MAKALAH TENTANG KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MANGAJAR MELALUI TANYA JAWABAN
METODE MENGAJAR MELALUI TANYA JAWA
A. METODE MENGAJAR
1. Pengertian
Metode mengajar adalah suatu pengetahuan
tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur.
Pengertian lain ialah tehnik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau
menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual
maupun secara kelompok, baik itu secara itu dapat diserap, dipahami dan
dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar maka makin
efektif pula pencapaian tujuan.
Di dalam kenyataannya, cara atau metode
mengajar yang digunakan untuk menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang
ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan, dan
sikap (kognitif, psikomotor, afektif ). Khusus metode mengajar di dalam kelas,
efektifitas suatu metode dipengaruhi oleh factor tujuan, factor siswa, factor
situasi, dan factor guru itu sendiri.
Dengan memiliki pengetahuan
secara umum meneganai sifat bebrbagai metode, seorang guru akan lebih mudah
menetapkan metode yang paling sesuai dalam situasi dan kondisi pengajaran yang
khusus.
Kalau kita perhatikan proses perkembangan
di Indonesia bahwa salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaan
pendidikan ialah masalah metode mengajar. Metode tidaklah mempunyai apa-apa
bila dipandang terpisah dari komponen lain. Mwetode hanya penting dalam
hubungannya dengan segenap komponen lainnya, seperti tujuan, situasi, dan
lain-lain.
Didalam penggunaan satu atau
beberapa metode syarat-syarat yang harus diperhatikan yaitu :
1.
Metode mengajar yang digunakan harus dapat membangkitkan motif, minat,
atau gairah belajar siswa.
2.
Metode mengajar yang digunakan harus dapat menjanmin perkembangan
kegiatan kepribadian siswa.
3.
Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat memberikan kesempatan bagi
siswa untuk mewujudkan hasil karya.
4.
Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat merangsang keinginan siswa
untuk belajar lebih lanjut melakukan eksplorasi dan inovasi (pembaharuan).
5.
Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mendidik siswa dalam
tehnik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.
6.
Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mentiadakan penyajian yang
bersifat verbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yang nyata
dan bertujuan.
7.
Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menanamkan dan
mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang baik dalam
kehidupan sehari-hari.
B. METODE TANYA JAWAB
1. Pengertian
Metide Tanya jawab
adalah suatu metode didalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya
sedangkan murid murid menjawab tentang bahan materi yang ingin diperolehnya.
Metode Tanya jawab
dilakukan :
1.
Sebagai ulangan pelajaran yang telah diberikan,
2.
Sebagai selingan dalam pembicaraan
3.
Untuk merangsang anak didik agar perhatiannya tercurah kepada masalah
yang sedang dibicarakan,
4.
Untuk mengarahkan proses berpikir.
- Segi Positif ( kelebihan ) Metode Tanya Jawab
a.
Guru akan segera akan mengetahui bahan pelajaran yang masih kabur /
belum dipahami oleh siswa,\
b.
Baik sekali untuk melatih siswa agar berani mengembangkan pendapatnnya
dengan biasa secara teratur,
c.
Siswa dapat menanyakan langsung kepada guru tentang pelajaran yang
dianggap sulit,
d.
Kelas akan hidup karena siswa aktif berpikir dan menyampaikan pikiran
melalui berbicara,
e.
Timbulnya perbedaan perbedaan pendapat diantara siswa atau guru dengan
siswa , akan membawa kelas ke dalam suasana diskusi.
- Segi Negatif ( kelemahan ) metode Tanya Jawab
a.
Apabila terjadi perbedaaan pendapat akan banayak waktyu untuk
menyelesaikannya,
b.
Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian siswa, terutama apabila
terdapat jawaban-jawaban yang kebetulan menarik perhatiaanya, tetapi bukan
sasarannya yang dituju,
c.
Dapat menmghambat cara berpikir, apabila guru kurang pandai dalam
penyajian materi pelajaran,
d.
Situasi persaingan bisa timbul, apabila guru kurang menguasai teknik
pemakaian metode ini.
- Cara mengatasinya (saran-saran)
a.
Guru perlu menyusun keseluruhan pertanyaan yang akan diajukan,
b.
Diusahakan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban yang diberikan
tidak menyimpang dari masalah / pokok pembicaraan,
c. Giliran menjawab
secara merta, tidak berpusat kepada siswa tertentu.
C. TEKNIK PENYAJIAN DENGAN TANYA JAWAB
Kalau mendengarkan
ceramah terus menerus, siswa mengantuk dan bosan. Lama kelamaan perhatiaanya
menurun, apabila kata-kata dan suara si penceramah tidak menarik.
Maka untuk menghidupkan
interaksi belajar mengajar perlu diusahakan teknik Tanya jawab atau dialog,
yaitu suatu teknik untuk memberi motifasi pada siswa agar bangkit pikirannya
untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Selama mendengarkan
pelajaran atau guru mengajukan pertanyaan mengenai isi pelajaran yang sedang
diajarkan, siswa seharusnya sudah mengerti. Petrtanyaaan yang lebih luas
asalkan berkaitan dengan pelajaran atau dengan pengalaman yang dihayati dengan
tanggung jawab itu, menyebabkan pelajaran menjadi lebih mendalam dan meluas.
Guru melontarkan teknik
tanya jawab agar siswa dapat menegrti atau mengingat-ingat tentang fakta yang
dipelajari, didengar, ataupun dibaca,
sehingga mereka memiliki pengertian yang mendalam tentang fakta itu. Diharapkan
pula dengan Tanya jawab itu mampu dijelaskan langkah-langkah berpikir atau proses
yang ditempuh dalam memecahkan soal atau masalah, sehingga pikiran anak tidak
meloncat-loncat, yang akan merugikan siswa dalam menagkap suatu masalah. Dengan
demikian, siswa dapat menemukan pemecahan masalah dengan cepat dan tepat.
Penggunaan Tanya jawab
biasanya baik untuk maksud-maksud yang diperlukan untuk menyimpulkan atau
mengikhtisarkan pelajaran atau materi yang dibaca. Dengan dibantu Tanya jawab,
siswa akan tersusun jalan pikirabnnya sehingga mencapai perumusan yang baik dan
tepat. Tanya jawab dapat membantu tumbuhnya perhatian siswa pada pelajaran
serta mengembangkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan pengalamannya,
sehingga pengetahuannya menjadi gfungsional.
Dalam Tanya jawab itu
pula guru bermaksud meneliti kemampuan atau daya tangkap siswa dalam memahami
bacaan, apakah mereka memahami materi yang sedang dibacanya itu ? apakah siswa
dapat mengambil kesimpulan dari materi yang dibacanya ? atau siswa mungkin
disuruh menceritakan kembali dengan gaya bahasanya sendiri.
Guru dengan tanya jawab
itu mengetahui juga apakah siswa mwendengarka dengan baik. Misalnya dengan
menanyakan judul ceramah pokok isi ceramah itu, bagaimana kesimpulan dari
ceramah itu ? apakah siswa mampu menceritakan kembali dengan bahsa mereka
sendiri. Teknik Tanya jawab itu dapat juga digunakan untuk mengamati suatu
demonstrasi atau eksperimen. Pertanyaan bisa ditujukan pada bagaimana
langkah-langkah atau prosedur demonstrasi atau eksperimen itu ? apakah siswa
dapat memahami proses demonstrasi itu ? dapatkam mereka melakukan demonstrasi
itu sendir ? apakah siswa dapat mengerti apa yang dieksperimenkan ? apa dan
bagaiman eksperimen itu ? hal tersebut bisA diungkapkan dengan Tanya jawab.
Dari jawaban siswa guru dapat mengetahui penguasaan siswa pada pelajaran yang sedang
diberikan.
D. KESIMPULAN
Dalam semua metode mengajar mempunyai segi positip dan
negatifnya masing-masing. Seperti dalam teknik Tanya jawab memiliki
keunggulannya seperti kelas akan hidup karena siswa tidak hanya mendengarkan
ceramah saja tetapi partisipasi siswa lebih besar dan berusaha mendengarkan
pertanyaan guru dengan baik dan mencoba untuk memberikan jawaban yang tepat,
sehingga anak meneriama pelajaran dengan aktif ( berpikir ), tidak fasip ( mendengarkan saja ).
Namun ada juga kelemahannya yaitu kelancaran jalannya pelajaran
agak terhambat karena diselingi Tanya jawab, juga jawaban siswa belum tentu
selalu benar bahkan mungkin kadang-kadang dapat menyimpang dari persoalannya
sehingga guru memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh jawaban yang
benar.
Dalam menggunakan tanya
jawab kita menggunakan kata-kata 5 W dan 1 H yaitu, sebagaiberikut :
- What ( apa )
- Who ( siapa)
- Why ( menggapa )
- When ( kapan )
- where ( dimana ) dan
- How ( berapa )
0 Response to "MAKALAH TENTANG KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE MANGAJAR MELALUI TANYA JAWABAN"
Post a Comment