SAIDINA ALI BIN ABI THOLIB DAWUH ENAM HAL YANG DAPAT MENJADI ORANG SUKSES DALAM MENUNTUT ILUNYA YAITU: 1. ADA SEMANGAT, 2 ADA KECERDASAN, 3. ADA KESABARAN, 4. ADA MODALNYA, 5, ADA GURU MURSYIDNYA DAN 6. WAKTUNYA LAMA, TIDAK INSTAN
Foto Anak Didik RA Nurul Hikmah Bantarjati Kertajati saau uji nyali dengan meniup balon
BAB
II
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan tehnologi, tuntutan masyarakat, perubahan paradiqma pendidikan
dan otonomi daerah membawa dampak pada pendidikan, sehingga kurikulum TK perlu
dikembangkan untuk menyikapi perubahan perubahan tersebut.
Dengan
dikeluarkannya Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan
penyelenggaraan pendidikan, Permendikbud
no. 137 th 2014 tentang Standart Nasional PAUD ;
Permendikbud
no. 146 th 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD ;
Permendikbud no. 160 th 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum
2013 PAUD ;
Pengembangan program pembelajaran
merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak. program
pembelajaran mencakup perencanaan, pendekatan, dan strategi pembelajaran, serta
penilaian yang disusun secara sistimatis. oleh karena itu pengembangan program
pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam proses pendidikan.
Program
pembelajaran disusun untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang beragam
selaras dengan tumbuh kembang anak dengan tetap memperhatikan budaya daerah dan
karakter bangsa melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan.
Kurikulum adalah kurikulum operasional
yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Kurikulum terdiri dari :
•
Tujuan pendidikan tingkat satuan
pendidikan,
•
Struktur dan muatan kurikulum
tingkat satuan pendidikan,
•
Kalender pendidikan, dan
•
Silabus
Silabus
merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan
kelas, serta penilaian dan proses capaian perkembangan. yang mencangkup :
•
Tingkat Satuan Pendidikan,
•
Kopetensi Inti
•
Kompetensi Dasar
•
Materi pokok/pembelajaran,
•
Sumber/bahan/alat belajar,
•
Kegiatan pembelajaran,
•
Indikator
•
Penilaian,
•
Alokasi waktu.
Silabus
merupakan penjabaran Kompetensi Inti juga Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar ke
dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Kurikulum
ini disusun dan dikembangkan oleh satu tim penyusun yang terdiri kepala TK,
guru-guru, dan komite sekolah dengan pendampingan oleh narasumber dari Tim
Pengembang Kurikulum di bawah koordinasi Dinas Pendidikan ...............
Pengembangan
Kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut.
•
Berorientasi pada prinsip-prinsip
perkembangan anak.
•
Berorientasi pada kebutuhan anak.
•
Bermain sambil belajar atau belajar
seraya bermain.
•
Menggunakan pendekatan tematik.
•
Kreatif dan inovatif.
•
Lingkungan kondusif
•
Mengembangkan kecakapan hidup.
Pada
akhirnya Kurikulum Taman Kanak-Kanak .........................................
ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan bahwa apabila
terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik
di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu
membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana
kurikulum (guru) yang akan membumikan Kurikulum ini dalam proses pembalajaran.
Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
dan mengasyikkan bagi peserta didik, sehingga peserta didik betah di sekolah. Atas
dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di Taman Kanak-Kanak hendaknya
bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas
peserta didik, efektif, demokratis, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan
semangat seperti itulah Kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Taman Kanak-Kanak ...............................................
2.
Tujuan
·
Tujuan
penyusunan Kurikulum ini untuk
•
Meningkatkan mutu pendidikan melalui
kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan
memberdayakan sumber daya yang ada.
•
Acuan bagi satuan pendidikan TK
dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum memberi panduan dan arah kepada
guru TK agar dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang tepat sesuai
dengan bidang-bidang pengembangan anak TK untuk mewujudkan visi dan misi
sekolah.
3.
Dasar
1.
Undang Undang Republik Indonesia
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Intruksi Presiden RI Nomor 6 tahun
2009 tentang Pencanangan Nasional Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa melalui
Pembelajaran Aktif
1.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun
2010 tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
2.
Presiden RI nomor 60 tahun 2013
tentang pengembangan anak usia dini holiatik-integratif
3.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 84 tahun 2014 tentang pendirian satuan PAUD
4.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
6.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini
7.
Gubernur Jawa Timur nomor 15 tahun
2013 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur nomor 63 tahun 2011 tentang
pengembangan anak holistik-integratif provinsi Jawa Timur.
8.
Pedoman Pengembangan Program
Pembelajaran / Kurikulum taman kanak-kanak.
0 Response to "KURIKULUM LENGKAP PAUD DAN RAUDLATUL ATHFAL BAB II"
Post a Comment