MODEL PTK DALAM ABSTRAK PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK. TUNAS HARAPAN JATITUJUH MAJALENGKA
ABSTRAK
Penggunaan Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung
pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kecamatan Jatitujuh Kabupaten
Majalengka Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi PGPAUD STKIP Sebelas April Sumedang 2013.
Permasalahan pembelajaran di taman kanak-kanak atau Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) adalah sulitnya anak menerima materi dari guru terutama
mengenai pembelajaran berhitung, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari
dan juga merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika untuk mengikuti
pendidikan dasar. Media pembelajaran yang memudahkan anak untuk belajar dan
menyenangkan bagi anak dalam mengikuti pembelajaran sangatlah diperlukan. Media
balok angka merupakan media pembelajaran yang memiliki berbagai bentuk dan
warna serta diberi angka-angka, yang bisa disusun atau disambungkan menurut
imajinasi anak sehingga membentuk suatu bangunan atau menyerupai benda-benda
seperti rumah-rumahan, jembatan, pagar, dan lain-lain sangat cocok untuk
membantu anak usia dini dalam proses pembelajaran. Maka dari
itu penulis tertarik terhadap sebuah masalah dan timbul keinginan untuk membuktikan apakah penggunaan media balok
angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini, dengan
rumusan masalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui
penggunaan balok angka.
Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan persiapan, proses dan hasil pembelajaran
dengan menggunakan media balok angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia
dini yaitu kemampuan anak berhitung antara 1-20 dengan mengetahui simbol-simbol
angkanya juga mampu menyebutkan hasil tambahan dari 1-10.
Penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode PTK dengan tiga siklus. Peneliti bertindak
sebagai observer dan guru lain bertindak sebagai kolaborator yang menyampaikan
pembelajaran kepada anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, Observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini
hipotesis yang diajukan
adalah penggunaan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada
anak usia dini di Taman Kanak-kanak Tunas harapan Kecamatan Jatitujuh Kabupaten
Majalengka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa
dari jumlah siswa 30 orang, melalui
tahapan siklus I, II dan siklus III ternyata mengalami peningkatan yang
signifikan. Hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis nilai siswa yang
didapatkan rata-rata 56% pada siklus I, pada siklus II mendapatkan nilai 69%, dan pada siklus III
mendapatkan 88%. Sehingga jelas adanya
peningkatan 32%.
|
0 Response to "MODEL PTK DALAM ABSTRAK PENGGUNAAN MEDIA BALOK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK. TUNAS HARAPAN JATITUJUH MAJALENGKA"
Post a Comment