KUMPULAN KISAH TELADAN 100 TOKOH ISLAM " SAYIDINA AL-HALLAJ " 921 M




SAYIDINA AL – HALLAJ
Dihukum mati 921M.
Al – haiiaj asalah penghulu gerakan sufri pada awal perkembangan islam. Ketenaran dan kewibawaannya mengguncangkan pemerintahan bagdad yang sedang rapuh . pemerintahan bagdad kemudian memerintah-kan kepada kelompok fukaha untuk mengadili dan menghukumnya . ucapannya’ baik yang di tuturkan maupun di ungkapkan dalam syairannya di anggap penghujatan. Dia disalib pada tahun 921 M.
Pada abad ketiga hijriah sufisme telah berubah dari kejuhudan dan kesederhanaan kepada suatu kepoada suatu pemahaman yang cenderung fukaha ahlusunah kepada pelaksanaan syariat. Komentar yang sangat tepat hal ini pernah di lontarkan oleh abu hamid al mirwafdzf I, ‘ kalaulah orang khuariz tidak berkata’” ali itu kapir,’’makaorang yang dangat mengkultudkan ali tidak akan berkata,” ali itu tuhan.’ ‘ tokoh – tokoh supisme berpendapat bahwa pelaksanaan syariat itu hanya tepat untuk tahap permulaaan atau sekedar tangga yang mesti di lalui untuk pindah ke tahap berikutnya. Sebagian tokoh terutama al halljberpendapat bahwa barang siapa sudah sampai ke tujuannya, dia tidak pernah memerlukan perantara lagi ; dia di perbolehkan mengabaikan perantara – perantara tersebut . karena itu, mereka berpendapat bahwa syariat itu boleh saja  dilaksanakan sekedar pormalitas ; karena pelaksanakan syariat itu bahkan kadang kadang menyebabkan tim,bulnya halangan dalam menyelamatkan diri mereka .
Al – halaj dan kawan kawan nya ledih jauh bahkan. Berpendapat bahwa para wali mereka lebih derajatnya di bandingkan dengan nabi. Hubungan para wali dengan tuhan mereka adalah hubungan langsung; mereka menyatu dan melebur (fana) di dalamnya. Sedangkan para nabi tidak berhubungan dengannya kecuali perantara .’ kami mengarungi lautan , sedangkan pra nabi berdiri di tepi lautan itu.” Mereka, para supi berkata bahwa hanya diri mereka yng paling dekat dengan sang mawla ( tuhan) jika di bandingkan fukaha ahlu sunah      `yang paling takwa sekali pun’ bahkan mereka mengaku lebih tau agama di bandingkan mereka’ agama ulama fikih. Menurut mereka adalah agama lahir sedangkan agama mereka sendiri adalah agama batin .mereka mengkleim bahwa makripat san hikmah hilaiah lebih tinggi dari pada ilmu ulama . alasannya ‘ tidak ada ilmu yang menandinggi tapakur , dan orang sudah mendalam ilmunya, maka ia akan dapat dapat melihat dengan benar.
“kalian mengambil ilmu dari orang mati kepada orang mata,sedangkan kami mengambil ilmu dari yang maha hidup dan tidak mati orang orang kami berkata:”hatiku menerima bisikan dari tuhanku”sedangkan kalian berkata;”pulan memberitahu kepadaku dimana dia sekarang ini/’mereka menjawab;’meninggal dunia.dia dari puan dan dimana dia
Tidaklah mengherankan,ketika l halaz dan murid murid nya semakin berani orang awam semakin banyak yang mengikuti ajaran dan ajaran nya di anggap menggagu meresehkan,para pukaha dan ulama agama memberikan peringatan dan larangan.pemikiran al halaz tentang inkarnasi hulul,kepanaan dalam zat tuhan,serta kesatuan wujudnya dengan tuhan dituduh mengganggu ketenangan islam. Dia mengumumkan tentang pencampuran ruh tuhan dengan ruh manusia,seraya menjelaskan syairnya bahwa dirinya dan al haq sang pencipta adalah satu;akulah yang ingin dan yang ingin adalah akukami adalah dua ruh yang tinggal di satu badan jika kamu melihatku,berarti melihatnya dan jika kamu melihatnya, berarti kamu melihat kami.
Dalam dua buah bait syair di atas,dia menemukakan bahwa dua sisinjurang telah tergabung.yaitu jurang yang tak terbatas antara allah dan manusia menurut pandangan para pukaha islam.
Penyaliban al halaz merupakan upaya pertama membendung perkembangan supisme.pada tahap kedua adalah pengajaran terhadap tokoh supisme,sebagai kelanjutan penghakiman dan penyaliban lalu di ikuti dengan domon trasi para pikaha dan kemarahan para pengusaha member peringatan keras terhadap ajaran al halaz,dan sangat mengajurkan pelaksanaan syariat, serta kembali ke jalan yang benar,berdasarkan penolaknan pukaha ahlu sunah terhadap ajaran al halaj dan pengikutnya yang di anggap menimpang dan kapir.
Semua tuduhan itu terus di timpakan kepada al Halaz dan majhabnya.majhabnya tidak akan di akaui debagai majhab yang di berikan sumbangan bagi islam karena majhabnya telah menuduh ajaran pukaha tidak akan di mensi batiniahnya,sama sekali kosong dari dimensi ruhaniah,merupakan perjalan panjang yang tidak di sertai dengan perassan yang hidup.majhabnya memberikan penjelan bhwa dalam islam,hakikat tanpa batin adalahtidak benar dan orang orang yang sibuk mengikuti majhab pikih bagaimana pun dianggap masih kurang.
Alhalaj dapat dikatakan sebagai salah seorang pioneer islam yang melakukan experiment terhadap pengalam an keberagamaan,dari sudut yang sangat dalam, setelah dimensi yang pormal gagal,dan yang tradisional membahayakan agama.
Yulia Setiawati
X-A

0 Response to "KUMPULAN KISAH TELADAN 100 TOKOH ISLAM " SAYIDINA AL-HALLAJ " 921 M "