RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMA .......................
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan
konsep besaran fisika dan pengukurannya.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur
besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
- Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
-
Menganalisis
besaran dan satuan dalam fisika.
-
Melakukan
analisis dimensi terhadap besaran-besaran fisika.
-
Membedakan
antara besaran pokok dan besaran turunan.
-
Menerapkan
konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
-
Mendeskripsikan
pengukuran dalam fisika.
-
Melakukan
pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
-
Melakukan
pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
-
Menganalisis
ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
-
Mengolah data yang telah dikumpulkan dari
suatu pengukuran.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengukur
besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar
milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan
stopwatch secara berkelompok di sekolah.
|
·
Membuat daftar
(tabel) nama besaran, alat ukur, cara
mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah
setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang:
tumbak di Jabar).
|
·
Siswa Diskusi Mengukur
besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan
ketepatan
|
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
-
Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan besaran
pokok?
-
Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian besaran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)
dalam pengukuran. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan
mengenai nilai satuan standar untuk besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk besaran turunan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran
turunan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
memperhatikan penggunaan awalan-awalan satuan yang dibakukan dalam fisika yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan memberikan contoh dimensi dari
beberapa besaran fisika. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
diminta untuk menuliskan lima contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa
penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.)
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan
Apersepsi:
-
Bagaimana cara
mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
-
Dapatkah kita
megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang
dimaksud dengan pengukuran?
-
Bagaimana cara
mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Pra
eksperimen:
-
Berhati-hatilah
menggunakan peralatan yang digunakan dalam pengukuran.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak lanngsung
dalam fisika. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mempresentasikan bagian-bagian
mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru meminta salah satu peserta didik
untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat
kesalahan langsung diberi umpan balik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mendemontrasikan langkah-langkah
penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan
nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan
menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru juga melakukan hal yang sama
terhadap alat ukur neraca dua lengan, neraca elektronik dan stopwatch. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mengerjakan lembar kerja
yang telah disiapkan oleh guru (kegiatan 2.1 halaman 40). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa
kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menjelaskan
pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume banda yang berbentuk teratur
dan tidak teratur. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi
hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
-
Apa manfaat
melakukan pengukuran berulang?
-
Berapakah
angka penting dari bilangan 0,00005006?
l Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang harus
dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
-
Bagaimana cara
menentukan jumlah angka penting?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam
pengukuran. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka
penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan contoh soal mengenai cara
menentukan jumlah angka penting. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menunjuk salah satu peserta didik
untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas,
sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan beberapa soal mengenai
cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan
variabel terikat. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas
dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing
oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas
rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis)
halaman 1-52
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes
unjuk kerja
- Tes
tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Uji petik kerja produk
- PG
-
Uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh uji petik kerja produk
Isilah tabel berikut dengan mengamati
skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta
ketidakpastiannya.
No
|
Alat ukur panjang
|
nst
|
ketidakpastian
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
-
Contoh tes PG
Pasangan besaran dan satuan yang
berdasarkan satuan Sistem Internasional
adalah ....
a.
waktu, menit
b.
panjang, inci
c.
massa, kilogram
d.
suhu, celcius
e.
jumlah zat, candela
-
Contoh tes uraian
Apa yang harus dilakukan agar
pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
...............,...................
Mengetahui
Kepala
SMA/MA..... Guru
Mata Pelajaran
................................. ..................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
JIKA BAPAK DAN IBU GURU MAU MENGCOPY ALANGKAH BAIKNYA EMAIL DULU! OKE
KEBERKAHAN ITU LEBIH DIUTAMAKAN
TERIMA KASIH
BY MA. NURUSSYAHID KERTAJATI AERO CITY
0 Response to "RPP SK I TERBARU PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/MA BERKARAKTER "
Post a Comment