KURIKULUM LENGKAP PAUD DAN RAUDLATUL ATHFAL BAB II

SAIDINA ALI BIN ABI THOLIB DAWUH ENAM HAL YANG DAPAT MENJADI ORANG SUKSES DALAM MENUNTUT ILUNYA YAITU: 1. ADA SEMANGAT, 2 ADA KECERDASAN, 3. ADA KESABARAN, 4. ADA MODALNYA, 5, ADA GURU MURSYIDNYA DAN 6. WAKTUNYA LAMA, TIDAK INSTAN

Foto Anak Didik RA Nurul Hikmah Bantarjati Kertajati saau uji nyali dengan meniup balon



BAB II
PENDAHULUAN

1.      Latar  Belakang
       Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, tuntutan masyarakat, perubahan paradiqma pendidikan dan otonomi daerah membawa dampak pada pendidikan, sehingga kurikulum TK perlu dikembangkan untuk menyikapi perubahan perubahan tersebut.
Dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, Permendikbud no. 137 th 2014 tentang Standart Nasional PAUD ;
Permendikbud no. 146 th 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD ;  Permendikbud no. 160 th 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 PAUD  ;
       Pengembangan program pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak. program pembelajaran mencakup perencanaan, pendekatan, dan strategi pembelajaran, serta penilaian yang disusun secara sistimatis. oleh karena itu pengembangan program pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pendidikan.
Program pembelajaran disusun untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam selaras dengan tumbuh kembang anak dengan tetap memperhatikan budaya daerah dan karakter bangsa melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. 
       Kurikulum adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum terdiri dari :
         Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
         Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan,
         Kalender pendidikan, dan
         Silabus
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, serta penilaian dan proses capaian perkembangan. yang mencangkup :
         Tingkat Satuan Pendidikan,
         Kopetensi Inti
         Kompetensi Dasar
         Materi pokok/pembelajaran,
         Sumber/bahan/alat belajar,
         Kegiatan pembelajaran,
         Indikator
         Penilaian,
         Alokasi waktu.
Silabus merupakan penjabaran Kompetensi Inti juga Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Kurikulum ini disusun dan dikembangkan oleh satu tim penyusun yang terdiri kepala TK, guru-guru, dan komite sekolah dengan pendampingan oleh narasumber dari Tim Pengembang Kurikulum di bawah koordinasi Dinas Pendidikan ...............
Pengembangan Kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut.
         Berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak.
         Berorientasi pada kebutuhan anak.
         Bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain.
         Menggunakan pendekatan tematik.
         Kreatif dan inovatif.
         Lingkungan kondusif
         Mengembangkan kecakapan hidup.
Pada akhirnya Kurikulum Taman Kanak-Kanak ......................................... ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan bahwa apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum (guru) yang akan membumikan Kurikulum ini dalam proses pembalajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di Taman Kanak-Kanak hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, efektif, demokratis, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan semangat seperti itulah Kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak-Kanak ...............................................

2.                  Tujuan
·                     Tujuan penyusunan Kurikulum ini untuk
         Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang ada.
         Acuan bagi satuan pendidikan TK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum memberi panduan dan arah kepada guru TK agar dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang tepat sesuai dengan bidang-bidang pengembangan anak TK untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

3.                  Dasar
1.      Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Intruksi Presiden RI Nomor 6 tahun 2009 tentang Pencanangan Nasional Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa melalui Pembelajaran Aktif
1.      Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
2.      Presiden RI nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini holiatik-integratif
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 84 tahun 2014 tentang pendirian satuan PAUD
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013  Pendidikan Anak Usia Dini
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
7.      Gubernur Jawa Timur nomor 15 tahun 2013 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur nomor 63 tahun 2011 tentang pengembangan anak holistik-integratif provinsi Jawa Timur.
8.      Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran / Kurikulum taman kanak-kanak.  

0 Response to "KURIKULUM LENGKAP PAUD DAN RAUDLATUL ATHFAL BAB II"