Program Keluarga Sadar Gizi (KADARZI)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembangunan adalah usaha yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan guna meningkatkan kondisi yang lebih baik dan kondusif, terwujudnya kehidupan masyarakat yang berdaulat, mandiri, memiliki daya saing, berkeadilan, sejahtera, maju serta memiliki kekuatan moral etika yang baik.
Dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu dilakukan upaya-upaya pembangunan yang berkesinambungan, efektif, dan efesien dengan melakukan pendekatan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat dengan keterlibatannya untuk ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan di tingkat desa.
Pada dasarnya memang kewajiban untuk menyejahterakan masyarakat bukan hanya tugas pemerintah saja namun juga merupakan tugas pemerintah desa dengan masyarakat untuk bersama-sama dan bersinergi memikul tanggung jawab untuk menyejahterakan masyarakat.
Mewujudkan kesejahteraan masyarakat bukan tugas yang ringan apalagi apabila terdapat kendala dan hambatan dalam teknis pelaksanaannya seperti kurangnya kesadaran masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat demi terwujudnya pelaksanaan pembangunan di tingkat desa dengan tidak mengesampingkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dibuatnya proposal ini adalah untuk memberikan gambaran kondisi Desa Cibadak Kecamatan
Sukamakmur Kabupaten Bogor dan kondisi kesehatan ditengah-tengah masyarakat
terutama yang berkaitan dengan masalah gizi bagi ibu dan balita yang akan
dibiayai melalui Program Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dan Lingkungan Bebas
Rawan Pangan (LINGBASRANGAN) Tahun Anggaran 2013.
Sedangkan tujuan dibuatnya
proposal ini adalah sebagai berikut :
1. Sebagai alat ukur guna mengetahui sejauhmana
upaya yang akan dilakukan dalam rangka pelaksanaan program bidang kesehatan di
tingkat desa serta sebagai bahan acuan kinerja pemerintah desa dalam
melaksanakan tugas, fungsi, dan
wewenangnya;
2. Sebagai bahan evaluasi dan bahan pertimbangan
untuk penentuan kebijakan dalam upaya pelaksanaan kinerja Pemerintah Desa
Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka;
3. Sebagai bahan informasi kondisi dan perkembangan
Desa Cibadak secara umum dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan
pembinaan kehidupan kemasyarakat Pemerintah Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati
Kabupaten Majalengka;
C. Dasar Hukum
Dasar hukum dibuatnya proposal Program
Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dan Lingkungan Bebas Rawan Pangan (LINGBASRANGAN)
Tahun Anggaran 2011 ini, adalah sebagai berikut :
1.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950
tentang Pemerintahan Kabupaten dalam Lingkungan Jawa Barat;
2.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004
tentang Pemerintahan Daerah;
3.
Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004
tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah;
4. Peraturan
Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa;
5. Peraturan
Daerah Kabupaten Bogor Nomor 06 Tahun 2002 tentang Bagian Desa dari Hasil
Penerimaan Pendapatan Daerah;
6. Peraturan
Daerah Kabupaten Bogor Nomor 09 Tahun 2006 tentang Desa.
A. Kondisi Geografi
No.
|
Wilayah
|
Luas Wilayah (Ha)
|
Pemu- kiman
|
Hutan
|
Kebun/ Ladang
|
Sawah
|
Kolam/ Empang
|
Fasilitas Sosial
|
Fasilitas Umum
|
|
1.
|
RW.
01
|
215,87
|
3,22
|
0,00
|
3.12
|
21.18
|
0,02
|
0,03
|
0,01
|
|
2.
|
RW.
02
|
193,97
|
2,92
|
0,00
|
4.15
|
53.05
|
0,07
|
0,02
|
0,02
|
|
3.
|
RW.
03
|
146,91
|
3,69
|
0,00
|
2.03
|
34,97
|
0,05
|
0,06
|
0,03
|
|
4.
|
RW.
04
|
254,63
|
4,33
|
5.08
|
15.82
|
64,87
|
0,08
|
0,04
|
0,03
|
|
5.
|
RW.
05
|
142,82
|
3,55
|
0,00
|
2.36
|
82,64
|
0,02
|
0,03
|
0,01
|
|
T o t a l |
954,20
|
17,71
|
5,08
|
27,48
|
256,71
|
0,24
|
0,13
|
0,10
|
No.
|
Wilayah
|
Luas Wilayah (Ha)
|
Rukun Tetangga
|
|
1.
|
RW. 01
|
215,87
|
3
|
|
2.
|
RW. 02
|
193,97
|
3
|
|
3.
|
RW. 03
|
146,91
|
3
|
|
4.
|
RW. 04
|
254,63
|
6
|
|
5.
|
RW. 05
|
142,82
|
4
|
|
T o t a l |
954,20
|
19
|
C. Kondisi Demografi
Penduduk
Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur hingga akhir bulan Januari 2011 tercatat
berjumlah 7.752 jiwa, terdiri dari pria sebanyak 4.042 jiwa (52.06%) dan wanita
sebanyak 3.710 jiwa (47.94%), seks rasio pria dengan wanita 101:99. Banyaknya
rumah tangga 1.875 keluarga, dan jumlah rata-rata anggota keluarga 4
jiwa/keluarga. Kepadatan penduduk yaitu 5,91 jiwa/Ha. Gambaran mengenai
populasi dan kepadatan penduduk tertera pada Tabel 3.
No.
|
Wilayah
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
%
|
Keluarga/
|
å Angg
|
Luas Wil.
|
Kepadatan
|
||||||
Pria
|
Wanita
|
Rmh.Tngga
|
Keluarga
|
(Ha)
|
||||||||||
1.
|
RW.
01
|
726
|
697
|
1.423
|
18,38
|
375
|
4
|
215,87
|
1.
|
|||||
2.
|
RW.
02
|
648
|
528
|
1.176
|
15,11
|
343
|
3
|
193,97
|
2.
|
|||||
3.
|
RW.
03
|
849
|
827
|
1.676
|
21,58
|
352
|
4
|
146,91
|
3.
|
|||||
4.
|
RW.
04
|
1.031
|
984
|
2.015
|
26,01
|
442
|
5
|
254,63
|
4.
|
|||||
5.
|
RW.
05
|
788
|
674
|
1.462
|
18,92
|
363
|
4
|
142,82
|
5.
|
|||||
T o t a l |
4.032
|
3.710
|
7.752
|
100.00
|
1.875
|
4
|
954,20
|
5.91
|
||||||
Dari
jumlah populasi penduduk tersebut sekitar 46,85% (sebanyak 3.631 jiwa) berumur antara 19 – 60 tahun atau merupakan
usia angkatan kerja produktif. Namun dari jumlah pada kelompok usia tersebut
yang sudah bekerja sekitar 86,63% (sebanyak 3.182 orang), dan sekitar 17,52%
(sebanyak 636 orang) belum bekerja. Angka ketergatungan hidup rata-rata yaitu 1 : 4. Keadaan penduduk
menurut kategori usia selengkapnya tergambar pada Tabel 4.
Kelompok Umur
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
%
|
|
Pria
|
Wanita
|
|||
00 - 04 Thn
|
521
|
462
|
1.083
|
12,71
|
05 - 09 Thn
|
501
|
558
|
1.059
|
13,67
|
10 - 14 Thn
|
512
|
415
|
927
|
11,97
|
15 - 19 Thn
|
355
|
357
|
712
|
9.22
|
20 - 24 Thn
|
339
|
273
|
612
|
7,96
|
25 - 29 Thn
|
302
|
235
|
537
|
6,93
|
30 - 34 Thn
|
307
|
276
|
583
|
7,60
|
35 - 39 Thn
|
248
|
235
|
483
|
6,23
|
40 - 44 Thn
|
184
|
219
|
403
|
5.21
|
45 - 49 Thn
|
193
|
201
|
394
|
5.09
|
50 - 54 Thn
|
168
|
145
|
313
|
4.04
|
55 - 59 Thn
|
140
|
146
|
286
|
3.72
|
60 - 64 Thn
|
101
|
73
|
174
|
2,26
|
65 - 69 Thn
|
132
|
47
|
189
|
2.34
|
70 Thn ke atas
|
39
|
37
|
76
|
1.03
|
T o t a l |
4,042
|
3,710
|
7,752
|
100.00
|
D. Kondisi Sosial Budaya
Kondisi
sosial budaya penduduk Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur ini cenderung masih
menunjukkan profil masyarakat pedesaan (rural community), dicirikan
antara lain: (a) usaha ekonomi masyarakat umumnya dibidang pertanian yang
sifatnya masih konvensional; (b) karakteristik sosial budayanya relatif masih
homogen dengan masih cukup terpeliharanya ikatan hubungan kekeluargaan dan
kekerabatan; dan (c) sosial agama penduduk mayoritas atau sekitar 99,94 %
adalah muslim seperti yang tertera pada Tabel 5.
TABEL 5. PENDUDUK BERDASARKAN AGAMA YANG DIANUT
No.
|
Wilayah
|
Jumlah Penduduk
Berdasarkan Agama Yang Dianut
|
Jumlah
|
||||
ISLAM
|
KATOLIK
|
PROTESTAN
|
HINDU
|
BUDHA
|
|||
1.
|
RW.
01
|
1.425
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1.425
|
2.
|
RW.
02
|
1.171
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1.171
|
3.
|
RW.
03
|
1.665
|
0
|
5
|
0
|
0
|
1.670
|
4.
|
RW.
04
|
2.014
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2.014
|
5.
|
RW.
05
|
1.467
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1.467
|
T o t a l
|
7.747
|
0
|
5
|
0
|
0
|
7.747
|
E. Kondisi
Kesejahteraan Sosial
Tingkat
kesejahteraan keluarga menurut kategori Pra-KS sebanyak 868 (46,34%) KS.I
sebanyak 574 (30,65%) KS.II sebanyak 342
(18,26%) KS III sebanyak 83 (4,43%) dan KS III Plus sebanyak 6 (0,32%) serta
keluarga kategori sebagaimana tersaji pada Tabel 6.
Kondisi kesejateraan sosial
penduduk menurut aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi dapat diungkapkan
seperti berikut ini.
No.
|
Wilayah
|
JUMLAH KK
|
JUMLAH PENDUDUK
|
Tahapan Keluraga
Sejahtra
|
||||
Pra KS
|
KSI
|
KSII
|
KSIII
|
KSIII PLUS
|
||||
1.
|
RW.
01
|
374
|
1.425
|
196
|
114
|
67
|
19
|
1
|
2.
|
RW.
02
|
343
|
1.171
|
152
|
102
|
59
|
13
|
1
|
3.
|
RW.
03
|
352
|
1.670
|
161
|
117
|
64
|
15
|
1
|
4.
|
RW.
04
|
442
|
2.014
|
218
|
129
|
85
|
20
|
2
|
5.
|
RW.
05
|
364
|
1.467
|
141
|
112
|
67
|
16
|
1
|
T o t a l
|
1.875
|
7,747
|
868
|
574
|
342
|
83
|
6
|
Kondisi
sosial pendidikan masyarakat cenderung masih sangat rendah, sebagaimana
ditunjukkan antara lain sebagian besar tamatan SD 559 (22,35%) yang belum melek huruf masih tinggi sekitar
280 (11,20%) tidak tamat SD cukup banyak 770 (30,79%) tamatan SLP sebanyak 266
(10,64%) tamatan SLA sekitar 149 (5,96%) dan tamatan Perguruan Tinggi masih
sangat sedikit sebanyak 18 (0,72%) (Diploma dan S.1). Gambaran mengenai kondisi
pendidikan penduduk sebagaimana tersaji pada Tabel 7.
No.
|
Wilayah
|
Belum
|
Blm Melek
|
Tdk Tamat
|
Tamatan Pendidikan Tingkat
|
Jml
|
|||||
Sekolah
|
Huruf
|
SD
|
SD
|
SLP
|
SLA
|
D.1-3
|
S.1
|
> S.1
|
|||
1
|
RW.
01
|
58
|
47
|
157
|
126
|
63
|
37
|
2
|
2
|
0
|
641
|
2
|
RW.
02
|
63
|
54
|
142
|
105
|
54
|
31
|
2
|
0
|
0
|
451
|
3
|
RW.
03
|
59
|
58
|
152
|
102
|
51
|
29
|
3
|
1
|
0
|
455
|
4
|
RW.
04
|
75
|
69
|
173
|
119
|
43
|
25
|
4
|
0
|
0
|
508
|
5
|
RW.
05
|
56
|
52
|
146
|
107
|
55
|
27
|
2
|
1
|
0
|
446
|
T o t a l
|
311
|
280
|
770
|
559
|
266
|
149
|
13
|
5
|
0
|
2.501
|
Kondisi sosial ekonomi menunjukkan, pekerjaan penduduk kebanyakan menjadi petani (15,33%), pedagang (1,75%) dan buruh (3,96%), yang bekerja pada sektor jasa dan industri masih sangat sedikit. Gambaran mengenai pekerjaan penduduk sebagaimana tertera pada Tabel 8.
No.
|
Wilayah
|
Petani
|
Peda-gang
|
Peter-nak
|
Peg. Negeri
|
Wira- swasta
|
Pensi- unan
|
Karya-wan
|
Buruh tani
|
Lainnya
|
||
1.
|
RW.
01
|
168
|
21
|
23
|
0
|
31
|
0
|
0
|
76
|
55
|
||
2.
|
RW.
02
|
113
|
37
|
11
|
2
|
44
|
1
|
4
|
92
|
94
|
||
3.
|
RW.
03
|
126
|
19
|
28
|
0
|
25
|
1
|
6
|
110
|
36
|
||
4.
|
RW.
04
|
186
|
42
|
67
|
2
|
14
|
3
|
8
|
85
|
35
|
||
5.
|
RW.
05
|
144
|
17
|
14
|
1
|
26
|
4
|
6
|
88
|
63
|
||
T o t a l
|
737
|
136
|
143
|
5
|
140
|
9
|
24
|
451
|
283
|
Pendapatan
penduduk rata-rata sebesar Rp. 492.750,- atau cenderung dominan berada pada
tingkat sosial ekonomi rendah, atau hanya mampu mencukupi kebutuhan dasar
konsumsi (dalam perhitungan harga setempat), dengan kondisi yang masih serba
terbatas, baik sarana, prasarana, maupun kopentensi yang dimilikinya.
H. Kondisi Sosial
Kesehatan
Kondisi sosial kesehatan menunjukkan, bahwa dalam tahun 2010 kunjungan pasien yang berobat ke puskesmas keliling, dan tempat pengobatan setempat tercatat sebanyak 25 orang, penyakit yang dideritanya kebanyakan ISPA tidak spesifik (23.13%), dan batuk (22,70%).
Kesehatan ibu dan bayi menunjukkan dari sejumlah 21 ibu
melahirkan beserta bayi yang dilahirkan, diantaranya 2 orang bayi (0,42 %)
meninggal. Sedangkan keadaan gizi balita umumnya (99,58%) baik, dan sekitar.
Angka Harapan Hidup (AHH) penduduk rata-rata di bawah 60 tahun.
I. Kondisi Sarana
dan Prasarana Wilayah
1. Kondisi Sarana dan
Prasarana Pendidikan
Sarana
pendidikan formal yang ada terdiri dari : 1 sekolah taman kanak-kanak (1 TK),
sekolah dasar 6 sekolah (3 SD, 4 MI), sekolah menengah pertama ada 2 sekolah (2
MTs), dan sekolah menengah atas ada 1 sekolah (1 SMA). Sarana pendidikan non
formal yang ada, terdiri dari, 5 Pontren. Ketersedian sarana dan prasarana
pendidikan formal maupun non formal tersebut masih sangat terbatas.
2. Kondisi Sarana dan Prasarana Kesehatan
Sarana
dan prasarana pelayanan kesehatan yang ada, berupa 8 Posyandu, 1 Balai Pengobatan,
1 Dokter Praktek, dan 1 Bidan Praktek. Ketersediaan sarana dan prasarana
pelayanan kesehatan masih sangat terbatas,
3. Kondisi Sarana dan Prasarana
Perekonomian
Bidang
perdagang dan usaha ekonomi lainnya, yaitu terdapat 63 warung. Bidang pertanian,
yaitu terdapat areal lahan persawahan yang terdiri dari setengah teknis, tadah
hujan, dan irigasi pedesaan seluas 774,31 Ha. Gambaran mengenai sawah menurut
tata pengairannya sebagaimana tertera pada Tabel 9.
No.
|
Wilayah
|
Luas Lahan Sawah
(Ha)
|
||||
Irigasi
|
Tadah Hujan
|
Jumlah
|
||||
Teknis
|
1/2 Teknis
|
Sederhana
|
||||
1.
|
RW.
01
|
-
|
58,71
|
30,43
|
49,29
|
138,43
|
2.
|
RW.
02
|
-
|
73,53
|
43,07
|
63,09
|
179,69
|
3.
|
RW.
03
|
-
|
38,85
|
40,34
|
61,34
|
140,53
|
4.
|
RW.
04
|
-
|
64,50
|
35,00
|
52,76
|
152,26
|
5.
|
RW.
05
|
-
|
51,06
|
49,82
|
69,07
|
169,95
|
T o t a l |
-
|
286,65
|
198,66
|
289
|
774,31
|
4. Kondisi Infrastruktur
Wilayah
Jalan
yang dapat dilalui kendaraan roda empat atau lebih terdiri dari : (a) jalan beraspal sepanjang + 3,9 km
dan (b) jalan berbatu (onderlag) sepanjang + 4,2 km;. Pada ruas jalan tersebut terdapat
jembatan beton sebanyak 2 buah dan jembatan dekplank sebanyak 2 buah
sebagaimana tertera pada Tabel 10.
TABEL 10. JALAN DAN
JEMBATAN
No.
|
Wilayah
|
Panjang Fisik Jalan
(km)
|
Jumlah
|
Jembatan
|
Jumlah
|
|||
Aspal
|
Batu
|
Tanah
|
Beton
|
Dekplank
|
||||
1
|
RW.
01
|
1,2
|
0,3
|
0
|
1,5
|
0
|
0
|
0
|
2
|
RW.
02
|
0,5
|
0,5
|
0
|
1,0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
RW.
03
|
0,9
|
1,5
|
0
|
2,4
|
0
|
0
|
0
|
4
|
RW.
04
|
0
|
1,7
|
0
|
1,7
|
2
|
0
|
2
|
5
|
RW.
05
|
1,3
|
0,2
|
0
|
1,5
|
0
|
2
|
2
|
Total
|
3,9
|
4,2
|
0
|
8,1
|
2
|
2
|
4
|
J. Kondisi Desa
1. Kondisi Sumber daya Perangkat Desa
Perangkat Desa Cibadak Kecamatan
Sukamakmur saat ini sebanyak 9 orang, terdiri dari 1 orang PNS, 9 orang Non
PNS. Kepangkatan/golongan pegawai yang berstatus PNS yaitu Golongan II, kondisi
sumberdaya perangkat desa menurut aspek umur dan pendidikan sebagaimana tergambar pada Tabel 11 dan Tabel
12.
No.
|
N a m a
|
Umur Perangkat Desa
|
Jumlah
|
||||||
20-24
|
25 - 30
|
31 - 35
|
36 – 40
|
41 - 45
|
46 - 50
|
51 <
|
|||
1
|
H.S
Suryana
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
2
|
Edi
Rahman
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
3
|
E.
Supriadi
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
4
|
Burhanudin
Tomi
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
5
|
Dedy
Mulyadi
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
6
|
Ahmad
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
7
|
Sri
Mulyani
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
8
|
H.
Dede Irawan
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
9
|
Abuy
Samsuri
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
10
|
Sadikin
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
T o t a l
|
1
|
0
|
0
|
3
|
5
|
0
|
1
|
10
|
No.
|
N a m a
|
Pendidikan
|
Jumlah
|
|||||
SD
|
SLP
|
SLA
|
D.3/SM
|
S.1
|
S.2
|
|||
1
|
H.S
Suryana
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
Edi
Rahman
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
3
|
E.
Supriadi
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
Burhanudin
Tomi
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
5
|
Dedy
Mulyadi
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
6
|
Ahmad
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
7
|
Sri
Mulyani
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
8
|
H.
Dede Irawan
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
9
|
Abuy
Samsuri
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
10
|
Sadikin
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
T o t a l
|
2
|
2
|
5
|
1
|
0
|
0
|
10
|
2. Sarana dan Prasarana Kantor
Ketersediaan
sarana dan prasarana Kantor Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur, gambaran secara
umum sebagaimana tercantum pada Tabel 13.
TABEL 13. SARANA DAN
PRASARANA KANTOR DESA
J E N I S
|
LUAS /
BANYAKNYA
|
KONDISINYA
|
KETERANGAN
|
A. Tanah dan Bangunan |
|||
1. Lahan Kantor
|
530 M²
|
Baik
|
|
2. Gedung Kantor
|
26,5 M²
|
Sedang
|
|
B. Mebelair |
|||
1. Meja Kerja
|
7 buah
|
Baik
|
|
2. Meja Rapat
|
2 buah
|
Baik
|
|
3. Kursi Kerja
|
7 buah
|
Baik
|
|
4. Kursi Rapat
|
40 Buah
|
Baik
|
|
5. Filling Cabinet
|
1 buah
|
Baik
|
|
6. Lemari Besi
|
1 buah
|
Baik
|
|
7.
|
|||
C. Peralatan Mesin |
|||
1. Mesin Tik
|
2 unit
|
Baik
|
|
2. Komputer
|
|||
a. Monitor
|
1 unit
|
Baik
|
|
b. CPU
|
1 unit
|
Baik
|
|
c. Printer
|
1 unit
|
Baik
|
|
D. Kendaraan Dinas / Operasional
|
|||
1. Sepeda Motor
|
1 unit
|
Baik
|
Dana
PMT ini diberikan dengan rincian : Rp. 10.000,- x 45 orang sasaran x 12 kali
pemberian x 5 bulan = Rp. 27.000.000,-
yang
akan diberikan setiap bulannya dalam bentuk makanan kepada Bumil, Buteki,
Balita yang mengalami permasalahan gizi.
0 Response to "CONTOH PROPOSAL "KADARZI" BAGI DESA-DESA YANG MEMBUTUHKAN "
Post a Comment