RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 2 MATERI TRIGONOMETRI

DI SETIAP KEBAIKAN DAN KEBURUKAN AKAN TERKANDUNG SEBUAH MAKA DAN HIKMAH YANG DAPAT KITA AMIL




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                      Sekolah                      : MAN 3 Majalengka
                                      Mata Pelajaran           : Matematika
                                      Kelas/Semester          :  X / 2
                                      Materi Pokok             : Trigonometri
                                      Alokasi waktu           :  2 x 45 Menit (1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Penerapan aturan trigonometri
2.Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus serta menerapkannya untuk  menyelesaikan masalah.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
         Indikator: Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas daerah segitiga.
4.8.  Merancang dan mengajukan masalah nyata terkait luas segitiga dan menerapkan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya.
         Indikator: Merancang dan mengajukan masalah nyata terkait luas segitiga dan menerapkan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya.
C. Materi Pembelajaran
Fakta:
Permasalahan tinggi gedung, lebar sungai
Konsep:
Konsep trigonometri, Aturan Pythagoras
Prinsip:
Rumus aturan sinus
     Untuk sebarang segitiga ABC berlaku:
 
             




Prosedur :
Langkah-langkah menemukan aturan sinus
Langkah-langkah menyelesaikan masalah nyata menggunakan aturan sinus
D. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya jawab, penugasan
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific), menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan langkah – langkah:
1. Stimulation (stimulasi / pemberian rangsangan)
2. Problem Statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
3. Data Collection (pengumpulan data)
4. Data Processing (pengolahan data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization (menarik kesimpulan / generalisasi)
E. Media Pembelajaran
Penggaris, Lembar Kerja Siswa, bahan tayang
F. Sumber Belajar
Buku siswa (matematika kelas X kurikulum 2013)
G. Kegiatan pembelajaran

Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Peserta   didik   menerima   informasi   tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Fase 1: Stimulation (stimulasi / pemberian  rangsangan):
Siswa mengamati masalah 1
Siswa mencermati proses penemuan aturan sin menggunakan gambar segitiga lancip pada halaman 181
Siswa mencermati gambar segitiga tumpul pada lembar kerja siswa
Fase 2: Problem Statement (pernyataan/ identifikasi masalah):
Siswa berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang permasalahan awal yang disajikan oleh guru
Guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan apakah aturan sin berlaku di sembarang segitiga

Fase 3: Data Collection (pengumpulan data):
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat pada masalah 1
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui pada segitiga tumpul pada lembar kerja
Fase 4: Data Processing (pengolahan data):
Siswa menyelesaikan masalah 1 menggunakan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Fase 5: Verification (pembuktian):
Siswa mengisi lembar kerja untuk membuktikan aturan sin berlaku juga pada segitiga tumpul
Fase 6: Generalization (menarik kesimpulan / generalisasi:
Siswa mempresentasikan hasil dan bersama-sama dengan guru membuat simpulan tentang aturan sin
3 menit






5 menit






20 menit





10 menit



15 menit



5 menit



Penutup
Evaluasi: guru memberikan soal dan dikerjakan siswa untuk dikumpulkan dan dinilai. Siswa mengamati, menalar, mencoba dan membentuk jejaring
Guru bersama siswa membuat jejaring dengan menyimpulkan tentang aturan sinus. Guru menutup pembelajaran dengan mengingatkan siswa akan materi yang akan dipelajari selanjutnya. dan siswa diberi tugas membaca materi tersebut.
20 menit


2 menit
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2. Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap
Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
Nama Satuan Pendidikan       : MAN 3 Majalengka
Kelas/Semester                        : X / 2
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017
No.
Waktu
Nama
Keadian/ Perilaku
Butir sikap
Pos/Neg
Tindak Lanjut
1.
2 Februari 2017
Prilly
Mengingatkan temannya untuk membaca basmalah sebelum mengerjakan soal
Ketakwaan
+
Diberi apresiasi/
pujian
2.
8 Februari 2017
Aliando
Mengganggu temannya yang sedang tadarus sebelum memulai pelajaran
Ketakwaan
-
Diberi teguran agar tidak melakukannya lagi
3.
dst





4.
dst





5.
dst






Jurnal Penilaian Sikap Sosial
Nama Satuan Pendidikan       : MAN 3 Majalengka
Kelas/Semester                        : X / 2
Tahun Pelajaran                       : 2016/2017
No.
Waktu
Nama
Keadian/ Perilaku
Butir sikap
Pos/Neg
Tindak Lanjut
1.
2 Februari 2017
Boy
Aktif mengerjakan soal dan mempresentasikannya
Percaya diri
+
Diberi apresiasi/
pujian
2.
8 Februari 2017
Emon
Membuang sampah sembarangan
Kebersihan
-
Diberi teguran agar tidak melakukannya lagi
3.
dst





4.
dst





5.
dst






Penilaian Pengetahuan
Soal :
Pada segitiga ABC, diketahui A = 60o, panjang sisi AB = 10 cm dan C = 45o.
Tentukan panjang sisi AC dan sisi BC !

Kunci jawaban dan Pedoman penskoran:
Alternatif Penyelesaian
Skor

dan B = 180o – ( 60o + 45o ) = 75o
maka
2

1

1


1

1

1

1

2
Jumlah
10

Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan menemukan aturan sinus.
1.    Kurang terampil jika tidak tampak keduanya dari:
a.    keruntutan jawaban dari langkah – langkah mencari data.
b.    kecermatan dalam melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri
2.    Terampil jika tampak satu dari:
a.    keruntutan jawaban dari langkah – langkah mencari data.
b.    kecermatan dalam melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri
3.    Sangat terampill, jika tampak keduanya dari:
a.    keruntutan jawaban dari langkah – langkah mencari data.
b.    kecermatan dalam melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Skor keterampilan
keruntutan jawaban dari langkah – langkah mencari data

kecermatan dalam melakukan perhitungan dan perbandingan trigonometri

Total skor
KT
(1)
T
(2)
ST
(3)
KT
(1)
T
(2)
ST
(3)
1








2








3








4








5








6








7








8









Keterangan:
KT       : Kurang Terampil dengan skor 1
T          : Terampil dengan skor 2
ST        : Sangat Terampil dengan skor 3


Mengetahui                                                                                     Jatiwangi, Juli 2016                       Kepala Madrasah                                                                            Guru Mapel Matematika

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 2 MATERI TRIGONOMETRI"