SILABUS
MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN
(SMA/MA/SMK/MAK) UNTUK KELAS XI (SEBELAS)
A. Kelas : XI
Alokasi waktu: 3 jam
pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an
dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja sebagai perintah agama
2.1 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan
dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48;
Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait
3.1 Menganalisis makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105, serta
hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
4.1.1Membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara
perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan
Allah sesuai dengan pesan Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105
|
·
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
|
· Menyimak bacaan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.
· Membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
· Mencermati makna, asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung
pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
· Menanyakan cara membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
· Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105.
· Menanyakan makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
· Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
· Mendiskusikan cara membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105sesuai dengan kaidah tajwid.
· Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
· Menterjemahkan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.
· Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105.
· Mengidentifikasi makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.
· Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta
hadis terkait
· Mendiskusikan manfat berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan
terhadap ketentuan Allah sesuai dengan kandungan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
· Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105.
· Mengaitkan sikap berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap
ketentuan Allah dengan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105.
· Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang
terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105.
· Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf.
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105dengan fasih dan lancar.
· Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
· Menyajikan makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.
· Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait
· Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap berkompetisi dalam
kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah dengan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.
|
1.2 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
2.2 Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis terkait
3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta hadis tentang toleransi, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.2.1 Membaca
Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan
toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10:
40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32
|
· Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32
|
· Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.
· Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Mencermati makna, asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung
pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Menanya
· Menanyakan cara membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, makna dan asbabun nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
·
· Mengumpulkan Informasi
· Mendiskusikan cara Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid.
· Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Menterjemahkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Mengidentifikasi makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Mendiskusikan manfat kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41.
· Mendiskusikan manfat menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Mengasosiasi
· Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Mengaitkan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan
menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S.
al-Maidah/5: 32.
· Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang
terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Mengomunikasikan
· Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf.
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.
· Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
· Menyajikan makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
· Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.
· Menyajikan paparan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai
pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan
menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S.
al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.
|
1.3 Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt
2.3 Peduli kepada orang lain dengan
saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.3 Menganalisis
makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt., dengan perilaku sehari-hari
|
· Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
|
· Membaca teks bacaan tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan
keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang Iman kepada kitab-kitab
Allah Swt.
· Mencermati dalil-dalil tentang Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
· Mencermati hikmah dan manfaat dari beriman kepada kitab-kitab Allah
Swt.
· Menanyakan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
· Menanyakan ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
· Menanyakan keterkaitan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt dengan
perilaku peduli kepada orang lain dengan saling menasihati.
· Menanyakan hikmah dan manfaat dari beriman kepada kitab-kitab Allah
Swt.
· Mendiskusikan makna beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
· Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab
suci Allah Swt.
· Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan kitab-kitab suci
Allah Swt.
· Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan kitab-kitab suci Allah
Swt.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci
Allah Swt.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt.
· Menganalisis makna beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
· Menganalisis tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab suci
Allah Swt.
· Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.
· Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt.
· Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah
Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.
· Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
· Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci
Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.
|
1.4 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.
2.4 Menunjukkan perilaku saling
menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul
Allah Swt.
4.4 Menyajikan
kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid,
toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
· Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
|
· Membaca teks bacaan tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan
keimanan kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang iman kepada Rasul-rasul
Allah Swt.
· Mencermati dalil-dalil tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Mencermati hikmah dan manfaat iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menanyakan iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menanyakan ciri-ciri orang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menanyakan hikmah dan manfaat iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menanyakan keterkaitan beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan
perilaku saling menolong.
· Mendiskusikan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang beriman kepada Rasul-rasul
Allah Swt.
· Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan Rasul-rasul Allah
Swt.
· Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan Rasul-rasul Allah
Swt.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah
Swt.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menganalisis makna iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menganalisis tanda-tanda orang yang beriman kepada Rasul-rasul Allah
Swt.
· Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
dengan perilaku saling tolong menolong.
· Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
dengan perilaku saling tolong menolong.
· Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat
beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
· Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah
Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.
|
1.5 Meyakini bahwa Islam mengharuskan umatnya untuk
memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
2.5 Menunjukkan sikap Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
3.5 Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Menyajikan kaitan
antara syaja’ah
(berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
· Syaja’ah (berani membela kebenaran)
|
· Membaca teks bacaan tentang Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mencermati dalil-dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mencermati hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela
kebenaran).
· Menanyakan makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
· Menanyakan ciri-ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani
membela kebenaran).
· Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menanyakan hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mendiskusikan makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
· Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran)..
· Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menganalisis makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
· Menganalisis tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menganalisis hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela
kebenaran).
· Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat dari sifat hikmah dan
manfaat sifat Syaja’ah (berani
membela kebenaran).
|
1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai
kewajiban agama
2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait
3.6 Menganalisis perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.6 Menyajikan kaitan antara
ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
sesuai dengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadis terkait
|
· Hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru
|
· Membaca teks bacaan tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru.
· Mencermati dalil-dalil tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Mencermati hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Menanyakan makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
· Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru.
· Menanyakan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Mendiskusikan makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
· Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru.
· Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Menganalisis makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
· Menganalisis dalil-dalil tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Menganalisis hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
· Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru.
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru.
|
1.7 Menerapkan penyelenggaraan jenazah
sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.7 Menunjukkan sikap
tanggung jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat
3.7 Menganalisis pelaksanaan
penyelenggaraan jenazah
4.7 Menyajikan prosedur
penyelenggaraan jenazah
|
· Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
|
· Membaca teks tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan
tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang tatacara penyelenggaraan
jenazah.
· Mencermati dalil-dalil tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Mencermati tahapan penyelenggaran jenazah.
· Mencermati hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menanyakan makna tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara penyelenggaraan
jenazah.
· Menanyakan tahapan-tahapan dalam penyelenggaraan jenazah.
· Menanyakan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Mendiskusikan makna tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara
penyelenggaraan jenazah
· Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menganalisis makna tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menganalisis hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.
· Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh tatacara
penyelenggaraan jenazah.
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan
jenazah.
|
1.8 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di
masyarakat sesuai dengan syariat Islam
2.8 Menjaga
kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah,
tablig, dan dakwah
3.8 Menganalisis pelaksanaan
khutbah, tablig, dan dakwah.
4.8 Menyajikan ketentuan
khutbah, tablig, dan dakwah
|
·
Pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah di masyarakat
|
· Membaca teks tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan
ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang ketentuan khutbah, tablig
dan dakwah.
· Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Mencermati hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menanyakan makna khutbah, tablig dan dakwah.
· Menanyakan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah, tablig
dan dakwah.
· Menanyakan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Mendiskusikan makna khutbah, tablig dan dakwah.
· Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah.
· Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan
dakwah.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menganalisis makna dan dalil-dalil khutbah, tablig dan dakwah.
· Menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
· Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah.
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat ketentuan khutbah,
tablig dan dakwah.
|
1.9 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
2.9 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai
syariat Islam
3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
· Prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
|
· Membaca teks tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam.
· Mencermati dalil-dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Mencermati hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Menanyakan makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Menanyakan ketentuan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam.
· Menanyakan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Mendiskusikan makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam.
· Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Menganalisis makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
· Menganalisis hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
· Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam.
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam.
|
1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan perkembangan
Islam pada masa kejayaan
2.10 Bersikap rukun
dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan
3.10 Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan
4.10 Menyajikan kaitan antara
perkembangan Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya
|
· Perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan
|
· Membaca teks tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan.
· Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
· Menanyakan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Menanyakan contoh perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Menanyakan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
· Mendiskusikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Mengidentifikasi contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan.
· Mendiskusikan contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan.
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan.
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan.
· Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Menganalisis contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan.
· Menganalisis hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
· Menyajikan paparan tentang contoh-contoh kemajuan perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan.
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan.
|
1.11 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran islam dalam sejarah peradaban
Islam pada masa modern
2.11 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai
implementasi nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
3.11 Menelaah perkembangan Islam pada
masa modern (1800-sekarang)
4.11.1 Menyajikan
prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.11.2 Menyajikan
prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
|
· Perkembangan
Islam pada masa modern (1800-sekarang).
|
· Membaca teks tentang perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
· Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menyimak tayangan atau penjelasan tentang perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang).
· Mencermati faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang).
· Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
· Menanyakan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menanyakan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang).
· Menanyakan hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
· Mendiskusikan perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam
pada masa modern (1800-sekarang).
· Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang).
· Mengidentifikasi hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang).
· Mendiskusikan hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang).
· Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada
masa modern (1800-sekarang).
· Menganalisis hikmah dan manfaat dari faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menyimpulkan hikmah dan manfaat faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menyajikan paparan tentang faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
Islam pada masa modern (1800-sekarang).
· Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat faktor-faktor yang
memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
|
0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) UNTUK KELAS XI (SEBELAS)"
Post a Comment