu mampu dijelaskan langkah-langkah berpikir atau proses yang ditempuh dalam memecahkan soal atau masalah, sehingga pikiran anak tidak meloncat-loncat, yang akan merugikan siswa dalam menagkap suatu masalah. Dengan demikian, siswa dapat menemukan pemecahan masalah dengan cepat dan tepat.
            Penggunaan Tanya jawab biasanya baik untuk maksud-maksud yang diperlukan untuk menyimpulkan atau mengikhtisarkan pelajaran atau materi yang dibaca. Dengan dibantu Tanya jawab, siswa akan tersusun jalan pikirabnnya sehingga mencapai perumusan yang baik dan tepat. Tanya jawab dapat membantu tumbuhnya perhatian siswa pada pelajaran serta mengembangkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan pengalamannya, sehingga pengetahuannya menjadi gfungsional.
            Dalam Tanya jawab itu pula guru bermaksud meneliti kemampuan atau daya tangkap siswa dalam memahami bacaan, apakah mereka memahami materi yang sedang dibacanya itu ? apakah siswa dapat mengambil kesimpulan dari materi yang dibacanya ? atau siswa mungkin disuruh menceritakan kembali dengan gaya bahasanya sendiri.
            Guru dengan tanya jawab itu mengetahui juga apakah siswa mwendengarka dengan baik. Misalnya dengan menanyakan judul ceramah pokok isi ceramah itu, bagaimana kesimpulan dari ceramah itu ? apakah siswa mampu menceritakan kembali dengan bahsa mereka sendiri. Teknik Tanya jawab itu dapat juga digunakan untuk mengamati suatu demonstrasi atau eksperimen. Pertanyaan bisa ditujukan pada bagaimana langkah-langkah atau prosedur demonstrasi atau eksperimen itu ? apakah siswa dapat memahami proses demonstrasi itu ? dapatkam mereka melakukan demonstrasi itu sendir ? apakah siswa dapat mengerti apa yang dieksperimenkan ? apa dan bagaiman eksperimen itu ? hal tersebut bisA diungkapkan dengan Tanya jawab. Dari jawaban siswa guru dapat mengetahui penguasaan siswa pada pelajaran yang sedang diberikan.
     
D.  KESIMPULAN        
            Dalam semua metode mengajar mempunyai segi positip dan negatifnya masing-masing. Seperti dalam teknik Tanya jawab memiliki keunggulannya seperti kelas akan hidup karena siswa tidak hanya mendengarkan ceramah saja tetapi partisipasi siswa lebih besar dan berusaha mendengarkan pertanyaan guru dengan baik dan mencoba untuk memberikan jawaban yang tepat, sehingga anak meneriama pelajaran dengan aktif ( berpikir ),  tidak fasip ( mendengarkan saja ).         
           
            Namun ada juga kelemahannya yaitu kelancaran jalannya pelajaran agak terhambat karena diselingi Tanya jawab, juga jawaban siswa belum tentu selalu benar bahkan mungkin kadang-kadang dapat menyimpang dari persoalannya sehingga guru memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh jawaban yang benar.     
           
            Dalam menggunakan tanya jawab kita menggunakan kata-kata 5 W dan 1 H yaitu, sebagaiberikut :
  1. What ( apa )
  2. Who ( siapa)
  3. Why ( menggapa )
  4. When ( kapan )
  5. where ( dimana ) dan
  6. How ( berapa )

0 Response to "MAKALAH TENTANG KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MANGAJAR MELALUI TANYA JAWABAN"