SILABUS
MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN
(SMA/MA/SMK/MAK)
A.
Kelas : XII
Alokasi waktu: 3 jam
pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai pengamalan dengan
meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan
bersikap demokratis
2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait
3.1 Menganalisis
dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,
serta hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.1.1 Membaca
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancar
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang
berakal (ulil albab) sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191
|
· Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3:
159
|
·
Menyimak bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191,
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Mencermati makna dan asbabunnuzul yang
terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait.
·
Mencermati hikmah dan manfaat yang
terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait.
·
Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.,
·
Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid,
asbabun nuzul, Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 .
·
Menanyakan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menanyakan hikmah dan manfaat yang terkandung
pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait.
·
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid;
·
Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Mendiskusikan manfat berpikir kritis dan
bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menganalisis hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159
·
Mengaitkan sikap kritis dan demokratis
dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159
·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna,
pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar.
·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat
yang terkandung dalam Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
|
1.2 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya
untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama
manusia
2.2 Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai
dengan perintah Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83,
serta hadis terkait
3.2 Menganalisis dan
mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83,
serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama
manusia
4.2.1 Membaca
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
|
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
|
·
Menyimak bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Membaca Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mencermati makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mencermati hikmah dan manfaat yang
terkandung pada Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait.
·
Mencermti keterkaitan antara kewajiban
beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama
manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2:
83serta hadits terkait.
·
Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2:83serta hadis
terkait.,
·
Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid,
asbabun nuzul, Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83,
·
Menanyakan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat
dalam Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mendiskusikan cara membaca Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83sesuai dengan kaidah tajwid;
·
Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·
Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan
Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
·
Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·
Mengidentifikasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis
terkait
·
Mendiskusikan manfat kewajiban beribadah
dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83seta hadis
terkait.
·
Menganalisis hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83
·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mengaitkan terjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Menyimpulkan makna, asbabun nuzul, hikmah
dan manfaat yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·
Mengaitkan sikap kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan
lancar.
·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·
Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
·
Menyajikan pesan-pesan utama dalam Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait
·
Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
|
1.3 Meyakini terjadinya hari akhir
2.3 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir
3.3 Menganalisis dan mengevaluasi
makna iman kepada hari akhir
4.3 Menyajikan
kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab,
dan adil
|
· Beriman kepada hari akhir
|
·
Membaca teks bacaan tentang makna iman
kepada hari akhir.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan keimanan kepada hari akhir.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
hari akhir.
·
Mencermati dalil-dalil tentang hari akhir.
·
Mencermati hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir.
·
Menanyakan makna iman kepada hari akhir.
·
Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman
kepada hari akhir.
·
Menanyakan hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir.
·
Menanyakan keterkaitan beriman kepada hari
akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·
Mendiskusikan makna beriman kepada hari
akhir.
·
Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir.
·
Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan
dengan hari akhir.
·
Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan
dengan hari akhir.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir.
·
Menganalisis makna beriman kepada hari
akhir.
·
Menganalisis tanda-tanda hari akhir.
·
Mengaitkan sikap kaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir.
·
Menyimpulkan keterkaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·
Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir,
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat
adil.
|
1.4 Meyakini adanya qada dan qadar Allah Swt.
2.4 Bersikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi
beriman kepada qada dan qadar Allah Swt
3.4 Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
4.4 Menyajikan kaitan antara
beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar,
dan bertawakal
|
· Iman kepada Qadha dan Qadar
|
·
Membaca teks bacaan tentang makna iman
kepada qada dan qadar Allah Swt.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan keimanan kepada qada dan qadar Allah Swt.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
qada dan qadar Allah Swt.
·
Mencermati dalil-dalil tentang qada dan
qadar Allah Swt.
·
Mencermati hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt.
·
Menanyakan makna iman kepada qada dan qadar
Allah Swt.
·
Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt.
·
Menanyakan dalil-dalil tentang qada dan
qadar Allah Swt.
·
Menanyakan keterkaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal.
·
Mendiskusikan makna beriman kepada qada dan
qadar.
·
Mengidentifikasi tanda-tanda qada dan
qadar.
·
Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan
dengan qada dan qadar.
·
Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan
dengan qada dan qadar.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar.
·
Menganalisis makna beriman kepada qada dan
qadar.
·
Menganalisis tanda-tanda qada dan qadar.
·
Mengaitkan antara beriman kepada qada dan
qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar.
·
Menyimpulkan keterkaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal.
·
Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada qada dan qadar dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal.
|
1.5 Meyakini bahwa
agama mewajibkan umatnya untuk bekerja kerasdan tanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari
2.5 Berperilaku kerja keras dan
tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Menganalisis dan
mengevaluasi perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
4.5 Mengaitkan perilaku bekerja
keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan
keimanan
|
· Bekerja keras dan tanggung jawab
|
·
Membaca teks bacaan tentang bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
bekerja kerasdan tanggung jawab.
·
Mencermati dalil-dalil tentang pentingnya
bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mencermati manfaat dan hikmah bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Menanyakan makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Menanyakan cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Menanyakan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·
Mendiskusikan makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan
dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan
dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung
jawab.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung
jawab.
·
Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung
jawab.
·
Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja
keras dan tanggung
jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·
Menyajikan paparan tentang makna,
cara-cara, hikmah, dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
1.6 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat Islam
2.6 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat
sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6 Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
4.6 Menyajikan
prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
|
· Pernikahan dalam Islam
|
·
Membaca teks bacaan tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menanyakan ketentuan pelaksanaan pernikahan
berdasarkan syariat Islam.
·
Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mendiskusikan ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
·
Mengidentifikasi ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menganalisis ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Mengevaluasi ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menyajikan paparan tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
|
1.7 Meyakini kebenaran ketentuan waris
berdasarkan syariat Islam
2.7 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam
3.7 Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
4.7 Mempraktikkan pelaksanaan
pembagian waris dalam Islam
|
· Ketentuan waris dalam Islam.
|
·
Membaca teks bacaan tentang ketentuan waris
dalam Islam.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait ketentuan waris dalam Islam.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
ketentuan waris dalam Islam.
·
Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan
waris dalam Islam.
·
Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan
waris dalam Islam.
·
Menanyakan ketentuan waris dalam Islam.
·
Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan
waris dalam Islam.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan
waris dalam Islam.
·
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan ketentuan waris dalam Islam.
·
Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan
waris dalam Islam.
·
Mengidentifikasi ketentuan ketentuan waris
dalam Islam.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
ketentuan waris dalam Islam.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan
waris dalam Islam.
·
·
Mengasosiasi
·
Menganalisis ketentuan ketentuan waris
dalam Islam.
·
Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan
waris dalam Islam.
·
Mengomunikasikan
·
Menyajikan paparan tentang ketentuan waris
dalam Islam.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
ketentuan waris dalam Islam.
|
1.8 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah
berdasarkan syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
2.8 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah
dan mengembangkan ajaran Islam
3.8 Menganalisis dan
mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.8 Menyajikan prinsip-prinsip
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
·
Strategi dakwah dan perkem
bangan Islam di Indonesia
|
·
Membaca teks bacaan tentang strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mencermati manfaat dan hikmah strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menanyakan strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengidentifikasi strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mendiskusikan strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menganalisis strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengevaluasi strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyajikan paparan tentang strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
|
1.9 Meyakini kebenaran bahwa dakwah
dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
2.9 Menjunjung
tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
3.9 Menganalisis dan
mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9 Menyajikan
nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di
Indonesia
|
·
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
|
·
Membaca teks bacaan tentang sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mencermati manfaat dan hikmah sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menanyakan sejarah perkembangan Islam di
Indonesia.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mengidentifikasi sejarah perkembangan Islam
di Indonesia.
·
Mendiskusikan sejarah perkembangan Islam di
Indonesia.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menganalisis sejarah perkembangan Islam di
Indonesia.
·
Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di
Indonesia.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyajikan paparan tentang sejarah
perkembangan Islam di Indonesia.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
sejarah
·
perkembangan Islam di Indonesia.
|
1.10 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-‘alamin yang
dapat memajukan peradaban dunia
2.10 Menjunjung tinggi nilai-nilai islam rahmatanlil-alamin
sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
3.10 Menganalisis dan
mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
4.10 Menyajikan faktor-faktor
penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
|
·
Faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di
dunia.
|
·
Membaca teks bacaan tentang faktor-faktor
kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Mencermati manfaat dan hikmah dari
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Menanyakan faktor-faktor kemajuan peradaban
Islam di dunia.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah faktor-faktor
kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia.
·
Mendiskusikan faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Menganalisis faktor-faktor kemajuan peradaban
Islam di dunia.
·
Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Menyajikan paparan tentang faktor-faktor
kemajuan peradaban Islam di dunia.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
|
1.11 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di
dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
2.11 Mewaspadai secara bijaksana terhadap
penyimpangan ajaran Islam yang berkembang di masyarakat
3.11 Menganalisis dan
mengevaluasi faktor-faktor kemunduran umat Islam di dunia
4.11 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia
|
·
Faktor-faktor penyebab kemunduran umat
Islam di dunia.
|
·
Membaca teks bacaan tentang faktor-faktor
penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mencermati manfaat dan hikmah dari
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menanyakan faktor-faktor penyebab
kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menanyakan manfaat dan hikmah faktor-faktor
penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mendiskusikan faktor-faktor penyebab
kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menganalisis faktor-faktor penyebab
kemunduran umat Islam di dunia.
·
Mengevaluasi faktor-faktor penyebab
kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menganalisis hikmah dan manfaat
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menyajikan paparan tentang faktor-faktor
penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
|
0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) UNTUK KELAS XII ( DUA BELAS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI "
Post a Comment