SAYIDINA AL – HALLAJ
Dihukum mati
921M.
Al – haiiaj
asalah penghulu gerakan sufri pada awal perkembangan islam. Ketenaran dan
kewibawaannya mengguncangkan pemerintahan bagdad yang sedang rapuh .
pemerintahan bagdad kemudian memerintah-kan kepada kelompok fukaha untuk
mengadili dan menghukumnya . ucapannya’ baik yang di tuturkan maupun di
ungkapkan dalam syairannya di anggap penghujatan. Dia disalib pada tahun 921 M.
Pada abad
ketiga hijriah sufisme telah berubah dari kejuhudan dan kesederhanaan kepada
suatu kepoada suatu pemahaman yang cenderung fukaha ahlusunah kepada
pelaksanaan syariat. Komentar yang sangat tepat hal ini pernah di lontarkan
oleh abu hamid al mirwafdzf I, ‘ kalaulah orang khuariz tidak berkata’” ali itu
kapir,’’makaorang yang dangat mengkultudkan ali tidak akan berkata,” ali itu
tuhan.’ ‘ tokoh – tokoh supisme berpendapat bahwa pelaksanaan syariat itu hanya
tepat untuk tahap permulaaan atau sekedar tangga yang mesti di lalui untuk
pindah ke tahap berikutnya. Sebagian tokoh terutama al halljberpendapat bahwa
barang siapa sudah sampai ke tujuannya, dia tidak pernah memerlukan perantara
lagi ; dia di perbolehkan mengabaikan perantara – perantara tersebut . karena
itu, mereka berpendapat bahwa syariat itu boleh saja dilaksanakan sekedar pormalitas ; karena
pelaksanakan syariat itu bahkan kadang kadang menyebabkan tim,bulnya halangan
dalam menyelamatkan diri mereka .
Al – halaj
dan kawan kawan nya ledih jauh bahkan. Berpendapat bahwa para wali mereka lebih
derajatnya di bandingkan dengan nabi. Hubungan para wali dengan tuhan mereka
adalah hubungan langsung; mereka menyatu dan melebur (fana) di dalamnya.
Sedangkan para nabi tidak berhubungan dengannya kecuali perantara .’ kami
mengarungi lautan , sedangkan pra nabi berdiri di tepi lautan itu.” Mereka,
para supi berkata bahwa hanya diri mereka yng paling dekat dengan sang mawla (
tuhan) jika di bandingkan fukaha ahlu sunah `yang paling takwa sekali pun’ bahkan mereka
mengaku lebih tau agama di bandingkan mereka’ agama ulama fikih. Menurut mereka
adalah agama lahir sedangkan agama mereka sendiri adalah agama batin .mereka
mengkleim bahwa makripat san hikmah hilaiah lebih tinggi dari pada ilmu ulama .
alasannya ‘ tidak ada ilmu yang menandinggi tapakur , dan orang sudah mendalam
ilmunya, maka ia akan dapat dapat melihat dengan benar.
“kalian
mengambil ilmu dari orang mati kepada orang mata,sedangkan kami mengambil ilmu
dari yang maha hidup dan tidak mati orang orang kami berkata:”hatiku menerima
bisikan dari tuhanku”sedangkan kalian berkata;”pulan memberitahu kepadaku
dimana dia sekarang ini/’mereka menjawab;’meninggal dunia.dia dari puan dan
dimana dia
Tidaklah
mengherankan,ketika l halaz dan murid murid nya semakin berani orang awam
semakin banyak yang mengikuti ajaran dan ajaran nya di anggap menggagu
meresehkan,para pukaha dan ulama agama memberikan peringatan dan
larangan.pemikiran al halaz tentang inkarnasi hulul,kepanaan dalam zat
tuhan,serta kesatuan wujudnya dengan tuhan dituduh mengganggu ketenangan islam.
Dia mengumumkan tentang pencampuran ruh tuhan dengan ruh manusia,seraya
menjelaskan syairnya bahwa dirinya dan al haq sang pencipta adalah satu;akulah
yang ingin dan yang ingin adalah akukami adalah dua ruh yang tinggal di satu
badan jika kamu melihatku,berarti melihatnya dan jika kamu melihatnya, berarti
kamu melihat kami.
Dalam dua
buah bait syair di atas,dia menemukakan bahwa dua sisinjurang telah
tergabung.yaitu jurang yang tak terbatas antara allah dan manusia menurut
pandangan para pukaha islam.
Penyaliban
al halaz merupakan upaya pertama membendung perkembangan supisme.pada tahap
kedua adalah pengajaran terhadap tokoh supisme,sebagai kelanjutan penghakiman
dan penyaliban lalu di ikuti dengan domon trasi para pikaha dan kemarahan para
pengusaha member peringatan keras terhadap ajaran al halaz,dan sangat
mengajurkan pelaksanaan syariat, serta kembali ke jalan yang benar,berdasarkan
penolaknan pukaha ahlu sunah terhadap ajaran al halaj dan pengikutnya yang di
anggap menimpang dan kapir.
Semua
tuduhan itu terus di timpakan kepada al Halaz dan majhabnya.majhabnya tidak
akan di akaui debagai majhab yang di berikan sumbangan bagi islam karena
majhabnya telah menuduh ajaran pukaha tidak akan di mensi batiniahnya,sama
sekali kosong dari dimensi ruhaniah,merupakan perjalan panjang yang tidak di
sertai dengan perassan yang hidup.majhabnya memberikan penjelan bhwa dalam
islam,hakikat tanpa batin adalahtidak benar dan orang orang yang sibuk
mengikuti majhab pikih bagaimana pun dianggap masih kurang.
Alhalaj
dapat dikatakan sebagai salah seorang pioneer islam yang melakukan experiment
terhadap pengalam an keberagamaan,dari sudut yang sangat dalam, setelah dimensi
yang pormal gagal,dan yang tradisional membahayakan agama.
Yulia
Setiawati
X-A
0 Response to "KUMPULAN KISAH TELADAN 100 TOKOH ISLAM " SAYIDINA AL-HALLAJ " 921 M "
Post a Comment