Peserta Didik MA Nurussyahid Kertajati yang menjadi Paskibraka HUT RI Ke 71
di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka
CARA SUKSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kegiatan PPDB selalu dilakukan setiap menjelang tahun pelajaran
baru oleh lembaga pendidikan dasar sampai menengah dalam hal ini Madrasah Aliyah
(MA). Secara teknis terdapat upaya memasarkan (market) MA terhadap masyarakat dengan harapan putra putrinya
didaftarkan pada lembaga tersebut. Apabila meminjam konsep perusahaan
karena hakikat PPDB merupakan
memasarkan, maka Kotler Amstrong, menjelaskan pemasaran sebagai proses dengan individu-individu dan
kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk dan nilai satu
sama lain. Adapun Philip Kotler, pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain .
Dengan demikian mengisyaratkan sebelum
PPDB dilakukan terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh; 1) menganalisis
kebutuhan masyarakat dalam hal pendidikan, 2) menentukan warna pendidikan yang
sesuai keinginan masyarakat, 3) menetapkan biaya pendidikan yang sesuai antara
pendidikan yang diselenggarakan dengan
kondisi ekonomi masyarakat, 4) menetapkan cara atau strategi rekrutmen. Adapun strategi PPDB yang dapat
dilakukan: 1) Segmentasi pasar, 2) market
positioning, 3) market entry strategy, 4) marketing mix strategy. Segmentasi pasar adalah menentukan masyarakat mana yang menjadi lahan calon Peserta Didik Baru
(PDB) selain lembaga MTs dan SMP. Market positioning, mengurutkan
masyarakat, MTs dan SMP dari yang kemungkinan paling besar pendaftar sampai yang
terkecil secara hierarkis. Market entry
strategy, adalah menentukan cara efektif
ketika akan memasuki segmen pasar yang kemungkinan paling besar
pendaftar, dengan cara silaturahmi ke masyarakat dengan cara door to door, MTs, dan SMP, Marketing
mix strategy, adalah variable-variabel yang digunakan untuk mempengaruhi
masyarakat melalui; product,
maksudnya siap menghantarkan ke PTN atau dunia kerja, place,berupa sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki, promotion, adalah publikasi dengan
pamplet berisi program pendidikan, jaminan karier,dan biaya, brosur, spanduk
dipasang ditempat-tempat strategis di segmen pasar kita, participant,
maksudnya komponen guru, peserta didik aktif pada momen-momen penting di
segmen pasar kita, process,dalam hal
ini pendidikan diselenggarakan berkualitas sesuai selera masyarakat juga mampu
menopang karier siswa dan people physical
evidence yaitu menginformasikan bukti berupa lulusan atau alumni yang
sukses, Timing strategy, berupa sosialisasi
PPDB dilakukan dengan tepat waktu bahkan lebih baik silaturahmi dilakukan pada
awal semester genap. Bila konsisten langkah di atas dilakukan PPDB akan sukses sesuai harapan.
0 Response to "KIAT DAN CARA SUKSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018"
Post a Comment