SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) UNTUK KELAS XII ( DUA BELAS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI


SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
(SMA/MA/SMK/MAK)





A.    Kelas : XII
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.1  Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis
2.1  Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait
3.1  Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis
4.1.1  Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2  Mendemons­trasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancar
4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191
·      Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·       Menyimak bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Mencermati makna dan asbabunnuzul yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Mencermati hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.,
·       Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 .
·       Menanyakan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Menanyakan hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid;
·       Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·       Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·       Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·       Mendiskusikan manfat berpikir kritis dan bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·       Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·       Mengaitkan sikap kritis dan demokratis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·       Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·       Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar.
·       Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·       Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·       Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
1.2    Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
2.2    Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait
3.2   Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia
4.2.1  Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2  Mendemons­trasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·       Menyimak bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mencermati makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mencermati hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mencermti keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait.
·       Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2:83serta hadis terkait.,
·       Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83,
·       Menanyakan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83sesuai dengan kaidah tajwid;
·       Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·       Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·       Mengidentifikasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait
·       Mendiskusikan manfat kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83seta hadis terkait.
·       Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
·       Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mengaitkan terjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Menyimpulkan makna, asbabun nuzul, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.
·       Mengaitkan sikap kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
·       Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan lancar.
·       Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83.
·       Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
·       Menyajikan pesan-pesan utama dalam  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait
·       Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait.
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.
1.3  Meyakini terjadinya hari akhir
2.3  Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir
3.3   Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
4.3   Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
·       Beriman kepada hari akhir
·       Membaca teks bacaan tentang makna iman kepada hari akhir.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada hari akhir.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang hari akhir.
·       Mencermati dalil-dalil tentang hari akhir.
·       Mencermati hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.
·       Menanyakan makna iman kepada hari akhir.
·       Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman kepada hari akhir.
·       Menanyakan hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.
·       Menanyakan keterkaitan beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·       Mendiskusikan makna beriman kepada hari akhir.
·       Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir.
·       Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan hari akhir.
·       Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan hari akhir.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.
·       Menganalisis makna beriman kepada hari akhir.
·       Menganalisis tanda-tanda hari akhir.
·       Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.
·       Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
·       Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir,
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.
1.4  Meyakini adanya qada dan qadar Allah Swt.
2.4  Bersikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi beriman kepada qada dan qadar Allah Swt
3.4  Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar
4.4  Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal
·       Iman kepada Qadha dan Qadar
·       Membaca teks bacaan tentang makna iman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada qada dan qadar Allah Swt.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang qada dan qadar Allah Swt.
·       Mencermati dalil-dalil tentang qada dan qadar Allah Swt.
·       Mencermati hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·       Menanyakan makna iman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·       Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.
·       Menanyakan dalil-dalil tentang qada dan qadar Allah Swt.
·       Menanyakan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
·       Mendiskusikan makna beriman kepada qada dan qadar.
·       Mengidentifikasi tanda-tanda qada dan qadar.
·       Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar.
·       Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.
·       Menganalisis makna beriman kepada qada dan qadar.
·       Menganalisis tanda-tanda qada dan qadar.
·       Mengaitkan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.
·       Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
·       Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.
1.5  Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja kerasdan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
2.5 Berperilaku kerja keras  dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
3.5  Menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
4.5  Mengaitkan perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
·     Bekerja keras dan tanggung jawab
·       Membaca teks bacaan tentang bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang bekerja kerasdan tanggung jawab.
·       Mencermati dalil-dalil tentang pentingnya bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mencermati manfaat dan hikmah bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
·       Menanyakan makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menanyakan cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menanyakan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·       Mendiskusikan makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
·       Menyajikan paparan tentang makna, cara-cara, hikmah, dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.
·       Menyajikan paparan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
1.6   Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
2.6   Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6   Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
4.6   Menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
·     Pernikahan dalam Islam

·       Membaca teks bacaan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menanyakan ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mendiskusikan ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam
·       Mengidentifikasi ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menganalisis ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Mengevaluasi ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menyajikan paparan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.
1.7  Meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam

2.7  Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam

3.7  Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
4.7  Mempraktik­kan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
·  Ketentuan waris dalam Islam.
·       Membaca teks bacaan tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait ketentuan waris dalam Islam.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan waris dalam Islam.
·       Menanyakan ketentuan waris dalam Islam.
·       Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengumpulkan Informasi
·       Mendiskusikan ketentuan waris dalam Islam.
·       Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengidentifikasi ketentuan ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat ketentuan waris dalam Islam.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan waris dalam Islam.
·        
·       Mengasosiasi
·       Menganalisis ketentuan ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan waris dalam Islam.
·       Mengomunikasikan
·       Menyajikan paparan tentang ketentuan waris dalam Islam.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat ketentuan waris dalam Islam.
1.8  Meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
2.8 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan mengembang­kan  ajaran Islam
3.8  Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
4.8  Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·    Strategi dakwah dan perkem
bangan Islam di Indonesia
·       Membaca teks bacaan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mencermati manfaat dan hikmah strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menanyakan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengidentifikasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mendiskusikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyajikan paparan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

1.9  Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima oleh masyarakat di Indonesia
2.9  Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari
3.9  Menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
4.9  Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·     Sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Membaca teks bacaan tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mencermati manfaat dan hikmah sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menanyakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengidentifikasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mendiskusikan sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menganalisis sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyajikan paparan tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat sejarah
·       perkembangan Islam di Indonesia.
1.10 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-‘alamin yang dapat memajukan peradaban dunia
2.10 Menjunjung tinggi nilai-nilai islam rahmatanlil-alamin sebagai pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
3.10 Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
4.10 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
·       Faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Membaca teks bacaan tentang faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mencermati manfaat dan hikmah dari faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menanyakan faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mengidentifikasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mendiskusikan faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menganalisis faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menyajikan paparan tentang faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia.
1.11 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
2.11 Mewaspadai secara bijaksana terhadap penyimpangan ajaran Islam yang berkembang di masyarakat
3.11 Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran umat Islam di dunia
4.11 Menyajikan  faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia
·       Faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Membaca teks bacaan tentang faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mencermati manfaat dan hikmah dari faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menanyakan faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menanyakan manfaat dan hikmah faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mendiskusikan faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menganalisis faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Mengevaluasi faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menganalisis hikmah dan manfaat faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menyajikan paparan tentang faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.
·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat faktor-faktor penyebab kemunduran umat Islam di dunia.

0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK) UNTUK KELAS XII ( DUA BELAS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI "