DI SETIAP KEBAIKAN DAN KEBURUKAN AKAN TERKANDUNG SEBUAH MAKA DAN HIKMAH YANG DAPAT KITA AMIL
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MAN 3 Majalengka
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
X / 2
Materi
Pokok : Trigonometri
Alokasi
waktu : 2 x 45 Menit (1 kali pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Penerapan
aturan trigonometri
2.Mendeskripsikan
dan menganalisis aturan sinus serta menerapkannya untuk menyelesaikan
masalah.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam
menentukan luas daerah segitiga.
Indikator: Mendeskripsikan dan
menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas
daerah segitiga.
4.8. Merancang dan mengajukan masalah
nyata
terkait luas segitiga dan menerapkan aturan
sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya.
Indikator: Merancang dan mengajukan
masalah nyata terkait luas segitiga dan menerapkan aturan sinus dan kosinus
untuk menyelesaikannya.
C. Materi Pembelajaran
Fakta:
Permasalahan
tinggi gedung, lebar sungai
Konsep:
Konsep
trigonometri, Aturan Pythagoras
Prinsip:
Rumus
aturan sinus
Untuk sebarang segitiga ABC berlaku:
|
Prosedur :
Langkah-langkah
menemukan aturan sinus
Langkah-langkah
menyelesaikan masalah nyata menggunakan aturan sinus
D. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok, Tanya jawab, penugasan
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific), menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning dengan langkah – langkah:
1. Stimulation
(stimulasi / pemberian rangsangan)
2. Problem
Statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
3. Data
Collection (pengumpulan data)
4. Data
Processing (pengolahan data)
5. Verification
(pembuktian)
6. Generalization
(menarik kesimpulan / generalisasi)
E. Media
Pembelajaran
Penggaris, Lembar Kerja Siswa, bahan tayang
F. Sumber
Belajar
Buku siswa (matematika kelas X kurikulum 2013)
G. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2. Peserta didik
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi
sebelumnya.
3. Peserta didik
menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
Fase 1: Stimulation (stimulasi / pemberian rangsangan):
Siswa mengamati
masalah 1
Siswa mencermati
proses penemuan aturan sin menggunakan gambar segitiga lancip pada halaman
181
Siswa mencermati
gambar segitiga tumpul pada lembar kerja siswa
Fase 2: Problem Statement (pernyataan/
identifikasi masalah):
Siswa berdiskusi
dan melakukan tanya jawab tentang permasalahan awal yang disajikan oleh guru
Guru memancing
siswa dengan memberikan pertanyaan apakah aturan sin berlaku di sembarang
segitiga
Fase 3: Data Collection (pengumpulan data):
Siswa
mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat pada masalah 1
Siswa
mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui pada segitiga tumpul pada lembar
kerja
Fase 4: Data Processing (pengolahan data):
Siswa menyelesaikan masalah 1 menggunakan konsep
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Fase 5: Verification
(pembuktian):
Siswa mengisi
lembar kerja untuk membuktikan aturan sin berlaku juga pada segitiga tumpul
Fase 6: Generalization (menarik kesimpulan /
generalisasi:
Siswa
mempresentasikan hasil dan bersama-sama dengan guru membuat simpulan tentang
aturan sin
|
3 menit
5 menit
20 menit
10 menit
15 menit
5 menit
|
Penutup
|
Evaluasi: guru memberikan soal dan
dikerjakan siswa untuk dikumpulkan dan dinilai. Siswa mengamati, menalar,
mencoba dan membentuk jejaring
Guru bersama siswa membuat jejaring dengan menyimpulkan tentang aturan
sinus. Guru menutup pembelajaran dengan mengingatkan siswa akan materi yang
akan dipelajari selanjutnya. dan siswa diberi tugas membaca materi tersebut.
|
20 menit
2 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Instrumen Penilaian
Penilaian
Sikap
Jurnal
Penilaian Sikap Spiritual
Nama
Satuan Pendidikan : MAN 3 Majalengka
Kelas/Semester : X / 2
Tahun
Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Keadian/ Perilaku
|
Butir sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
2 Februari 2017
|
Prilly
|
Mengingatkan temannya
untuk membaca basmalah sebelum mengerjakan soal
|
Ketakwaan
|
+
|
Diberi apresiasi/
pujian
|
2.
|
8
Februari 2017
|
Aliando
|
Mengganggu temannya yang sedang tadarus sebelum memulai pelajaran
|
Ketakwaan
|
-
|
Diberi teguran agar tidak melakukannya lagi
|
3.
|
dst
|
|||||
4.
|
dst
|
|||||
5.
|
Jurnal Penilaian Sikap
Sosial
Nama
Satuan Pendidikan : MAN 3 Majalengka
Kelas/Semester : X / 2
Tahun
Pelajaran :
2016/2017
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Keadian/ Perilaku
|
Butir sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
2 Februari 2017
|
Boy
|
Aktif mengerjakan soal dan
mempresentasikannya
|
Percaya diri
|
+
|
Diberi apresiasi/
pujian
|
2.
|
8
Februari 2017
|
Emon
|
Membuang sampah sembarangan
|
Kebersihan
|
-
|
Diberi teguran agar tidak melakukannya lagi
|
3.
|
dst
|
|||||
4.
|
dst
|
|||||
5.
|
dst
|
Penilaian Pengetahuan
Soal
:
Pada segitiga ABC,
diketahui A = 60o, panjang sisi AB = 10 cm dan C = 45o.
Tentukan panjang sisi
AC dan sisi BC !
Kunci
jawaban dan Pedoman penskoran:
Alternatif Penyelesaian
|
Skor
|
dan B = 180o – ( 60o + 45o ) = 75o
maka
|
2
1
1
1
1
1
1
2
|
Jumlah
|
10
|
Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan menemukan aturan sinus.
1. Kurang terampil jika tidak tampak keduanya dari:
a.
keruntutan jawaban
dari langkah – langkah mencari data.
b.
kecermatan dalam
melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri
2. Terampil jika tampak satu dari:
a.
keruntutan jawaban
dari langkah – langkah mencari data.
b.
kecermatan dalam
melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri
3. Sangat terampill, jika tampak keduanya dari:
a.
keruntutan jawaban
dari langkah – langkah mencari data.
b.
kecermatan dalam
melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Skor keterampilan
|
||||||
keruntutan jawaban dari langkah – langkah mencari data
|
kecermatan dalam melakukan perhitungan dan perbandingan
trigonometri
|
Total skor
|
||||||
KT
(1)
|
T
(2)
|
ST
(3)
|
KT
(1)
|
T
(2)
|
ST
(3)
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
Keterangan:
KT : Kurang Terampil dengan skor 1
T
: Terampil dengan skor 2
ST : Sangat Terampil dengan skor 3
Mengetahui Jatiwangi, Juli 2016 Kepala Madrasah Guru Mapel Matematika
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 2 MATERI TRIGONOMETRI"
Post a Comment