RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) MA NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA




BAB I  PENDAHULUAN
1.   Latar Belakang
Mencermati tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional yang menempatkan program pendidikan di urutan pertama. Dengan dasar regulasi - regulasi di atas, maka semoga lulusan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati diharapkan menjadi manusia yang cerdas, berakhlak mulia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta sehat jasmani dan rohani. Disamping itu lulusan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati diharapkan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap nusa dan bangsa. Apalagi di Kecamatan Kertajati denagn adanya program Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tentunya lulusan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati diharapkan dapat mampu menjawab tantangan tersebut. 
Tujuan ini merupakan dambaan setiap warga negara Indonesia pada umumnya, maupun masyarakat Majalengka pada khususnya. Meskipun harapan dan dambaan ini masih jauh, namun demikian upaya-upaya mencapai tujuan tersebut harus selalu berjalan terus. Di sisi lain tuntutan globalisasi membawa kita memasuki arus persaingan yang ketat untuk memasuki bursa kerja. Sementara itu lulusan Madrasah Aliyah juga diharapkan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, namun karena berbagai satu dan banyak permasalahan banyak yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi sebagaimana mestinya. Sedangkan bila akan memasuki bursa kerja bekal ketrampilan hidup yang dimiliki masih sangat kurang. Akibatnya lulusan Madrasah Aliyah pada umumnya dan khususnya Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati serba canggung, artinya ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi mengalami kendala pembiayaan, sedang bila memasuki bursa kerja bekal ketrampilan yang dimiliki belum cukup memadai.
Kondisi ini memerlukan perhatian kita bersama dan tidak dapat dibiarkan terjadi dari tahun ke tahun. Atas dasar inilah setiap madrasah berkewajiban menyusun program kerja tahunan yang mampu menjawab tantangan global, maupun dalam mewujudkan dambaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar kita pada khususnya. Oleh karena itu program kerja tahunan ini diharapkan mampu mengakomodir berbagai kepentingan siswa yang ingin melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maupun bagi siswa yang akan memasuki dunai pekerjaan.
Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati pada tahun 2016 menyusun program kerja tahunan sebagaimana diuraikan dalam Bab III. Dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu timbul di dunia pendidikan saat ini maupun masa datang. Program yang disusun di samping program yang bersifat rutin juga mencantumkan program peningkatan mutu akademis dan peningkatan mutu pembekalan kecakapan vokasional. Dengan harapan agar setiap lulusan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati percaya diri dalam mengikuti seleksi di perguruan tinggi, maupun mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja.
Agar program kerja tahunan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, sudah semestinya memerlukan dukungan dari segenap steakkholder Madrasah. Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team work yang solid.  Suatu team work yang solid harus dilandasi dengan sikap saling asih, asah, dan asuh serta saling percaya akan kelebihan masing–masing, serta memahami kekurangan yang dimiliki dari masing-masing individu.
Program kerja ini dapat dilaksanakan secara fleksibel, luwes, dan supel tetapi bukan berarti dapat dengan mudah untuk diubah. Untuk itulah maka dalam program kerja ini perlu diadakan evaluasi dan monitoring secara berjenjang, berkala, dan berkelanjutan yang dilakukan pada awal, proses, dan akhir kegiatan.

2.   Landasan Hukum
1.   UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 8 dan 48
2.    PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Stándar Nasional Pendidikandalam Pasal 49 dan 53
3.   Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Stándar Pengelolaan Pendidikan dalam Angka 4ª poin 1 dan 2
4.  Kepmendiknas 129ª Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Manimal Bidang Pendidikan dalam 3.1
5.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,
6.   Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
7.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
8.   Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
9.   Permendagri No. 59 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah serta Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005 – 2009.

3.   Tujuan dan Manfaat Rencana Kerja Tahunan (RKT)
Perumusan RKM merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKT dapat digunakan sebagai:
·       Pedoman kerja (kerangka acuan) dalam mengembangkan Madrasah
·       Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah
·       Sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan dalam pengembangan Madrasah.
·       Tujuan utama perumusan RKM adalah untuk dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan sehingga tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan Madrasah dapat dicapai, dan dapat dipertanggung jawabkan.
·       Memperhitungkan harapan-harapan pemangku kepentingan dan kondisi nyata Madrasah
Adapun Ciri-ciri Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang baik, adalah:
1.  Terintegrasi, yakni mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan  dilaksanakan oleh Madrasah;
2.    Multi-tahun, yaitu mencakup periode empat tahun;
3. Dimutakhirkan, artinya setiap tahun terus diperbaharui sesuai dengan   perkembangan terakhir;
4.  Multi-sumber, yaitu mengindikasikan jumlah dan sumber dana masing-msing program  masalnya dari bantuan orang tua murid, APBD Kabupaten/Kota, APBD Propinsi APBN dan sumbangan dari Masyarakat atau sumber lainnya;
5.  Disusun secara Partisipatif oleh kepala Madrasah, Komite Madrasa dan dewan   pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya;
6.    Pelaksanaannya Dimonitor oleh Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang lainnya.



4.   Garis Besar Rencana Program Tahunan
Mengingat sejarah berdirinya Madrasah dan memperhatikan kemampuan sumber daya serta potensi yang ada di Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati, maka secara garis besar program kerja madrasah untuk tahun 2016 disusun sebagai berikut:
Program layanan baik kepada siswa masyarakat maupun pada instansi terkait diupayakan dengan memberikan Layanan Prima. Dengan memperhatikan saran, pendapat, dan masukan dari berbagai pihak, madrasah selalu berusaha meningkatkan kinerja, memelihara komunikasi yang baik dengan berbagai pihak. sehingga dapat memberikan pelayanan dengan baik.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja sumber daya manusia yang dimiliki  dilakukan dengan pembinaan yang intensif baik intern maupun ekstern. Upaya peningkatan kinerja ini diimbangi pula dengan upaya meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan baik secara finansial maupun yang non finansial. Selain itu juga terus diupayakan peningkatan jumlah sarana dan prasarana maupun optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah dimiliki. Di samping itu juga diprogramkan penambahan prasarana sanitasi  lingkungan maupun penambahan sarana pembelajaran berupa ruang kelas baru untuk kegiatan bimbingan konseling dan ruang piket ketertiban, sehingga pengawasan terhadap siswa di halaman belakang  madrasah dapat terpenuhi.  Untuk itu perlu didukung adanya tim 7 – K  yang solid.
Kegiatan pembelajaran sebagai sentral dari kegiatan persekolahan selalu diupayakan peningkatan kualitasnya. Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Kelas XII dan XII serta Kurikulum 2013 untuk Kelas X dimungkinkan adanya tambahan muatan lokal dan penambahan jam-jam pelajaran untuk mata pelajaran tertentu dari ketentuan standar kurikulum minimal yaitu sebanyak :
1.      Kelas X      : 53 Jam / Minggu (Kurikulum 2013)
2.      Kelas XI    : 47 Jam / Minggu (KTSP dan Kurikulum 2013 Mapel Agama)
3.      Kelas XII   : 45 Jam / Minggu (KTSP)
Untuk itu juga dilaksanakan revisi terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang pada prinsipnya memberdayakan sumber daya (resources) yang ada di madrasah dengan mengacu Kompetensi Dasar dan Standar Ketentuan Lulusan yang disusun secara nasional.
Usaha meningkatkan mutu akademis dengan menambah jam pelajaran wajib maupun dengan program pembelajaran yang lain dengan tujuan bagi yang akan melanjutkan belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi mampu bersaing dengan lulusan madrasah lain. Untuk mencapai tujuan ini akan diselenggarakan Penambahan Materi (PM) mata pelajaran ujian nasional mulai untuk kelas XII. Di samping itu juga diselenggarakan Program Magang/Praktek Kerja Lapangan bagi peserta didik Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati di Kantor-kantor Kepala Desa dan Perushaan sebagai upaya memberikan bekal kepada siswa dalam menjalani luas dan kompleksnyanya kehidupan di masyarakat. Untuk mendukung program ini diadakan kerja sama baik dengan orang tua siswa, masyarakat, pemerintah, maupun dunia usaha dan industri, serta lembaga-lembaga swasta lainnya.
Mendorong pengembangan kreativitas Peserta didik melalui kegiatan-kegiatan perlombaan maupun bentuk lain. Dengan memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Disamping itu juga mendorong kreativitas guru dan karyawan dalam usaha meningkatkan kinerjanya dengan memberi motivasi dan insentif sesuai kemampuan Madrasah. Bagi peserta didik guru maupun karyawan yang menunjukkan prestasi diberikan hadiah sesuai dengan perolehan prestasinya dan kemampuan sekolah.
Untuk memudahkan pemahaman dan pelaksanaan program kerja tahunan Madrasah Aliyah Nurussyahid Kertajati di bagi ke dalam beberapa bidang sebagaimana tertera dalam Bab III buku ini. Di samping itu pula jadwal program kerja tahunan sebagaimana terlihat dalam lampiran.

5.     Profil dan Sejarah Madrasah Aliyah Kertajati
Di bawah ini sampingkan Profil Madrasah Aliyah sebagai dasar penyusunan Program Kerja Tahunan Tahun 2016 sebagai berikut:
a.      Nama dan Alamat Sekolah
              1)            Nama Madrasah               MAS  NURUSSYAHID
              2)            NPSN                                  20282528/ 69886292
              3)            NSM                                    :  131232100024
              4)            Tahun Berdiri                   25 Juni 2013
              5)            Status                                 :  Swasta
              6)            NPWP                                 :  75.181.822.0-438.000 an. MA Nurussyahid
              7)            Email                                  : ma.nusa_kertajati@yahoo.com
              8)            Website                              : http://nurussyahid.blogspot.com
              9)            Alamat Madrasah             :  Jalan Tengah Blok Sabtu RT/RW. 05/03
a)     Jalan/Dusun            :  Tengah Blok Sabtu
b)     Desa                         :  Bantarjati
c)      Kecamatan              :  Kertajati
d)     Kabupaten               Majalengka
e)     Propinsi                   :  Jawa Barat
f)      Kode Pos                 45457
g)     Telepon                   :  085224380901
         10)            Yayasan Penyelenggara   : Yayasan Nurussyahid Kertajati Majalengka
         11)            SK. Menteri Huk & HAM   : AHU-02417.50.10.2014 Tgl 10 Juni 2014
         12)            No. Akta Notaris               : 21 Tanggal 2 Juni 2014
         13)            Nama Notaris                    : Cendraningsih Rahayu Wibisono, S.H, M.H
         14)            Alamat Yayasan                : Jalan Tengah Blok Sabtu RT/RW. 05/03 No. 10-11
  Desa Bantarjati Kec. Kertajati Kab. Majalengka
         15)            Luas areal MA                  : Seluruhnya 2,908 m2. (dengan rincian luas di Blok
  Sabtu : 633 m2 dan luas di blok Pongpok 2.272 m2)

b.  Sejarah Berdirinya Madrasah Aliyah Nurussyahid
Mendirikan, membina dan mengembangkan lembaga Pendidikan formal dan Non formal yang efektif dan efisien, merupakan kewajiban kita bersama sesuai dengan cita-cita dan tujuan Pendidikan Nasional yakni pembangunan pendidikan diarahkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia serta meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan.
Berawal dari kondisi banyaknya siswa-siswi lulusan SMP dan MTS yang berada di wilayah pelosok Kecamatan Kertajati yang  tidak melanjutkan sekolah ke tingkat lanjutan atas, baik SMK, SMA ataupun Madrasah Aliyah dengan alasan ekonomi dan jarak yang jauh. Kemudian bersama itu bermunculan pula rintisan sekolah-sekolah kejuruan baru dengan berbagai  jurusan di Kecamatan Kertajati yang merupakan efek dari gaung akan dibangunnya bandara internasional (BIJB) di Kecamatan Kertajati yang notabene sekolah kejuruan tersebut bukan berbasis agama, sehingga untuk mengimbangi hal tersebut, kami memandang perlu dirintis pula sebuah lembaga pendidikan  tingkat atas yang berbasis agama yaitu Madrasah Aliyah di Wilayah Kecamatan Kertajati. Dengan alasan mendasar sungguh sangat  disayangkan bila generasi muda wilayah Kecamatan Kertajati terbelakang dalam pendidikan terutama pendidikan Agama.
Dengan latar belakang dan pertimbangan kondisi yang obyektif maka kami merasa terketuk hati bila seandainya kami dapat membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan untuk mereka- mereka yang berada di daerah pelosok Kecamatan Kertajati  dan Kecamatan Jatitujuh yang tidak tersentuh oleh promosi lembaga pendidikan yang ada supaya dapat melanjutkan pendidikannya di sekolah tingkat lanjutan atas, kami secara sukarela membangun daerah kami sendiri walaupun dengan kekuatan yang di miliki begitu terbatas, semoga niat baik kami mendapat Ridho Allah Subhanahu Wata’ala dan dimudahkan segala urusan ke depannya. Sehingga pada tanggal 25 Juni 2013 tepatnya setelah pengumuman kelulusan tingkat SMP dan MTs, kami Pengurus Yayasan Nurussyahid Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka merintis dan mendirikan Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah. Sehingga disepakatilah pendirian Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah yang bernama “Madrasah Aliyah Nurussyahid(MA. NUSA) Kertajati. Dan sejak tanggal tersebut kami resmi menerima peserta didik baru untuk Tahun Pelajaran 2013/2014.

c.   Personalia MA Nurussyahid Kertajati
                 1)            Nama Kepala Madrasah             Odong Abdurrahman, S.Pd.I, S.Pd
NIP                                                :  -
Pangkat/Golongan                      :  -
Pendidikan                                   :  S-1
                 2)            Kepegawaian
No
Jabatan
Jumlah
1.
Kepala Madrasah
1
2
Kepala Tata Usaha
1
3.
Guru
17
4.
Staf Tata Usaha
-
5.
Penjaga dan Pesuruh
-
Jumlah  Total  Pegawai
19

                 3)            Data Jumlah Guru Tahun 2016/2017

NO
STATUS KEPEGAWAIAN
JENIS KELAMIN
PENDIDIKAN
GOLONGAN
L
P
JML
≥SMA
S1
S2
JML
I
II
III
IV
JML
1
PNS KEMENAG
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
PNS NON 
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
3
NON PNS
 13
 5
18
2
15
1
18





JUMLAH
 13
 5
18
2
15
1
18
-
-
-
-
-


            4)    Data Jumlah Pegawai Administratif Tahun 2016
NO
STATUS
KEPEGAWAIAN
JENIS KELAMIN
PENDIDIKAN
GOLONGAN
L
P
JML
≥SMA
S1
S2
JML
I
II
III
IV
JML
1
PNS KEMENAG
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
PNS DPKKEMENAG
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
3
PNS NONKEMENAG
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
4
NON PNS
1
-
1
1
-
-
-





JUMLAH


1
1
-
-
-







                 5)     Siswa dan Prestasi
Jumlah Siswa pada Tahun 2016/2017 terdiri dari :

Jenjang Kelas
Jumlah Rombel
Banyaknya  Murid
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
X IPS
1
30
16
46
XI IPS
1
18
7
25
XII IPS
1
9
9
18
Jumlah
3
57
32
89




                 6)            Prestasi Kejuaran Umum Siswa di Dalam dan Luar MA
NO
PERLOMBAAN YANG DI IKUTI
JUARA
TINGKAT
TEMPAT
TAHUN
1
MTQ  KE 45 ( MUSABAQOH KALIGRAFI QUR’AN DEKORASI )
3
KABUPTEN
KEC. BANTARUJEG, KAB. MAJALENGKA
2014
2
LOMBA PIDATO BAHASA ARAB
10 BESAR
KABUPATEN
UNIVERSITAS MAJALENGKA
2014
3
LOMBA HADROH/ MARAWIS
HARAPAN
KABUPATEN
UNIVERSITAS MAJALENGKA
2014
4
LOMBA LINTAS ALAM PRAMUKA KWARAN
1
KECAMATAN KERTAJATI
KEC. KERTAJATI, KAB. MAJALENGKA
2014
5
LOMBA TENIS MEJA PA
3
KKM MAN 
MAN JATIWANGI
2015
6
MTQ KE 46  (MUSABAQOH  KALIGRAFI QUR'AN) NASKAH
3
KABUPTEN
KEC. ARGAPURA KAB. MAJALENGKA
2016

AKSIOMA ANTAR MA  KALIGRAFI QUR'AN
2
KABUPTEN
  MAJALENGKA
2016

                 7)            Sarana Prasana
NO
BANGUNAN/RUANG/ SARANA
KONDISI RUANGAN/ SARANA


B
RR
RB
JML

1
2
3
4
5
6

1
Kepala Madrasah
1
-
-
1

2
Guru
1
-
-
1

3
Kelas
3
1
-
12

4
Perpustakaan
1
-
-
1

5
Lab. IPA
-
-
-
-

6
Lab. Bahasa
-
-
-
-

7
Lab. Komputer
-
-
-
-

8
Lab. Biologi
-
-
-
-

9
Lab. Fisika
-
-
-
-

10
Lab. Kimia
-
-
-
-

11
Komputer + Printer
1
-
-
1

12
Tata Usaha
1
-
-
1

13
Tempat Ibadah
-
1
-
1

14
Konseling
1
-
-
1

15
UKS/Kesehatan
-
-
-
-

16
OSIS
-
1
-
1

17
Toilet
1
1
-
2

18
Gudang
-
-
1
1

19
Tempat Olah Raga
-
-
1
1

20
Keterampilan
-
-
-
-

21
Kantin
1
-
-
1

22
Kursi Lipat Siswa
60
15
-
75

23
Meja Tamu
1 Set
1 set
-
2 set

24
Meja Guru + Kursi
8
1
-
9


0 Response to "RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) MA NURUSSYAHID KERTAJATI MAJALENGKA "