HAL-HAL PENTING DALAM KELENGKAPAN DOKUMEN AKREDITASI

ISTIQOMAH ITU LEBIH BAIK DARI PADA SERIBU KEMULIAAN, YAKINLAH !

Foto Guru-Guru RA Se-Jawa Barat saat mengikuti kegiatan PLPG Guru RA di Hotel Ayong Kabupaten Kuningan Jawa Barat



KELENGKAPAN DOKUMEN AKREDITASI
      I.          STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
1.       Dokumen pencapaian perkembangan anak/TPP
2.       Pencapaian perkembangan  sesuai dengan Kelompok usia
3.       Penilaian Harian, mingguan, bulanan dan semester / foto kegiatan
    II.          STANDAR ISI
1.       Dokumen kurikulum (6 aspek, TPP, Indikator)
2.       Permen 146 / permen 58
3.       Peninjauan kurikulum per tahun
4.       Layanan menurut kelompok usia
5.       Beban belajar
6.       Rombongan belajar / Rasio Anak dan guru
7.       Kalender pendidikan (penetapan awal tahun, hari efektif, hari libur, akhir tahun ajaran, waktu penyerahan lapor)
8.       Sosialisasi kalender pendidikan (pertemuan ortu,di dinding, media elektronik, media cetak)
  III.          STANDAR PROSES
1.       RKS (tema, sub tema, strategi pembelajaran, capaian perkembangan, evaluasi, alokasi waktu)
2.       RKM (Tujuan pembelajaran, strategi, materi, alokasi waktu)
3.       RKH (tanggal, tema sub tema, alokasi waktu, materi/indikator, strategi, APE, sumber belajar, penilaian)
4.       Program Holistik Integratif (kesehatan, gizi, rangsangan pendidikan, pengasuhan, perlindungan)
5.       Program HI (riwayat kesehatan, imunisasi, DDTK, ABK, waktu kunjungan kesehatan)
6.       Foto pembelajaran
7.       Penilaian harian, mingguan, bulanan dan semester
8.       Teknik Penilaian pembelajaran (obsevasi, anekdot, hasil karya, unjuk kerja dan porto folio)
   IV.          STANDAR PTK
1.       Kualifikasi akademik
2.       Kompetensi Pendidik (Memiliki 4 Sertifikat)
3.       Kualifikasi Tenaga kependidikan
4.       Sertifikat tenaga kependidikan (diklat paud, manajemen, kepemimpinan, dan kewirausahaan)
     V.          STANDAR SAPRAS
1.       Sarana pendidikan (sarana bermain di luar, dalam, buku, gambar, tape recorder, ruang makan TPA, ruang tdr TPA)
2.       Sarana pembelajaran (balok,puzzle,seni,bola,keaksaraan,bermain peran,sensorimotor, pengukur berat badan,tinggi badan,perlengkapan cuci tangan)
3.       Lahan (sertifikat/denah)
4.       Gedung (kantor,ruang kelas, ruang guru,gudang, ruang belajar, toilet, ruang serba guna)
5.       Foto semua ruangan
6.       Status kepemilikan
7.       Prasarana Instalasi (listrik, air, alat komunikasi,internet)
   VI.          STANDAR PENGELOLAAN
1.       Visi Misi Tujuan (relevan, realistik, konsisten, terukur)
2.       Sosialisasi Visi Misi Tujuan (Brosur, rapat orang tua, rapat kerja lembaga, ditempel,media on line)
3.       Rencana kerja tahunan (tujuan, target sasaran, kebijakan, program/kegiatan, pembiayaan)
4.       Rencana kerja lima tahunan ((tujuan, target sasaran, kebijakan, program/kegiatan, pembiayaan)
5.       Struktur organisasi (personalia, jabatan, alur tanggung jawab, identitas personalia)
6.       Job Desk / Tugas pokok dan fungsi masing-masing personal lembaga
7.       Jaringan Kemitraan (surat perjanjian kerjasama)
8.       Buku Panduan Pelaksanaan (buku panduan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan kurikulum, penggunaan sarana prasarana, administrasi dan ketata usahaan, panduan keorang tuaan).
9.       Buku administrasi (buku induk anak didik, kas, surat masuk dan keluar, inventaris barang, buku tamu/buku pesan resmi pengganti surat (PRPS).(no, tgl/hari, jam, isi sms, pengirim)
10.    Sistem informasi manajemen (papan pengumuman, brosur, media cetak, media elektronik, pengelolaan data peserta didik,data guru, registrasi peserta didik, pencatatan uang SPP, pencatatan kuitansi pembayaran, pengelolaan penilaian
11.    Penjadwalan Pengawasan
12.    Hasil pengawasan (masalah, penyebab, solusi, kendala, tindak lanjut)
13.    Laporan hasil kerja/kegiatan tahunan
14.    Penghargaan (sertifikat, piagam, plakat)
 VII.          STANDAR PEMBIAYAAN
1.       Biaya investasi (sapras, pengadaan sdm, modal kerja tetap)
2.       Biaya operasional (gaji, tunjangan,ATK)
3.       Biaya personal (spp, BP3)
4.       Sumber pembiayaan (orang tua, pemerintah, yayasan, swadana, perusahaan/CSR)
5.       Laporan penggunaan
6.       Pengadministrasian (buku kas,pengeluaran,pemasukan,honor/gaji,inventaris kekayaan)
VIII.          STANDAR PENILAIAN
1.       Buku pedoman penilaian
2.       Teknik penilaian (observasi, anekdot,portofolio, percakapan/dialog, laporan orang tua)
3.       Laporan hasil penilaian (mingguan, bulanan, semester, tahunan)



0 Response to "HAL-HAL PENTING DALAM KELENGKAPAN DOKUMEN AKREDITASI"