SEJARAH MUNCULNYA SITUS "SUMUR SALAWE " MERUPAKAN PETILASAN SYEIKH MAGELUNG SAKTI DAN KIBAGUSRANGIN (MERUPAKAN WARISAN BUDAYA PARA KEKASIH ALLAH) YANG TERLETAK DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

SEJARAH SINGKAT MUNCULNYA SITUS 
"SUMUR SALAWE" DI DESA SUKAMULYA KERTAJATI MAJALENGKA
Foto Situs Sumur Salawe yang merupakan Petilasan Syeikh Magelung Sakti Suami dari (Nyi Mas Gandasari murid Sunan Gunung Djati Cirebon "Syeikh Syarif Hidayatullah")  dan merupakan Patilasan KI Bagusrangin




SEJARAH SINGKAT MUNCULNYA SITUS 
"SUMUR SALAWE" DI DESA SUKAMULYA KERTAJATI MAJALENGKA
     
Situs Sumur Salawe ini adalah merupakan satu bukti bisu dari sejarah perjuangan para Aulia Allah (Para Pahlawan) dalam menentang kebathilan, yang keberadaannya mesti dijaga dan dilestarikan yang merupakan warisan Budaya, Sumur Salawe terletak di Blok Ciduet Desa Sukamulya, sepanjang sepengetahuan Penulis Juru Kunci Sumur Salawe sudah mendapatkan Surat Keputusan dari Karaton Kasepuhan Cirebon yaitu Pak Sultan PRA. Arief Natadiningrat, SE  untuk melaksanakan tugas merawat dan menjaga serta melestarikan budaya leluhur yang ada.
Mari kita simak cerita tentang berdirinya atau terwujudnya sebuah situs Baru di Desa Sukamulya yang bernama “ SUMUR SALAWE” Lengakap ceritanya sebagai berikut: 


Agus Kriswanto dan Euis Kusmiati Peserta Didik MA Nurussyahi Kertajati pada saat melakukan Penelitian ke Sumur Salawe Desa Sukamulya kertajati

Diawali dengan terjadinya perang Babad Bantarjati, Ki Bagus Rangin melarikan diri dan beristirahat ditempat (yang sekarang di kenal sebutan Sumur Salawe).
Di tengah waktu istirahat Ki Bagus Rangin besrta pasukannya meminum air  Yang ada di dalam kendi. Namun anehnya air yang ada di dalam kendi yang Berukuran kecil dapat di minum oleh 25 orang bahkan tidak akan habis  Walaupun di minum oleh 25 negara. Dari situlah orang-orang mulai  Menyebutnya dengan sebutan sumur salawe. salawe berasal dari bahasa Jawa yang artinya 25 (dua puluh lima).
         Singkat cerita, sekitar tahun 2000 ibu ropi’ah mendapatkan sebuah  Petunjuk lewat mimpi, didalam mimpinya tesebut beliau melihat seorang Wanita cantik yang menyerupai putri kerajaan dan seorang kakek tua   Didalam sebuah sumur  dan terbang jauh dengan cepat seperti kilat.
            Sembilan tahun kemudian ada seorang laki-laki yang mendatangi ibu Hajah     Ropi’ah dan menyuruhnya untuk membuka kembali sumur salawe . Pada tanggal 27 september 2009 dimulailah penggalian sumur salawe Oleh Bapak Samin (ayah dari ibu Ropi’ah) kemudian tempat tersebut  Dijadikan tempat untuk melaksanakan ibadah seperti tahlilan, istighasahan,  Marhabanan yang bertujuan untuk mendoakan para leluhur. kegiatan Tersebut pun berlangsung hingga sekarang.



Versi ust.kumaidi
            Perang di monjot wiliam dengan Ki Bagus Rangin lari  ke ciduet,  setelah kalah dalam peperangan dengan sisa tentara pasukan 313 dengan parbekalan sudah habis, akhirnya salah satu prajurit mengusulkan kepada Ki Bagus rangin ” bagaimana caranya supaya kuat lagi ? dan minta logistik, akhirnya Ki Bagus rangin bermunajat kepada Allah dengan media air di dalam kendi lalu di simpan di depannya. Ki Bagus Rangin menyuruh meminum kepada para prajuritnya, namun ada yang bertanya apakah cukup air yang hanya satu kendi apakah cukup diminum oleh untuk kita semua. Akan tetapi air yang ada dalam kendi tersebut setelahnya di minum oleh semua tentara Ki Bagus Rangin, ternyata air tersebut cukup bahkan masih banyak dan orang yang meminum allhamdulilah sembuh seperti sedia kala.
Ki Bagus Rangin pun berkata jangankan hanya diminum oleh 313 orang bahkan oleh 25 negara pun tidak akan habis. akhirnaya Ki Bagus Rangin melanjutkan perjalanan ke Indramayu,  Karena air tersebut tidak akan habis oleh diminum 25 negara akhirnya. dinamakan “Sumur Selawe”  Ciduet dan Ci kutu ini tempat di letakannya.  
Adapun Versi orang, kebanyakan masyarakat dalam mengingatkan air tidak perlu susah karena ada 25 titik 1993 seorang Ustadz datang ke Desa Sukamulya sering bermimpi ketemu dengan seorang Haji dan memberikan ijin diantaranya. Hizib Ikbal dan doa Hizib Syekh Abdul Qodir Al-zaelani , RA.
Dan bahkan ada yang menyuruh ketika sedang berdzikir beliau mendapatkan ilham untuk bertahlil di “Sumur Selawe” dimalam hari pukul 00:00, kemudian ustadz tersebut bertanya kepada gaib tersebut ada makom siapa sehingga saya harus bertahlil disini jawabnya: Tahlil saja nanti juga makomnya muncul dengan sendirinya.
Beberapa hari kemudian saya konsultasi dengan seorang Kiyai, sebut saja namanya Bapak K.H .Abdul Hamid Pengsasuh Pondok Pesantren dari Jati Barang semua kejadian yang saya alami di ceritakan semua kepada kiyai tersebut berujar “laksanakanlah saja” dan seterusnya beliau melaksanakan tahlil tesebut baru 20 jum’at, kemudian timbul isu bahwa beliau sedang mencari kekayaan sehingga bukan hanya masyarakat tapi para tokoh ulama pun berpendapat seperti itu bahwa beliau berprilaku tidak baik. Selanjutnya ada yang datang menawarkan barang antic dan klasik yang mempunyai nilai magic, akhirnya ustadz tersebut karena itu bukan kenginginan saya tapi kenginanan yang ada di sumur selawe, akhirnya beliau berhenti dari kegiatan rutinitas sehari-hari. Dan  beberapa hari kemudian beliau bermimpi kembali orang yang rambutnya panjang sampai ke tanah sehingga muka pun tidak kelihatan dan orang tersebut bertanya apakah kamu masih ingat dengan saya? Jawab sang ustadz Bagaimana mau ingat, aku tidak melihat wajah mu.
Kemudian orang tersebut bilang bahwa aku ini adalah Syekh Magelung sakti  kenapa berhenti kata orang yang ada di dalam mimpi tersebut, setelah ustadz itu menjawab maka orang yang ada di mimpi tersebut berkata lanjutkan saja di rumah.
Kalau ingin komunikasi dengan beliau harus membaca kalimat toyibah minimal 1000 kali. 2009 ustadz tersebut itu dengan tahlilan, pas bertepatan dengan membaca kalimat  LAILLAHAILLALAH.
Untuk yang mengetahui tentang cerita tentang Sumur Salawe lebih lengkap silahkan emailkan ke Email: nurussyahid2015@gmail.com atau silahkan berikan komentar di bawah ini, semoga ini menjadi bukti kecintaan kita kepada Wali-wali Allah.        

0 Response to "SEJARAH MUNCULNYA SITUS "SUMUR SALAWE " MERUPAKAN PETILASAN SYEIKH MAGELUNG SAKTI DAN KIBAGUSRANGIN (MERUPAKAN WARISAN BUDAYA PARA KEKASIH ALLAH) YANG TERLETAK DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA"