KURIKULUM LENGKAP UNTUK PAUD DAN RAUDLATUL ATHFAL (RA) BAB IV

TANAMKAN ANAK DIDIK DARI SEJAK DINI UNTUK SELALU SENANG BERDO'A AGAR KELAK DEWASA AKAN SELALU INGIN DEKAT DENGAN SANG KUASA ALLAH SWT, INGAT ANAK ADALAH AMANAH YANG BERHARGA JIKA KITA PANDAI MENDIDIKNYA, ANAK ADALAH INVESTASI MASA DEPAN


Foto kebersamaan Anak Didik RA Nurul Hikmah Desa Bantarjati Kertajati



BAB  IV
STRUKTUR  KURIKULUM

         STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan Kompetensi Inti yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap Kompetensi Inti di TK dituangkan dalam Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan Indikator dalam struktur kurikulum. Kompetensi Inti yang dimaksud terdiri atas Kompetensi Dasar yang dikembangkan melalui materi atau program program yang disusun oleh TK..
         Struktur kurikulum Taman Kanak-Kanak .......................................... meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 4 - 6 tahun. Struktur kurikulum TK disusun berdasarkan standar pendidikan anak usia dini yang meliputi ;
         Sikap Spiritual
         Sikap Sosial
         Pengetahuan
         Ketrampilan
         Kegiatan Pengembangan diri yang dikembangkan di Taman Kanak-Kanak ........................ bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi TK. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
         Jam kegiatan efektif per hari 2,5 jam (150 menit) dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam kegiatan adalah 30 menit, dengan perincian :
         Kegiatan awal + 30 menit
         Kegiatan Inti + 60 menit
         Istirahat + 30 menit
         Kegiatan Akhir + 30 menit
       Minggu efektif dalam satu tahun kegiatan (dua semester) adalah 34 minggu, tiap semester terdiri dari 17 minggu.

0 Response to "KURIKULUM LENGKAP UNTUK PAUD DAN RAUDLATUL ATHFAL (RA) BAB IV"