RANGKUMAN MATERI SEJARAH KELAS X MA/SMA IPS SEMESTER 2 (DUA) TENTANG PEMBAGIAN ZAMAN BERDASARKAN GEOLOGI

PEMBAGIAN ZAMAN BERDASARKAN GEOLOGI

 

Foto Jembatan Kali Cimanuk di Desa Pakubeureum Kertajati Bekas Rel Kereta api Pabrik Gula Kadipaten


PEMBAGIAN ZAMAN BERDASARKAN GEOLOGI

-         Zaman Arkaikum, Zaman tertua yang diperkirakan berusia 2500 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi belum setabil dan masih panas.
-         Zaman Paleozoikum, Diperkirakan berusia 340 juta tahun, disebut zaman primer karena mulai ada tanda-tanda kehidupan. Zaman ini dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
a.  Cambrium, mulai muncul adanya tanda-tanda kehidupan di bumi, seperti : kerang dan ubur-ubur.
b.  Silur, mulai ada tanda-tanda kehidupan hewan bertulang belakang tertua. Seperti : ikan. pelindung di sebelah luar. Dalam era Paleozoik mulai terjadi penguasaan daratan oleh makhluk hidup.
c.      Devon, mulai ada tanda-tanda kehidupan binatang jenis amphibi tertua.
d.     Karbon, mulai ada tanda-tanda kehidupan binatang merayap jenis reptil.
e.  Perm,  mulai ada tanda-tanda kehidupan hewan darat, ikan air tawar, dan amphibi.
-         Zaman Mesozaikum, disebut zaman sekunder. Saat itu, mulai muncul pohon-pohon besar dan hewan-hewan besar, seperti: Dinosaurus, Atlantasaurus, Tyrannosaurus serta jenis burung-burung besar. Zaman ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a.     Trias : Pada masa ini terdapat kehidupan ikan, amphibi, dan reptil.
b.     Jura : Pada masa ini terdapat kehidupan reptil dan sebangsa katak.
c.      Calcium : Pada masa ini terdapat burung-burung pertama dan tumbuhan.

-         Zaman Neozoikum,  Zaman ini dibedakan atas dua zaman, yaitu:
a.     Zaman Tersier, Zaman ini ditandai berkurangnya jenis-jenis binatang besar dan telah hidup jenis-jenis binatang menyusui, yaitu kera dan monyet. Selanjutnya mulai berkembang jenis kera manusia. Zaman tersier terbagi atas Eosen, Miosen, Oligosen, dan Pliosen.
b.     Zaman Kwarter,  Zaman terdiri atas dua bagian, yaitu:
-         Kala Pleistocen (Zaman Dilluvium), Keadaan alam pada masa ini masih labil karena silih bergantinya dua zaman, yaitu Zaman Glasial dan Zaman Interglasial.
a.  Zaman Glasial adalah zaman meluasnya lapisan es di Kutub Utara sehingga Eropa dan Amerika bagian utara tertutup es.
b.   Zaman Interglasial, adalah zaman diantara dua zaman es. Temperatur naik hingga lapisan es di kutub utara mencair, akibatnya permukaan air laut naik dan terjadi berbagai banjir besar di berbagai tempat. Hal ini menyebabkan banyak daratan terpisah oleh laut dan selat.
-         Kala Holocen (Zaman Alluvium), Sebagian besar es di kutub utara sudah lenyap, sehingga permukaan air laut naik lagi. Tanah-tanah rendah di daerah Paparan Sunda dan Paparan Sahul tergenang air.

0 Response to "RANGKUMAN MATERI SEJARAH KELAS X MA/SMA IPS SEMESTER 2 (DUA) TENTANG PEMBAGIAN ZAMAN BERDASARKAN GEOLOGI"