KIAT DAN CARA SUKSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Peserta Didik MA Nurussyahid Kertajati yang menjadi Paskibraka HUT RI Ke 71 
di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka


CARA SUKSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Kegiatan PPDB selalu dilakukan setiap menjelang tahun pelajaran baru oleh lembaga pendidikan dasar sampai menengah dalam hal ini Madrasah Aliyah (MA). Secara teknis terdapat upaya memasarkan (market)  MA terhadap  masyarakat dengan harapan putra putrinya didaftarkan pada lembaga tersebut. Apabila meminjam konsep perusahaan karena  hakikat PPDB merupakan memasarkan,   maka  Kotler Amstrong, menjelaskan pemasaran sebagai  proses dengan individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk dan nilai satu sama lain. Adapun Philip Kotler, pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain .

Dengan demikian mengisyaratkan sebelum PPDB dilakukan terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh; 1) menganalisis kebutuhan masyarakat dalam hal pendidikan, 2) menentukan warna pendidikan yang sesuai keinginan masyarakat, 3) menetapkan biaya pendidikan yang sesuai antara pendidikan yang diselenggarakan  dengan kondisi ekonomi masyarakat, 4) menetapkan cara atau strategi rekrutmen.      Adapun strategi PPDB yang dapat dilakukan: 1) Segmentasi pasar, 2) market positioning, 3) market entry strategy, 4) marketing mix strategy. Segmentasi pasar adalah menentukan masyarakat mana  yang menjadi lahan calon Peserta Didik Baru (PDB)  selain lembaga MTs dan SMP. Market positioning, mengurutkan masyarakat, MTs dan SMP dari yang kemungkinan paling besar pendaftar sampai yang terkecil secara hierarkis. Market entry strategy, adalah menentukan cara efektif  ketika akan memasuki segmen pasar yang kemungkinan paling besar pendaftar, dengan cara silaturahmi ke masyarakat dengan cara door to door, MTs, dan SMP,  Marketing mix strategy, adalah variable-variabel yang digunakan untuk mempengaruhi masyarakat melalui; product, maksudnya siap menghantarkan ke PTN atau dunia kerja, place,berupa sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki, promotion, adalah publikasi dengan pamplet berisi program pendidikan, jaminan karier,dan biaya, brosur, spanduk dipasang ditempat-tempat strategis di segmen pasar kita,  participant, maksudnya komponen guru, peserta didik aktif pada momen-momen penting di segmen pasar kita, process,dalam hal ini pendidikan diselenggarakan berkualitas sesuai selera masyarakat juga mampu menopang karier siswa dan people physical evidence yaitu menginformasikan bukti berupa lulusan atau alumni yang sukses, Timing strategy, berupa sosialisasi PPDB dilakukan dengan tepat waktu bahkan lebih baik silaturahmi dilakukan pada awal semester genap. Bila konsisten langkah di atas dilakukan  PPDB akan sukses sesuai harapan.
 


0 Response to "KIAT DAN CARA SUKSES PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018"